Kesehatan

KESEHATAN
22 Agustus 2020

Tak Disangka, Ini 4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan!

Selain anak-anak, ternyata Moms juga bisa mendapatkan manfaat dari membaca, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Kegiatan apa yang biasanya Moms lakukan di waktu luang? Tentunya, kegiatan yang dilakukan adalah hal yang disukai oleh masing-masing orang dengan tujuan mendapatkan kenyamanan.

Nah, ternyata membaca bisa menjadi kegiatan yang cocok dilakukan di waktu luang. Ternyata banyak juga manfaat membaca bagi kesehatan, lho!

Menurut Journal of Healthcare Communications, membaca adalah latihan yang paling bermanfaat bagi otak dan pikiran karena dapat membantu otak manusia melakukan semua fungsinya dengan sebaik mungkin.

Ketika Moms membaca dengan teratur, maka manfaatnya bukan saja untuk kesehatan fisik namun juga kesehatan jiwa secara menyeluruh.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat membaca untuk kesehatan berikut ini, Moms!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Anak agar Senang Membaca Buku

Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

Terlepas dari jenis buku apa pun yang Moms baca, ternyata semua dapat mendatangkan manfaat yang sama. Mungkin kelihatannya membaca malah menjadi hiburan yang terasa ‘berat’ ya, padahal manfaatnya banyak sekali.

“Tidak masalah buku apa pun yang dibaca, tapi rasanya nanti akan sangat mengasyikkan. Membaca buku membuat kita mampu melarikan diri dari kekhawatiran dan tekanan dunia sehari-hari, serta menghabiskan waktu menjelajahi ranah imajinasi penulis,” ungkap Dr. David Lewis, neuropsikolog kognitif berasal dari Inggris.

Berikut ini beberapa manfaat membaca untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan Memori

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-1.jpg

Foto: freepik.com

Membaca menjadi kegiatan yang baik untuk melatih daya ingat dan meningkatkan memori di otak.

Bahkan, membaca dinilai lebih baik untuk meningkatkan fungsi di berbagai bagian otak daripada menonton film atau mendengarkan musik. Membaca membantu daya ingat Moms tetap tajam.

Studi dari Rush University Medical Center di Chicago mengungkapkan, adanya melatih dan menstimulasi otak bisa dilakukan dengan membaca. Selain itu, membaca mampu melindungi memori sehingga mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Manfaat membaca bagi kesehatan juga termasuk melatih otak atau bisa dibilang mengajak otak untuk berolahraga. Visualiasi memori otot dalam berolahraga terlibat ketika pembaca menggunakan imajinasi mereka dan menempatkan diri pada posisi orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Anak Kesulitan Belajar Membaca, Wajib Tahu!

2. Menurunkan Tingkat Stres

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-2.jpg

Foto: freepik.com

Ternyata, manfaat membaca juga mampu menurunkan tingkat stres. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti di Mindlab International, University of Sussex, bahwa membaca hanya selama 6 menit dapat membantu mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Studi ini mengungkapkan juga bahwa peserta yang mengalami peningkatan stres akan menjadi lebih santai setelah melakukan kegiatan lainnya, seperti berjalan santai atau mendengarkan musik.

3. Mengurangi Kecemasan dan Gejala Depresi

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-3.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat membaca untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan mood, yang akhirnya mengubah keadaan emosi seseorang. Hal ini mampu mengurangi tingkat kecemasan dan bahkan mengurangi gejala gangguan kejiwaan yang serius seperti depresi.

“Membaca dapat memberikan perspektif baru tentang kehidupan dan masalah yang mungkin ditemui. Hal ini akan mengajak kamu untuk berpikir tentang mengatasi situasi tertentu. Secara tidak langsung, hal ini sedikit mirip dengan terapi kognitif,” ungkap Vijaya Manicavasagar, direktur layanan psikologis di Black Dog Institute.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-4.jpg

Foto: freepik.com

Nah, apabila Moms mengalami masalah susah tidur, sebaiknya hindari bermain gadget sebelum jam tidur. Cobalah dengan membaca karena mampu meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat membaca sebelum jam tidur ternyata memberikan sinyal kepada tubuh bahwa inilah saatnya untuk beristirahat. Tubuh akan terasa lebih santai sehingga Moms akan lebih cepat untuk tertidur.

5. Membaca Itu 'Menular'

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-5.jpg

Foto: self.com

Apabila Moms ingin menularkan kebiasaan membaca pada anak, maka inilah waktu yang tepat untuk menunjukkan kepada anak.

Studi dari Scholastic menyarankan, melakukan kebiasaan membaca di depan anak-anak dan membaca keras di depannya bisa menginspirasi mereka untuk membaca lebih sering. Nah, jadinya manfaat membaca juga bisa dirasakan seluruh anggota keluarga.

Itulah manfaat membaca bagi kesehatan. Yuk, mulai membaca dari sekarang, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait