Kesehatan

KESEHATAN
15 Oktober 2020

17+ Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Bisa Cegah Asam Urat!

Bisa menjaga kesehatan mata kita!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Segudang manfaat kulit melinjo bisa Moms temukan di sini.

Melinjo merupakan buah dari pohon melinjo yang sering digunakan untuk berbagai jenis bahan tambahan makanan Indonesia, seperti sayur asam atau sayur lodeh.

Melinjo juga terkenal akan olahannya sebagai emping atau keripik yang terbuat dari biji melinjo. Selain enak dijadikan sebagai emping, ternyata melinjo juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho.

Melinjo terdiri dari beberapa warna, mulai dari warna hijau yang menunjukkan masih muda, warna kuning hampir kuning, dan warna merah tua atau ungu yang menunjukkan ketika sudah matang.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Rasa melinjo identik dengan rasa pahit seperti pare dan sering ditambahkan ke sayuran asam yang sedang dimasak.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Cancer Medicine, biji melinjo memiliki nilai gizi yang tinggi, dan dikonsumsi sebagai makanan utama oleh penduduk Indonesia.

Biji melinjo kaya akan stilbenoid dimer, seperti gnetin C (GC) dan glukosida (gnemonosides A, C, dan D), dengan trans-piceid glukosida.

Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Biji Melinjo mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengobati kanker, penyakit jantung, dan mencegah penuaan. Namun tahukah Anda, ternyata melinjo beserta kulitnya memiliki manfaat lain untuk tubuh? Apa manfaat kulit melinjo?

1. Menjaga Kesehatan Otak

manfaat melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Otak merupakan pusat pikiran dan pengatur seluruh organ tubuh, karena sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan otak adalah melinjo.

Melinjo diketahui dapat membantu menjaga kesehatan otak. Makan melinjo untuk membantu kita meningkatkan daya ingat, sehingga mencegah diri dari demensia.

Perlu diketahui, demensia tidak hanya dialami oleh orang-orang yang cukup tua, tetapi juga remaja dan orang dewasa.

Selain itu, kulit melinjo juga mampu mencegah dan mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh. Radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi fungsi saraf dan otak. Melinjo diyakini mengandung zat mangan yang dapat mengikat neurotransmitter, zat yang merupakan pengantar sinyal sistem saraf dan membuat sinyal antar sel saraf lebih efisien.

2. Sebagai Anti Mikroba

Manfaat berikutnya dari melinjo adalah anti mikroba. Jika Moms meminumnya secara teratur, dapat mencegah serangan mikroba yang buruk bagi tubuh.

Efek mikroba bisa cukup fatal, jadi kita perlu makan makanan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit mikroba.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

manfaat melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat melinjo yang cukup penting adalah mengatasi tekanan darah tinggi atau menjadi obat alami untuk hipertensi.

Penyakit hipertensi bisa diatasi jika kita memakan melinjo secara teratur. Hasilnya tekanan darah akan kembali normal.

Baca Juga: Pengaruh Hipertensi ke Janin, Ini 5 Faktanya

4. Mengatasi Anemia

Manfaat melinjo bagi penderita anemia sangat kuat karena diyakini sebagai obat herbal yang baik untuk mengobati anemia.

Kandungan zat besinya cukup untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

5. Melancarkan Pencernaan

manfaat melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Melinjo akan membantu sistem pencernaan menghancurkan sisa makanan, sehingga mudah dihilangkan dari tubuh dalam proses buang air besar.

Baca Juga: 5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan, Patut Dikonsumsi Lebih Banyak

6. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat lain yang terkandung dalam kulit melinjo, adalah membantu sistem kerja mata dalam penglihatan.

Melinjo juga kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, yang akan membuat mata kita lebih jernih, sehat, dan tentu saja lebih tajam.

Sedangkan manfaat mengonsumsi vitamin A setiap hari dapat membantu mempertajam penglihatan, sekaligus menjaga kesehatan kinerja organ mata.

Untuk penderita rabun dekat harus mulai memakannya secara teratur setiap harinya.

7. Mengandung Banyak Nutrisi yang Baik

manfaat melinjo

Foto: steemit.com

Salah satu manfaat kulit melinjo adalah mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Kulit melinjo diketahui mengandung berbagai komponen atau senyawa, seperti beta karoten, fenolik, flavonoid, vitamin C, dan antioksidan.

Kulit melinjo juga mengandung mangan, tembaga, zat besi, zinc, dan potasium. Kandungan inilah yang membawa berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.Bahkan, manfaat kulit melinjo dapat Membantu penyerapan nutrisi lainnya. Sebab, kulit melinjo mengandung zat besi yang cukup banyak.

8. Membantu Pertumbuhan Anak

Zat mineral lain yang terkandung dalam melinjo dan kulit adalah tembaga. Tembaga merupakan zat mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan, sehingga melinjo baik untuk anak-anak.

Tak hanya itu, manfaat kulit melinjo lainnya adalah membantu mengatasi masalah pada sistem otot dan tulang serta menjaga kesehatan jantung. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan jaringan dan sel tubuh mati dan tidak berkembang. Karenanya kulit melinjo baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

9. Menyesuaikan Suhu Tubuh

manfaat melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh memiliki pengaturan suhu tubuh sendiri. Saat lingkungan sedang dingin atau panas, maka otomatis tubuh akan menyesuaikan agar suhu tubuh tidak terganggu. Sedikit saja kenaikan atau penurunan suhu tubuh, dapat mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan.

Melinjo dan kulit membantu tubuh menjaga suhu tetap stabil. Manfaat kulit melinjo dibuktikan dengan membantu menjaga fungsi metabolisme dan enzim agar tetap stabil di lingkungan yang memiliki suhu ekstrem.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam kulit melinjo terdapat mineral zinc yang mampu meningkatkan sel darah putih. Hal ini tentunya baik untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Jerawat bisa menjadi luka di permukaan wajah, oleh karena itu melinjo dan kulit juga bagus untuk mengatasi jerawat.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

melinjo menjaga kesehatan ginjal

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya tembaga dan seng, kulit melinjo juga mengandung fosfor yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal. Melalui kandungan fosfornya, manfaat kulit melinjo adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengatur kadar garam dan lemak, serta membantu ginjal mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

12. Sumber Energi

Kulit melinjo memiliki kandungan energi yang sangat tinggi, sehingga bagi siapa saja yang gemar mengonsumsi kulit melinjo berupa masakan sayur, kandungan di dalamnya dapat membantu menggantikan energi yang hilang selama beraktivitas.

13. Mencegah Asam Urat

kulit melinjo mencegah asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Selama ini masyarakat menyimpulkan bahwa biji melinjo dapat menyebabkan asam urat. Hal tersebut benar adanya, faktanya, manfaat kulit melinjo berasal dari senyawa bioaktif yang dapat menstabilkan kadar asam urat di dalam tubuh.Senyawa bioaktif yang dimaksud adalah zat antioksidan yang mampu bertindak seperti obat asam urat jenis urikostatik, yakni allopurinol.

Obat satu ini mampu menghambat kerja enzim xantin oksidase yang menyebabkan penumpukan asam urat dan menjadi penyebab munculnya radang sendi kronis.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Sebabkan Asam Urat, Benarkah?

Penelitin dalam jurnal dari Institut Pertanian Bogor menyatakan bahwa pemberian ekstrak kulit melinjo dosis 450 mg/kg bb dan 900 mg/kg bb lebih efektif dibandingkan dengan allopurinol dosis 90 mg/kg bb.

Untuk mencegahnya, Moms bisa mengonsumsi kulit melinjo sebagai sayuran yang bisa meredakan asam urat tinggi.

Biji melinjo terbukti mengandung purin yang tinggi sehingga akan menaikkan kadar asam urat Sedangkan, manfaat kulit melinjo mengandung antioksidan yang dapat menurunkannya kembali.

14. Jaga Kesehatan Gigi dan Tulang Kita

Selain bisa digunakan untuk mencegah asam urat, manfaat kulit melinjo selanjutnya bisa kita manfaatkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, karena mengandung fosfor dan kalsium.

15. Memperkuat Memori

manfaat kulit melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Masih banyak lagi manfaat mengonsumsi kulit melinjo untuk makanan sehari-hari, salah satunya adalah mencegah otak dari kelumpuhan memori (kepikunan).

16. Sumber Antioksidan

Tidak hanya kulit melinjo yang bagus digunakan untuk mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya. Namun dengan adanya senyawa antioksidan dan sumber vitamin, menjadikan kulit biji-bijian jenis ini dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

17. Menurunkan Risiko Penyakit Berbahaya

manfaat kulit melinjo

Foto: Orami Photo Stock

Menurunkan risiko terkena penyakit kronis juga menjadi manfaat kulit melinjo yang baik. Penyakit kronis biasanya disebabkan oleh paparan radikal bebas. Misalnya, kanker, penyakit jantung, penuaan dini, peningkatan kolesterol, dan penyempitan pembuluh darah. Manfaat kulit melinjo ini berasal dari kandungan antioksidannya.

18. Mencegah Infeksi Kulit

Kulit melijo juga mampu mencegah infeksi kulit lho. Kulit melinjo mengandung zinc yang dapat meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai penyembuh di dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Jenis Infeksi Kulit Akibat Bakteri yang Harus Moms Tahu

Meski begitu, manfaat kulit melinjo di atas mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. Jadi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Terlebih, bila Moms memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan ini, manfaat kulit melinjo bisa didapat secara optimal.

Itu dia Moms beberapa manfaat kulit melinjo untuk kesehatan yang bisa didapatkan. Ada banyak banget ya Moms? Coba yuk!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait