Kehamilan

KEHAMILAN
7 April 2020

6 Manfaat Menari untuk Ibu Hamil, Bikin Gembira!

Tahukah Moms selain berjalan dan yoga, ada kegiatan fisik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu menari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menari adalah cara yang menyenangkan untuk membuat Moms dan Si Kecil dalam kandungan tetap bugar selama kehamilan. Seperti yang diketahui, kardio telah lama direkomendasikan untuk ibu hamil.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil setidaknya melakukan olahraga 30 menit sehari.

Baca Juga: Ini 11 Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

Tetapi, saran yang biasanya diminta untuk ibu hamil lakukan adalah berjalan dan yoga. Nah, sebaliknya, ternyata menari adalah alternatif olahraga kardio yang menyenangkan serta mampu membuat Moms bugar, lentur, serta mengurangi stres selama kehamilan.

Manfaat Menari Untuk Ibu Hamil

Tentu saja, Moms tidak perlu menari yang bentuknya berat atau yang melibatkan lompatan-lompatan berat. Tak lupa, berbicaralah dengan instruktur kelas, biarkan mereka tahu Moms hamil.

Minta perubahan pada tarian rutin untuk mengakomodasi perut yang semakin besar, pusat gravitasi yang berubah, dan tingkat energi yang berpotensi menurun.

Lalu, berikut ini manfaat menari untuk ibu hamil yang bisa menjadi pertimbangan untuk dilakukan selain berjalan dan yoga. Yuk simak Moms.

1. Fleksibilitas Tubuh

Manfaat menari untuk ibu hamil yaitu peningkatan fleksibitas tubuh yang bisa membantu Moms mengatasi meningkatnya berat badan tubuh serta janin selama kehamilan.

2. Meningkatkan Stamina

Menari meningkatkan stamina

Tingkat stamina yang lebih tinggi merupakan manfaat menari untuk ibu hamil sehingga Moms tidak sering merasa lelah yang pada gilirannya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi kemungkinan gejala depresi.

3. Rangsang Produksi Endorfin

Ilustrasi Stres

Manfaat menari untuk ibu hamil lainnya adalah mengurangi jumlah stres dan kecemasan dengan merangsang produksi endorfin.

Baca Juga: Maternity Belt, Pentingkah Untuk Ibu Hamil?

4. Kurangi Persalinan Sulit

Ilustrasi persalinan sulit

Menari untuk ibu hamil mampu mengurangi risiko melalui persalinan yang sulit seperti waktu persalinan yang lama atau kebutuhan untuk operasi Caesar.

5. Memperkuat Tubuh

Moms, manfaat menari untuk ibu hamil adalah memperkuat tubuh seperti memperbaiki tonus otot, meringkankan tungkai, menghindari sakit punggung,meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru.

Memperlambat Kenaikan Berat Badan

Berat Badan

Salah satu risiko ibu hamil adalah diabetes gestasional akibat kenaikan berat badan yang signifikan. Sehingga manfaat menari untuk ibu hamil adalah memperlambat proses tersebut serta juga mengurangi risiko kondisi kehamilan preeklamsia.

Baca Juga: Vicky Shu Joget untuk Kurangi Sakit Kontraksi, Apa Manfaatnya Menurut Medis?

Menari untuk ibu hamil merupakan alternatif yang sempurna untuk Moms yang tidak sering berolahraga atau tidak tertarik pada latihan yang biasa. Menari dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Sementara itu, menurut American Pregnancy Association, sebelum melakukan menari ada baiknya tanyakan kepada dokter kandungan atau bidan.

Karena bagi sebagian besar ibu hamil, menari bisa bermanfaat tapi untuk ibu yang memiliki kehamilan berisiko tinggi harus dipantau untuk memastikan hal itu tidak menimbulkan ancaman.

Saat Moms menari maupun berolahraga lainnya, aliran darah bergeser dari organ-organ internal (termasuk rahim Anda) untuk memberi otot, paru-paru, dan jantung lebih banyak oksigen.

Tapi, jika Moms berolahraga terlalu keras dapat membatasi oksigen dari rahim. Pastikan untuk tetap dalam tingkat detak jantung yang disarankan untuk memastikan Si Kecil dalam kandungan mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya.

Terakhir, ada baiknya Moms mendengarkan tubuh sendiri karena menari untuk ibu hamil tujuannya adalah untuk merasa lebih baik sehingga tidak untuk memaksakan diri.

Dengan konsistensi, Moms mungkin akan menemukan menari untuk ibu hamil adalah cara yang bagus untuk membantu menghilangkan ketegangan, meningkatkan suasana hati, dan membuat Moms lebih kuat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait