Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
11 Januari 2021

4 Manfaat Masker Organik dan Berbagai Macam Jenisnya

Ramah lingkungan menjadi salah satu manfaat masker organik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, siapa yang masih memungkiri kesehatan kulit merupakan aspek penting dari kehidupan? Bahkan, ahli kulit dan ilmuwan mencoba mengembangkan metode dan bahan baru untuk memenuhi tujuan ini. Menurut Journal of Cosmetic Dermatology, penggunaan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit akan menghasilkan kulit yang sehat.

Salah satu kosmetik tersebut adalah masker wajah yang paling umum digunakan untuk peremajaan kulit. Saat ini masker wajah tengah menjadi item penting para Moms di seluruh dunia. Namun, jika ada satu masker wajah yang menonjol di atas yang lain, itu adalah masker organik.

Masker organik ini dapat dibuat dalam berbagai gaya atau ukuran tetapi manfaat utamanya terletak pada bahannya sendiri. Jadi, manfaat masker organik berkaitan erat dengan bahan yang digunakannya.

4 Manfaat Masker Organik

Menggunakan masker wajah adalah metode relaksasi yang sehat dan memulihkan diri setelah seharian berkeluh kesah tentang apapun. Nah, berikut ini beberapa manfaat masker organik yang perlu Moms ketahui:

1. Bahan yang dapat digunakan kembali

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Masker wajah organik alami biasanya terbuat dari kapas yang biasanya bersumber secara organik. Meskipun beberapa jenis diproduksi secara komersial, masker wajah alami berkualitas dibuat dari sumber kapas organik dan alami yang berkelanjutan.

Manfaat masker wajah organik ini dapat digunakan kembali. Artinya, Moms tidak perlu membeli masker dalam jumlah besar karena dapat diputar dengan mudah. Satu di cuci dan satu di wajah berarti masker juga akan tetap segar.

2. Gaya berbeda

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Masker wajah alami sangat serbaguna dan tersedia dalam berbagai bentuk dan gaya. Karena topeng menjadi lebih populer dari tahun ke tahun, orang-orang juga menunjukkan bahwa pendekatan satu ukuran untuk semua tidak akan berhasil.

Mereka bahkan memiliki masker wajah dasi tali organik di katalog mereka. Terlepas dari gaya yang telah disesuaikan orang-orang, topeng katun atau alami memungkinkan Moms untuk menghias kain dengan gambar apa pun juga.

3. Ramah lingkungan

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat masker wajah organik lainnya adalah tidak meninggalkan jejak karbon yang besar. Dengan semakin banyaknya orang yang membutuhkan masker, kini ada polutan baru yang harus diatasi. Masker wajah sekali pakai memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan dan alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah alami dan dapat terurai secara hayati.

Dampak lingkungan dari masker sekali pakai belum ditentukan, tetapi jika sesuatu dibuat dari bahan sintetis, kemungkinan lingkungan akan terkena dampaknya.

4. Hemat biaya

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Meskipun masker wajah organik umumnya sedikit lebih mahal daripada masker sekali pakai atau sekali pakai dalam jangka panjang, masker ini jauh lebih murah. Masker sekali pakai biasanya tersedia dalam kotak besar dan kotak ini tidak selalu lebih murah. Masalahnya adalah setelah selesai, Moms harus menjalankan biaya lagi.

Manfaat masker organik dapat digunakan berulang kali dan seseorang bisa mendapatkan lebih banyak kegunaan dari satu masker daripada dari sekotak sekali pakai. Akan sangat bijaksana dan bodoh untuk melihat biaya awal dan mendasarkan keputusan Moms di atasnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

Macam-Macam Masker Organik

Selain mengetahui manfaatnya, berikut ini macam-macam masker organik serta cara membuat masker organiknya:

1. Masker Organik Kunyit

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Moms mungkin ingin mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang timbul. Anti-inflamasi yang merupakan manfaat kunyit dapat menargetkan pori-pori dan menenangkan kulit. Kunyit juga dikenal dapat mengurangi jaringan parut. Kombinasi penggunaan ini dapat membantu membersihkan wajah Moms dari jerawat. Selain itu, bisa juga masker organik ini dicampur dengan madu sebagai pencerah.

"Saya suka menggunakan madu lokal berkualitas tinggi untuk mencuci muka dan juga sebagai masker. Semakin alami semakin baik," kata Bianca Valle, Ahli Gizi Holistik Bersertifikat di New York City. Nah, berikut cara membuat masker organik kunyit:

  1. Campur satu sendok teh kunyit dan satu sendok makan madu untuk membuat campuran jeruk yang lembut.
  2. Oleskan campuran masker ke wajah Moms yang bersih dan kering dan biarkan selama 15-20 menit.
  3. Bilas dengan air hangat kemudian tutup dengan pelembab pilihan.

2. Masker Organik Alpukat

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Moms, masker organik alpukat ini bersifat menenangkan peradangan dan manfaat alpukat juga melembabkan kulit untuk kulit yang bersih serta bercahaya. Cara membuat masker organik ini dicampur dengan tiga bahan yaitu:

  1. Hancurkan seperempat alpukat matang dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan satu sendok makan gandum gulung atau dedak oat dan satu sendok makan manuka atau madu mentah. Hancurkan dan aduk hingga semua komponen tercampur rata.
  3. Oleskan masker ke wajah Moms yang bersih dan kering selama 10 menit.
  4. Bilas dengan air hangat sebelum lanjut dengan pelembab.

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Kentang untuk Kecantikan, Yuk Coba!

3. Masker Organik Kakaol

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

“Alpukat sangat melembabkan.Namun, manfaat masker organik Kakao adalah antioksidan yang sangat baik untuk menenangkan kulit,” kata manajer spa di Ocean Pearl Spa di California, Holly Monson. Cara membuat masker organik kakao ini akan lebih ajaib bila dicampur dengan dua hal lainnya, yaitu:

  1. Hancurkan seperempat buah alpukat dalam mangkuk kecil.
  2. Aduk satu sendok makan coklat bubuk dan satu sendok makan madu, haluskan dan aduk rata.
  3. Oleskan masker ke kulit Moms yang bersih dan kering selama 10 menit.
  4. Cuci bersih dengan air hangat, lalu lembapkan seperti biasa.

4. Masker Organik Madu

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Macam-macam masker organik lainnya adalah madu.”Manfaat madu adalah antibakteri alami, yang menjadikannya bahan dasar yang sempurna untuk masker pelawan jerawat,” ucap pecipta Clean Food Dirty City, dan penulis buku masak nabati Good Clean Food, Lily Kunin. Cara membuat masker organik dari madu ini yaitu:

  1. Seduh satu cangkir teh kamomil dengan dua kantong teh dan dinginkan sepenuhnya.
  2. Dalam mangkuk kecil, aduk satu sendok makan manuka atau madu mentah, dan satu sendok teh ragi nutrisi.
  3. Tambahkan teh kamomil secukupnya ke dalam mangkuk untuk membuat pasta kental yang masih cukup encer untuk dioleskan ke seluruh kulit Moms, tetapi tidak terlalu encer.
  4. Oleskan tipis-tipis pada wajah Moms dan diamkan selama 20 menit.
  5. Bilas dan keringkan. Lembapkan setelahnya!

5. Masker Organik Pisang

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Masker organik pisang ini akan memberikan kulit Moms kesehatan, kemilau alami serta dirancang agar cukup lembut untuk semua jenis kulit. Cara membuat masker organik ini yaitu:

  1. Hancurkan satu setengah pisang dalam mangkuk.
  2. Campurkan satu sendok makan jus jeruk dan satu sendok makan madu.
  3. Oleskan masker ke wajah Moms (benjolan benar-benar halus!) Dan biarkan campuran selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air hangat lalu pelembab.

Baca Juga: 17 Manfaat dan Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

6. Masker Organik Oat

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

“Masker organik oat ini dapat membantu menenangkan dan menghilangkan kulit berminyak, berkat campuran oatmeal yang menenangkan dan mengencangkan,” kata Sharōn Ronen L.E., pendiri dan pemilik Skin Haven Spa Studio & WellSpa di Australia.

  1. Campurkan satu kuning telur, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun (ya, minyak zaitun) dengan setengah cangkir oatmeal.
  2. Aduk rata, lalu oleskan ke wajah Moms selama 15-20 menit.
  3. Bilas dengan air hangat (pastikan drainase Moms sudah dingin dengan oatmeal!) Lalu lembapkan.

7. Masker Organik Pepaya

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

"Masker ini sangat bagus untuk mereka yang mengalami hiperpigmentasi, bintik matahari, dan warna kulit tidak merata," ujar Ronen kembali. Cara membuat masker ini:

  1. Campurkan dua sendok makan madu dan setengah cangkir pepaya tumbuk.
  2. Oleskan campuran tersebut dengan lembut pada wajah Moms selama 15-20 menit.
  3. Cuci bersih dan lembapkan.

Baca Juga: Masker Pepaya Membuat Wajah Bercahaya

8. Masker Jeruk Madu

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

"Masker berbahan dasar madu dan jeruk ini adalah solusi cepat terbaik untuk membuat kulit kusam tampak cerah dan bercahaya," kata Ronen. Caranya membuat masker jeruk ini yaitu:

  1. Campurkan tiga sendok makan jus jeruk dengan seperempat cangkir madu.
  2. Gosokkan campuran tersebut dengan lembut pada wajah Moms dan biarkan selama 15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat dan, seperti biasa dan selamanya, ikuti dengan pelembab.

9. Masker Organik Mentega

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Jika ragu, masker eksfoliasi selalu menjadi jawabannya. Bahan untuk masker berikutnya ini dapat ditemukan di lemari es Moms, dan akan membuat wajah Moms terasa sangat halus. Inilah yang perlu Moms lakukan:

  1. Campur 1/2 cangkir buttermilk dengan dua sendok makan yogurt.
  2. Biarkan wajah selama beberapa jam lalu bersihkan untuk melihat kilau yang tiada duanya.

10. Masker Organik Kopi

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Macam-macam masker organik selanjutnya yaitu kopi. Manfaat masker organik kopi ini dapat menghilangkan sel kulit mati, memperlancar peredaran darah, hingga memiliki efek menghaluskan kulit secara alami. Cara membuatnya:

  1. Campur 4 sdm kopi giling halus dan 4 sdm bubuk kakao (tanpa pemanis) dalam mangkuk
  2. Tambahkan 8 sdm produk susu seperti susu murni, krim kental, atau yogurt tanpa rasa dan campur semuanya
  3. Selanjutnya aduk 2 sdm madu (atau jika Moms memiliki kulit berminyak, dapat menggunakan 2 sdm jus lemon sebagai gantinya).
  4. Oleskan ke wajah, biarkan mengering, lalu bersihkan

11. Masker Organik Labu

Manfaat masker organik, Foto : Orami Photo Stock

Tahukah manfaat masker organik labu ini dapat menutrisi kulit kering, efek bercahaya, mencegah jerawat dan melawan penuaan. Cara mendapatkan manfaat labu sebagai masker organik ini adalah:

  1. Haluskan ½ cangkir daging labu segar, lalu tambahkan 2 butir telur.
  2. Jika Moms memiliki kulit kering, Moms dapat menambahkan 2 sendok teh susu almond
  3. Jika Moms memiliki kulit berminyak, Moms dapat menambahkan 2 sendok teh atau cuka sari apel atau jus cranberry.
  4. Campur semuanya dan terapkan.
  5. Biarkan selama 15-30 menit, bilas dengan air dingin, dan lembapkan.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Nah demikianlah manfaat dan macam-macam masker organik hingga cara membuatnya. Jika Moms bosan dengan macam-macam masker organik di atas maka boleh mencari lebih lanjut yang alinnya. Karena tidak ada kebutuhan untuk berpegang teguh pada salah satu resep ini, hanya karena mereka merupakan masker organik jadi Moms bebas memodifikasi, menambah, atau bahkan membuat resep sendiri.

Selain itu, ada baiknya Moms tidak menggunakan masker wajah lebih dari sekali seminggu, karena dapat menghilangkan minyak alami wajah, bahkan ada kemungkinan wajah menjadi terlalu berminyak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait