Kesehatan

19 Februari 2021

14 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga

Bahkan dapat membantu melembapkan kulit, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Minyak zaitun, atau olive oil, adalah salah satu jenis minyak yang banyak digunakan tidak hanya untuk memasak, tetapi memberikan manfaat bagi tubuh.

Menurut U.S. Department of Agriculture Nutrient Data Laboratory, satu sendok makan minyak zaitun mengandung nutrisi seperti kalsium, lemak, vitamin K, juga vitamin E.

Hal ini menjadikan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan cukup beragam. Apa manfaat yang bisa kita rasakan? Yuk cari tahu, Moms.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan bayi.

Ketahui lebih lanjut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga berikut ini.

1. Mencegah Stroke

manfaat olive oil-cegah stroke

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah stroke. Salah satu cara untuk mengurangi risiko stroke adalah dengan menambahkan lebih banyak minyak zaitun ke dalam makanan.

"Ada banyak penelitian yang mendukung bahwa konsumsi minyak zaitun extra virgin secara teratur dapat menurunkan risiko stroke," kata Neal Shipley, MD, direktur medis di Northwell Health-GoHealth Urgent Care, New York, mengutip The Healthy.

Penelitian The British Journal of Nutrition menemukan bahwa peserta yang menggunakan minyak zaitun secara teratur 41 persen lebih rendah mengalami stroke dibandingkan dengan yang tidak pernah mengonsumsi minyak zaitun.

Baca Juga: Olive Oil Si Sumber Lemak Sehat untuk Memasak MPASI

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Ini juga dirasakan oleh orang-orang yang melakukan diet Mediterania yang juga menggunakan minyak zaitun.

Salah satunya aktris Chloe Grace Moretz, yang mengakui bahwa minyak zaitun dapat menghilangkan jerawatnya.

"Aku mencuci muka dengan minyak zaitun. Aku bersumpah kulitku jauh lebih bersih karenanya," jelasnya mengutip Allure.

Dalam Journal of Food Protection, dijelaskan bahwa minyak zaitun memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu mencegah infeksi kulit yang menyebabkan berjerawat.

3. Bisa Digunakan Sebagai Pelembap Kulit

manfaat olive oil-lembapkan kulit

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah melembapkan kulit. Manfaat ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan.

"Minyak zaitun sangat bagus untuk kulit karena kandungan polifenol, vitamin E, dan pitosterolnya yang tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan," kata Jessa Blades, pakar kecantikan alami dan penata rias.

"Minyak zaitun membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan kelembapan kulit. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pelembab seluruh tubuh," jelasnya lagi.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sehat dan Halus

4. Memperbaiki Fungsi Otak

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga yang selanjutnya adalah memerbaiki fungsi otak. Penelitian terbaru dari American Neurologial Association telah membuktikan bahwa manfaat olive oil lainnya dapat mencegah Alzheimer.

"Sebuah studi terhadap tikus menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun secara teratur membantu kemampuan belajar dan memori dengan melindungi jaringan otak dari zat beracun, yang disebut plak amyloid-beta dan neurofibrillary, yang diyakini menyebabkan penyakit Alzheimer," kata Dr. Kata Shipley.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini masih menggunakan hewan. Tetapi diharapkan penelitian lebih lanjut akan menggunakan manusia.

5. Menjaga Berat Badan Sehat

manfaat olive oil-turunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mempertahankan berat badan sehat.

Bagi Moms yang ingin menurunkan berat badan, minyak zaitun dapat mempertahankan berat badan sehat dengan konsumsi dalam jumlah yang tepat.

"Lemak minyak zaitun tidak membuat Anda gemuk, dan juga penting dalam menjaga berat badan yang sehat, dan bahkan merupakan bagian penting dari metode penurunan berat badan," kata Dr. Frank Lipman, pendiri Pusat Kesehatan Be Well and the Eleven Eleven, New York.

"Lemak sehat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang mencegah makan berlebihan yang sering dirasakan pada orang yang melakukan diet rendah lemak," tambahnya.

Baca Juga: 3 Masker Rambut Minyak Zaitun untuk Memanjangkan Rambut

6. Anti Penuaan

Ada juga manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit, yaitu sebagai anti-aging yang dapat memperlambat penuaan.

Minyak zaitun kaya kandungan vitamin E dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kerutan, atau flek hitam.

Teteskan 2-3 minyak zaitun di wajah kemudian pijat lembut. Moms juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon agar wajah terasa lebih segar.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit ini akan terlihat jika dilakukan rutin selama 2-3 kali seminggu.

7. Memperkuat Kekebalan Tubuh

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat ini bisa Moms dapatkan karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi.

Sebanyak 73% minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh. Pada berbagai riset, salah satunya riset yang diterbitkan dalam European Journal Clinical Nutrition, lemak tak jenuh mampu meningkatkan kerja sistem imun.

Cara kerjanya dengan merangsang produksi antibodi. Maka itu, sistem imun Moms pun akan semakin kuat dan tak mudah sakit saat hamil.

Ditambah lagi, minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menjaga tubuh Moms dari serangan berbagai bakteri, khususnya bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Grapefruit Bagi Anak, Bagus untuk Kekebalan Tubuh!

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Studi pengamatan yang dilakukan beberapa dekade lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang terjadi di negara-negara Mediterania.

Dalam jurnal Pharmacological Research, disebutkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan terlihat, yaitu dapat melindungi terhadap penyakit jantung dalam beberapa cara.

Minyak zaitun menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat LDL dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Menariknya, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga terbukti menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini.

9. Dapat Mengobati Rheumatoid Arthritis

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan-4

Foto: Orami Photo Stock

Artritis reumatoid adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian yang cacat dan nyeri.

Penyebab pastinya tidak dipahami, tetapi melibatkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis, menurut National Library of Medicine.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ini tampaknya sangat bermanfaat ketika dikombinasikan dengan minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Kandungan Triclosan pada Sabun Antibakteri

10. Memiliki Sifat Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya, salah satunya Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan bisul perut dan kanker perut.

Dalam jurnal National Library of Medicine, studi tabung menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bekerja dengan melawan delapan jenis bakteri ini, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik.

11. Kaya Lemak yang Tidak Tersaturasi

minyak zaitun.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun memiliki beragai macam senyawa yang bisa memberika segudang manfaat bagi manusia. Salah satunya adalah lemak tidak tersaturasi yang terkandung di dalamnya.

Bernama asam oleat, lemak tidak tersaturasi dalam minyak zaitun ini mendominasi 73 persen dari kandungan dalam olive oil tersebut. Asal oleat sendiri disebut memiliki banyak manfaat dan dalam hal ini bisa mengurangi peradangan dalam tubuh.

12. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sering digunakan untuk orang-orang yang tengah melakukan diet medierania. Dan tentunya minyak zaitun ini pun terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan orang yang menjalani program diet tersebut.

Pasalnya, diet mediterania sendiri terbukti dapat mencegah atau menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Kendati demikian, penelitian lebih lanjut pun masih dibutuhkan untuk mengetahui manfaat minyak zaitun terhadap penurunan risiko penyakit diabetes tipe 2 ini.

13. Bagus untuk Kulit Jerawat

minyak zaitun untuk jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Hadirnya jerawat di wajah tentu saja sangat mengganggu. Terlebih untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Kehadiran jerawat tentu saja menjadi hal yang paling menyebalkan karena orang yang berkulit sensitif biasnya lebih rentan untuk berjerawat.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk menyembuhkan jerawat secara alami.

Jadi, cara ini bisa dicoba untuk Moms atau Dads yang ingin menyembuhkan wajah berjerawat dengan cara yang alami.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang berjerawat yaitu:

  • Minyak zaitun adalah obat herbal alami yang ampuh untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitain yang bisa mempercepat proses penyembuhan.
  • Minyak ini memiliki antioksidan yakni polifenol yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan juga sanggup mecegah segala macam jenis infeksi yang bisa menyerang.
  • Minyak zaitun memiliki kandungan antibakteri yang sanggup menghilangkan jerawat yang disebabkan infeksi bakteri
  • Minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi yang memiliki guna untuk meredakan dan menyembuhkan jerawat serta menghilangkan bekasnya di kulit wajah.
  • Minyak zaitun memiliki sifat non-comedogenic yang pastinya baik karena tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang biasanya menjadi salah satu penyebab jerawat

14. Membantu Mencegah Depresi

Depresi menjadi hal yang sangat menyulitkan. Tidak seperti penyakit fisik yang bisa dilihat atau dirasakan langsung oleh si penderita atau non-penderita, penyakit mental tidak terlihat dan tidak bisa dideteksi jika tak melakukan serangkaian tes.

Minyak zaitun sendiri dipercaya bisa membantu manusia untuk memerangi penyakit jiwa seperti depresi.

Ketika mengombinasikan mintak zaitun dengan pilihan makanan sehat dari diet mediterania seperti sereal gandum, sayurab, minyak ikan, dan tomat kering, minyak zaitun bisa bekerja lebih ampuh untuk memerangi depresi.

Jadi, mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak zaitun bisa lebih menyehatkan mental loh, Moms dan Dads!

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga.

Jika Moms dan Dads masih memiliki berbagai macam pertanyaan terkait minyak zaitun dan kegunaannya dari sisi kesehatan, kecantikan, dan perawatan kulit lainnya, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait