Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Bermain dan Belajar | Oct 11, 2018

Berbagai Manfaat Menulis Tangan untuk Anak, Bisa Bikin Kreatif!

Bagikan


Sinar Dunia (SiDu) menggalakkan gerakan nasional “Ayo Menulis bersama SiDU” sejak September 2017. Melalui gerakan tersebut, SiDu mengajak anak-anak untuk gemar menulis tangan di atas kertas.

APP Sinar Mas Consumer Business Unit Head Sovan K. Ganguly mengatakan bahwa menulis tangan memberikan keuntungan tersendiri untuk anak. Menurutnya, ada tiga keuntungan utama dari menulis tangan yang akan didapatkan anak.

“Meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan kreativitas. Selain itu, menulis juga dapat menyalurkan sisi emosional anak secara positif,” ungkapnya pada talkshow yang berlangsung di Wisma Menpora, Kamis (26/7).

Manfaat Menulis Tangan untuk Anak

Dikutip dari Steppingstoneschool.com, menulis memang punya banyak manfaat untuk Si Kecil. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. Karin James, seorang profesor di Indiana University, ketika anak membentuk huruf saat menulis, banyak bagian dari otak yang menunjukan aktivitas.

Hal berbeda ditunjukan saat anak mengetik huruf. Aktivitas pada otak sangat sedikit.  Temuan tersebut kemudian mengarahkan para peneliti untuk percaya bahwa menulis dengan tangan punya manfaat yang jauh lebih banyak dari yang terlihat, melatih motorik halus.

Dr. Virginia Berninger dari University of Washington melakukan sebuah tes kepada anak-anak. Satu kelompok anak diminta menulis dengan tangan dan kelompok lainnya diminta mengetik.

Hasilnya mengejutkan, kelompok anak yang menulis dengan tangan secara konsisten mengungguli anak-anak yang mengetik untuk urusan jumlah kata per menit yang mereka hasilkan.

Baca Juga: Ternyata Ada Arti Menarik Dibalik Gambar dan Coretan Balita Berikut Ini

Hal ini juga sejalan dengan jumlah ide yang mereka ungkapkan. Anak-anak yang menulis dengan tangan punya lebih banyak ide ketimbang anak-anak yang mengetik.

“Menulis tangan, membentuk huruf, dan pikiran saling berkaitan. Ini akan membuat anak fokus pada bahasa tulisan,” kata Berninger.

Dia menjelaskan bagaimana manusia menggunakan sebagian dari otak mereka yang berhubungan dengan fungsi motorik, seperti perencanaan motorik dan kontrol motorik.

“Seperti kita membayangkan bentuk huruf di otak lalu membentuknya di atas kertas,” ujarnya.

Ia juga melakukan penelitian pada kelompok mahasiswa. Dari penelitiannya itu, dia menemukan bahwa mahasiswa yang menulis catatan dengan tangan lebih banyak menyerap informasi ketimbang yang mengetik di laptop saat kuliah.

Berdasarkan temuan tersebut, beberapa dokter menyarankan untuk menulis tangan sebagai latihan mental yang baik, termasuk untuk orang tua agar otaknya bisa terus terasah.

Dr. Berninger menyarankan orang tua dan guru mengajarkan anak-anak untuk jadi penulis hibrida, yakni menulis tangan sejak usia dini dan diajarkan mengetik di kelas akhir SD.

Nah, ternyata menulis tangan banyak sekali ya Moms manfaatnya. Yuk ajak Si Kecil untuk menulis tangan!

(AND)

Bagikan


Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.