Bayi

BAYI
6 Mei 2020

5 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang, Ini Lho, Moms

Manfaat berenang untuk bayi salah satunya adalah meningkatkan bonding dengan moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika bayi masih belum memiliki kemampuan yang baik untuk berjalan, mungkin membawanya ke kolam renang adalah sesuatu hal yang tidak perlu.

Tetapi ternyata ada banyak manfaat berenang untuk bayi yang harus Moms tahu.

Berada di dalam air akan melibatkan tubuh bayi dengan cara yang benar-benar unik, menciptakan miliaran neuron baru saat bayi mulai menendang, meluncur, dan mencipratkan air.

Karena sistem kekebalan tubuh bayi yang masih yang halus, dokter biasanya merekomendasikan Moms untuk membawa bayi ke kolam atau danau yang diklorinasi mulai usia 6 bulan.

Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang

Meski begitu, Moms bisa tetap mengajaknya bermain air.

Anak-anak yang tidak terbiasa bermain air cenderung lebih takut dan negatif saat diajak berenang. “Latihan terus menerus akan membuat kemampuan berenang lebih sempurna,” kata Hermundur Sigmundsson, seorang profesor psikologi di Norwegian University of Science and Technology (NTNU).

Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh bayi saat berenang.

Baca Juga: 8 Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi, Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif!

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -1.jpg

Foto: shutterstock.com

Gerakan lintas pola bilateral, yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan akan membantu otak bayi lebih berkembang. Gerakan tersebut akan membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum.

Manfaat berenang untuk bayi ini akan memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Ini dapat meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik dan kesadaran spasial.

Sebuah studi terhadap lebih dari 7.000 anak-anak oleh Griffith University di Australia menunjukkan, anak-anak yang berenang memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental bila dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak berenang.

Namun, temuan penelitian hanya asosiasi dan bukan bukti kuat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengeksplorasi dan mengkonfirmasi manfaat potensial ini.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -2.jpg

Foto: turtletots.com

Sebagian besar kelas berenang pada bayi meliputi elemen seperti permainan air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Bayi akan berinteraksi satu sama lain dan dengan instruktur dan mulai belajar berfungsi dalam kelompok. Elemen-elemen ini, ditambah kesenangan mempelajari keterampilan baru, dapat meningkatkan harga diri bayi.

Sebuah studi tahun 2010 menyimpulkan bahwa anak-anak berusia 4 tahun yang telah mengambil pelajaran berenang saat berusia 2 bulan hingga 4 tahun, akan beradaptasi lebih baik dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih besar, dan lebih mandiri.

Sebuah studi lain memperkuat temuan ini. Studi tersebut menggambarkan bahwa sebuah program yang mencakup pelajaran berenang sejak dini dikaitkan dengan: kontrol diri yang lebih besar, keinginan kuat untuk sukses, harga diri yang lebih baik, dan lebih nyaman dalam situasi sosial daripada non-perenang.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Fisik, Ini 5 Manfaat Berenang untuk Psikologi Anak

3. Meningkatkan Bonding

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -3.jpg

Foto: swimjim.com

Bahkan jika Moms memiliki lebih dari satu anak, waktu berenang yang melibatkan orang tua dan anak di dalam air membuat bonding semakin kuat.

Selama mengajarkan bayi berenang, hanya ada Moms dan Si Kecil yang fokus satu sama lain.

Jadi ini adalah cara yang luar biasa dan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas.

Ini juga akan menjadi momen menyenangkan yang akan dimiliki Si Kecil semasa hidupnya.

Manfaat berenang ternyata tidak hanya berlaku untuk bayi, tapi juga untuk Moms dan hubungan baik dengan Si Kecil.

4. Membangun Kemampuan Otot

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -4.jpg

Foto: Cutekidsclothing.co.uk

Manfaat berenang untuk bayi juga akan membantu meningkatkan perkembangan otot dan kontrol penting pada bayi di usia muda.

Bayi perlu mengembangkan kemampuan otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki, dan bergerak dengan baik dengan seluruh tubuh mereka.

Swimming.Org menunjukkan bahwa manfaat berenang tidak hanya untuk akan membuat bayi meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot mereka di luar, tetapi latihan ini juga memberikan manfaat internal dengan membuat sendi-sendi bayi ikut bergerak.

Berenang juga bagus untuk kesehatan jantung dan akan membantu memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah bayi.

"Kami melihat dengan sangat jelas bahwa bayi adalah perenang terbaik dalam latihan yang berhubungan dengan keseimbangan dan kemampuan untuk meraih sesuatu," kata Hermundur.

Baca Juga: Pelampung Leher Tidak Boleh Sering Digunakan Saat Bayi Berenang?

5. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Ini Lho Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang -5.jpg

Foto: Brisbanekids.com

Seiring dengan pembentukan otot, manfaat berenang untuk bayi juga membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan Si Kecil.

Tidak mudah belajar menggerakkan lengan dan kaki kecil itu bersama-sama. Bahkan, gerakan terkoordinasi kecil saja akan mewakili lompatan besar dalam perkembangan bayi.

Sebuah studi pada tahun 2003 menemukan bahwa pelajaran berenang dapat membantu meningkatkan perilaku anak-anak ketika mereka tumbuh.

Penelitian ini tidak mengatakan mengapa anak-anak yang memiliki pelajaran mungkin berperilaku lebih baik di luar air di lingkungan kolam, tetapi mungkin bayi dilatih untuk mendengarkan instruktur dewasa sebelum masuk ke dalam air dan diminta untuk mengikuti instruksi.

Manfaat berenang untuk bayi bukan hanya akan terasa saat ini, tapi juga untuk nanti. Jadi, ambil tas berenang Moms dan ajak Si Kecil ke kolam renang!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait