2-3 tahun

7 September 2021

Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Tak Terduga Menurut Pakar

Yuk mulai bacakan dongeng untuk Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Apakah Moms sering membacakan dongeng untuk Si Kecil? Ternyata, ada beberapa manfaat mendongeng untuk anak yang didapatkan lho.

Tidak hanya mempererat bonding, manfaat dongeng bersama anak juga dapat meningkatkan daya imajinasi, serta membantu proses tumbuh kembang anak lewat stimulasi.

Manfaat dongeng untuk anak lainnya disampaikan oleh para pembicara di acara Nestlé DANCOW Kembali Hadirkan Dongeng Aku Dan Kau pada Kamis (02/09/2021).

Yuk Moms simak informasi lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

Kenapa Memilih Dongeng untuk Anak?

story time.jpg

Foto: shutterstock.com

Di usia awal perkembangan, yang sangat dominan dan aktif untuk tubuh adalah indera pendengaran dan indera pengelihatan.

"Maka dari itu, di usia toddler dan pre-school harus dimanfaatkan oleh Bunda dan Ayah dalam memaksimalkan stimulasi dari indera-indera anak," jelas Psikolog Klinis, Ratih Ibrahim, M.M.

Karena saat dibacakan dongeng, anak-anak akan antusias melihat gambar-gambar tersebut. Indera pendengaran juga distimulasi dengan baik.

Ratna menambahkan, "manfaat dongeng dapat mengembangkan koordinasi otot dan mengoptimalkan sensory-nya. Jika kita mengajak Buah Hati mengikuti gerakan seperti dalam dongeng, maka seluruh sistem mereka akan terstimulasi dengan baik."

Dengan bergerak pula, Si Kecil juga akan terjaga kesehatan fisik dan mental. Karena ketika bergerak, tingkat stres Si Kecil juga turut menurun terutama di era Pandemi.

Manfaat Mendongeng untuk Anak

manfaat mendongeng untuk anak-1

Manfaat mendongeng untuk anak salah satunya adalah bentuk stimulasi yang dapat mengaktifkan semua bagian otak.

Salah satu diantaranya dapat membantu anak memperkaya kosa kata, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit.

"Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter. Melalui dongeng Bunda dan Ayah memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal," jelas Ratna.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa aktivitas otak yang mendengarkan cerita, dan yang menceritakan dongeng itu sama (mirroring).

"Mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda Ayah yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti," tambahnya lagi.

Pada Australasian Journal of Early Childhood, mendongeng bermanfaat untuk membangun rasa komunitas yang lebih besar, meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, mendukung pengembangan literasi awal, dan memperluas potensi kreatif pada anak-anak.

Baca Juga: Cara Memilih Cerita Dongeng yang Tepat untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Waktu Tepat untuk Mengajak Si Kecil Mendongeng

manfaat mendongeng untuk anak-2

Terlepas dari manfaat dongeng untuk anak yang didapatkan, mungkin Moms bertanya-tanya tentang kapan Si Kecil bisa diajak mendongeng bersama.

Ratih menjelaskan, "Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan. Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif."

Di usia tersebut, kapastias anak sangat luas untuk belajar banyak hal baru. Semakin usia Si Kecil bertambah, sensitifiasnya akan semakin meningkat.

Maka Moms harus bisa menyesuaikan dongeng yang dibacakan, sesuai dengan usia Si Kecil.

Agar stimulasi yang diberikan melalui mendongeng dapat diterima anak secara maksimal, orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi serta aktivitas S Kecil dan lingkungan penuh cinta dari Moms dan Dads.

Manfaat yang sama juga didapatkan bila Si Kecil sosok yang justru lebih sering bercerita. Moms sebagai pendengar jadi dapat 'menyelami' isi pikiran dan dunia imajinasi anak.

Baca Juga: Yuk, Bacakan 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik Ini untuk Anak-Anak Moms

Nah, itu dia manfaat dongeng untuk anak yang tidak terduga. Jadi, apa dongeng yang akan diceritakan Moms sebelum tidur?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait