Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
26 Februari 2021

Adakah Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kejantanan Pria? Ini Faktanya!

Sebelum memercayainya, sebaiknya ketahui faktanya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Berbicara tentang seks, maka kejantanan pria menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Lalu, adakah manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria?

Saat hendak melakukan hubungan intim dengan pasangan, ada banyak persiapan yang bisa membantu keintiman ini. Mulai dari foreplay, pelukan, ciuman, minum wine, atau makan daging kambing.

Namun, Dads pasti ingin mendapatkan efek yang cepat sehingga bisa segera menikmati hubungan intim dengan istri. Salah satu cara cepat tersebut adalah dengan menggunakan minyak esensial.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa Dads bisa mendapatkan manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria hanya dengan mengoleskannya ke alat vital.

Namun, sebelum mencobanya, sebaiknya Dads memahami dahulu fakta medisnya. Jangan sampai hal ini malah menyebabkan masalah baru.

Simak penjelasan lebih lanjut tentang adakah manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria berikut ini.

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Gairah Seksual yang Bisa Dicoba

Adakah Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kejantanan Pria?

Benarkah Ada Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kejantanan Pria?

Foto: Orami Photo Stock

Sejauh ini belum ada jurnal ilmiah yang menyebutkan manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria atau manfaat minyak kayu putih untuk alat vital, bahkan dengan cara mengoleskannya.

Semua yang panas-panas memang diduga bisa membuat pelebaran pembuluh darah atau disebut vasodilatasi, namun bukan berarti manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria benar adanya.

Saat penis ereksi, maka isinya darah yang terjebak di sana. Dengan metode pijat, ini bisa membantu memperlancar peredarah darah saja. Namun, untuk membuatnya tahan lama, belum ada bukti ilmiah yang bisa membuktikannya.

Lagipula, masalah ejakulasi dini lebih sering terjadi karena faktor psikologis dibanding faktor fisik. Jadi mungkin jika Dads mengalami ejakulasi dini atau disfungsi seksual lainnya, biasanya dokter juga akan meminta Dads melakukan terapi konseling.

Baca Juga: 5 Titik Sensitif Seksual Pria yang Wajib Diketahui

Lantas, Bisakah Minyak Esensial Lain Tingkatkan Gairah Seksual?

Lantas, Bisakah Minyak Essensial Lain Tingkatkan Gairah Seksual?

Foto: Orami Photo Stock

Meski manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria tidak terbukti secara ilmiah, namun Dads sebenarnya bisa memanfaatkan minyak esensial lain untuk meningkatkan gairah seksual.

Penelitian dari Pharmacognosy Review menunjukkan beberapa jenis minyak esensial mungkin memiliki sifat afrodisiak saat dihirup sebelum atau selama keintiman.

Beberapa bau yang kuat ini dapat memicu ereksi pada pria. Sementara pada wanita dengan indra penciuman yang lebih kuat, mereka cenderung mengalami orgasme lebih banyak saat berhubungan seks.

Tanaman tertentu telah digunakan untuk meningkatkan gairah, performa, dan kesenangan seksual pria dan wanita selama berabad-abad.

Namun, sedikit penelitian ilmiah yang menyelidiki bagaimana minyak esensial dapat bermanfaat bagi kehidupan seks seseorang.

Meskipun tidak mungkin untuk mengatakan bahwa minyak esensial adalah afrodisiak, ada beberapa khasiat minyak esensial yang dapat dikaitkan dengan pengalaman seksual yang lebih positif. Beberapa minyak esensial tersebut antara lain:

1. Lavender

Menghirup aroma lavender terbukti secara signifikan bisa mengurangi kecemasan dan stres. Alhasil, ini akan menghasilkan tingkat relaksasi yang tinggi, yang kemudian dapat bermanfaat bagi pengalaman seksual yang lebih menyenangkan dengan pasangan.

2. Kayu Cendana

Para peneliti telah menemukan bahwa wanita yang menghirup minyak esensial cendana dan senyawa utamanya saat berhubungan seks melaporkan bahwa suasana hati mereka meningkat dan tingkat hasrat yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Jadi, jika Dads ingin menyenangkan istri, tak ada salahnya untuk menggunakan minyak esensial kayu cendana untuk semakin meningkatkan kualitas hubungan seksual.

3. Ylang-Ylang atau Kenanga

Selain mengetahu manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria, penelitian menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial ylang ylang dikaitkan dengan perasaan euforia, dan membantu meredakan depresi.

Satu studi dari Universidade de São Paulo bahkan menunjukkan bahwa mengoleskan ylang ylang oil pada kulit dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Meskipun tidak ada hubungan ilmiah yang jelas antara ylang ylang dan pengalaman seksual, bukti menunjukkan bahwa ylang ylang dapat meningkatkan kesehatan mental.

Karena suasana hati terkait dengan pengalaman seksual, ada kemungkinan ylang ylang merupakan minyak esensial yang baik untuk rangsangan seksual.

4. Ginseng

Para ilmuwan berpendapat bahwa minyak ginseng melepaskan bahan kimia otak yang terkait dengan fungsi ereksi yang lebih baik pada hewan dan pria dewasa.

5. Casimiroa Edulis

Para ilmuwan menemukan bahwa minyak dari tanaman casimiroa edulis, biasa disebut sapote putih, dapat meningkatkan perilaku seksual dan ejakulasi pada tikus jantan.

Di Amerika Tengah dan Asia, biji dari tanaman yang mengandung minyak kuat ini biasa dikonsumsi sebagai peningkat gairah seksual atau afrodisiak.

Namun, sayangnya masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengetahui efek afrodisiak dari minyak casimiroa edulis.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

6. Eurycoma Longifolia

Studi menunjukkan eurycoma longifolia, atau yang juga disebut tongkat ali atau pasak bumi, mampu meningkatkan kemampuan tikus jantan untuk ereksi dan juga meningkatkan gairah seks tikus yang ragu untuk berhubungan seks.

Di Malaysia, tanaman ini memiliki reputasi sebagai afrodisiak pria yang cukup kuat. Namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki manfaat ini pada manusia.

7. Fadogia Agrestis

Para ilmuwan percaya minyak dari fadogia agrestis bisa menjadi afrodisiak yang kuat untuk pria.

Dalam penelitian yang dilakukan Journal of Ethnopharmacology, para ahli telah menemukan bahwa ia bisa memperlambat kecepatan di mana tikus jantan berejakulasi saat berhubungan seks.

Tanaman ini juga mampu meningkatkan kadar testosteron, dan secara signifikan meningkatkan ukuran testis tikus.

8. Lepidium Meyenii

Penelitian menunjukkan bahwa akar maca dan minyaknya tampaknya tidak memengaruhi tingkat hormon reproduksi pada pria.

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa pria yang menggunakan minyak maca melaporkan peningkatan hasrat seksual pada akhir delapan minggu penggunaan.

Jadi meskipun mungkin minyak maca dapat berfungsi sebagai afrodisiak, cara kerjanya masih belum dipahami dengan baik.

9. Kaempferia Parviflora

Kaempferia parviflora telah lama digunakan di Asia Tenggara untuk meningkatkan pengalaman seksual pria. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ekstrak minyak esensial kaempferia parviflora tampaknya meningkatkan aliran darah ke testis tikus jantan.

Sehingga ini menunjukkan bahwa itu mungkin memiliki kualitas afrodisiak.

10. Yohimbe

Saat tertelan dalam dosis yang tepat, minyak yohimbe merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke penis dengan melebarkan pembuluh darah.

Yohimbe juga ditemukan menghasilkan zat kimia otak yang terkait dengan pembentukan ereksi dan merangsang saraf di panggul yang meningkatkan kualitas hubungan seksual.

Jadi kini Dads tak perlu memercayai kabar tentang manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria karena beberapa minyak alami di atas telah terbukti memiliki efek yang lebih baik.

Namun, minyak esensial juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Baca label dan hindari minyak dari tanaman yang mungkin membuat Dads atau pasangan alergi.

Selalu gunakan minyak tambahan lain untuk mengencerkan minyak esensial guna menghindari iritasi pada kulit. Jangan pernah mengoleskan minyak esensial di dekat mata, telinga, hidung, mulut, atau alat kelamin.

Jika melihat ada gejala reaksi terhadap minyak esensial, seperti kulit yang menyengat atau merah, segera bersihkan minyak dengan air hangat dan sabun.

Baca Juga: Sering Dialami, Atasi 3 Keluhan Seks Suami Istri Ini Agar Makin Harmonis

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Tingkatkan Gairah Seksual?

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Foto: Orami Photo Stock

Ketimbang mencari tahu manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria yang masih belum terbukti secara ilmiah, Dads dapat menggunakan minyak esensial yang banyak ditemukan di internet atau di sebagian besar toko kesehatan.

Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak esensial untuk membantu mengatur suasana hati dan untuk meningkatkan gairah seksual:

1. Dioleskan ke Kulit

Minyak esensial biasanya dioleskan langsung ke kulit, tempat minyak diserap dan dapat dihirup. Namun, sebagian besar minyak esensial harus diencerkan dengan minyak lain agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

Dads tidak boleh mengoleskan minyak esensial ke alat kelamin, meskipun diencerkan dengan minyak lain.

Dads juga bisa menggunakan minyak esensial encer untuk memijat pasangan. Melakukannya akan melepaskan aroma minyak sambil mengaktifkan sistem otot pasangan dan meningkatkan aliran darahnya.

Sentuhan fisik juga merupakan afrodisiak yang kuat yang dapat membantu Dads mempersiapkan keintiman dan menjaga suasana hati sebelum berhubungan seks.

2. Mandi Minyak Esensial

Dads juga bisa menyiapkan rendaman minyak esensial dengan mencampurkan tiga hingga 12 tetes minyak esensial dengan 30 mL minyak penyerta, dan menambahkannya ke bak mandi yang berisi air hangat.

Aduk bak mandi dengan lembut dengan jari-jari untuk meratakan minyak dan juga menghilangkan bau di udara. Dads bisa mendudukkan seluruh tubuh ke dalam bak mandi, atau hanya sebagian tubuh, seperti kaki.

Hindari air dari rendaman minyak esensial ke mata, hidung, atau mulut.

3. Diffuser

Menggunakan diffuser adalah cara mudah untuk mengisi seluruh ruangan dengan aroma essential oil yang Dads inginkan.

Ada beberapa jenis diffuser dan beberapa adalah mesin atau perangkat dengan penerangan lilin yang dengan lembut menghangatkan minyak untuk mengangkatnya ke udara.

Komponen yang lainnya, seperti batang minyak esensial, lebih lambat mengirimkan minyak esensial ke udara.

Diffuser adalah pilihan yang baik untuk Dads yang mungkin tidak ingin mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit.

Namun, waspadai orang lain yang mungkin secara tidak sengaja bisa terpapar minyak esensial yang tersebar di udara, seperti anak-anak, hewan peliharaan, dan wanita hamil.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai ada atau tidaknya manfaat minyak kayu putih untuk kejantanan pria, serta apa saja pilihan alternatif yang bisa digunakan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait