Kesehatan

29 Juli 2021

7 Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan dan Tips Aman Melakukannya!

Manfaat naik turun tangga juga bisa dirasakan untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Olahraga teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Jika Moms sibuk, ada beberapa aktifitas fisik yang dapat Moms jadikan kegiatan untuk kebugaran, seperti naik turun tangga. Manfaat naik turun tangga sangat banyak untuk kesehatan dan juga ibu hamil lho, Moms.

Baca juga: Catat, Begini Aturan Naik Turun Tangga saat Hamil

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan

Manfaat naik turun tangga untuk kesehatan

Foto: freepik.com

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di U.S. National Library of Medicine pada tahun 2019, naik tangga adalah jenis aktivitas fisik yang mudah didapat yang tidak memerlukan pelatihan atau peralatan khusus.

Studi ini juga menunjukkan bahwa menaiki tangga menggunakan 8-10 kali kebutuhan energi dari keadaan istirahat, dan harus digunakan sebagai inisiatif kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Manfaat naik turun tangga salah satunya adalah dapat membakar kalori lebih banyak dibangkan berlari atau jalan kaki. Karena aktifitas fisik ini melibatkan semua otot perut, merangsang semua organ di sana, mengaktifkan tulang belakang dan mengurangi risiko cedera lutut, kaki dan pergelangan kaki.

Tak hanya itu, naik turun tangga juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga cocok untuk Moms yang jadwalnya cukup padat.

Biar lebih jelas, yuk Moms simak manfaat naik turun tangga untuk kesehatan dalam artikel berikut ini.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat naik turun tangga salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Menaiki tangga selama satu jam adalah bentuk latihan yang sangat intens dan memiliki manfaat aerobik yang sangat besar.

Saat melakukan latihan ini, Moms dapat membakar sekitar 0,17 kalori saat mendaki dan 0,05 kalori saat menuruni satu langkah.Jika ingin hasil yang efektif, Moms dapat melakukan latihan ini setengah jam setiap hari. Karena, semakin sering melakukannya, kalori yang dibakar akan lebih banyar dan secara bertahap menurunkan berat badan.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat pembakaran kalori lebih tinggi dalam menaiki tangga dibandingkan dengan aktivitas lain seperti berjalan atau berlari.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Preventive Medicine pada tahun 2000, naik turun tangga dapat meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan menaiki tangga karena merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Moms yang ingin memiliki jantung sehat direkomendasikan untuk mencoba manfaat naik turun tangga. Karena Journal of Sports Science & Medicine menjelaskan bahwa naik turun tangga 30 menit setiap minggu dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat naik turun tangga lain yang bisa Moms nikmati adalah meningkatkan kekuatan otot. Karena latihan vertikal seperti ini dapat mendorong ke bawah untuk mengangkat seluruh tubuh Moms.

Jenis olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, paha, dan pinggul sekaligus mengencangkan otot perut. Menaiki tangga juga dapat membantu membangun massa otot di tubuh bagian bawah.

Baca juga: Preeklampsia pada Ibu Hamil: Kenali Ciri, Penyebab dan Komplikasinya

4. Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Sebuah studi dalam Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa dengan meningkatkan kinerja neuromuskular dan kardiorespirasi dalam tubuh, menaiki tangga dapat meningkatkan gaya berjalan, keseimbangan, dan daya tahan tubuh.

Selain berkontribusi pada kebugaran secara keseluruhan, aktivitas ini juga membantu mengurangi risiko jatuh dan meminimalkan ketegangan dalam aktivitas sehari-hari lainnya.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Semua jenis latihan diketahui membantu tubuh melepaskan lebih banyak endorfin, yang membantu Moms merasa baik. Menaiki tangga melakukan hal yang sama dan juga membantu mengatur pola tidur dengan lebih baik.

Latihan ini dapat dikombinasikan dengan pembangunan kekuatan dan daya tahan dan manfaat tambahan dari penurunan berat badan yang sehat, pasti akan meningkatkan harga diri dan tingkat kepercayaan diri serta membuat Moms merasa bahagia juga.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Berpuasa Agar Tetap Bugar

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Ibu Hamil

Manfaat naik turun tangga untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Saat hamil, Moms mungkin akan berhati-hati untuk memilih kegiatan fisik setiap hari.

Salah satu ketakutan terbesar yang dirasakan oleh ibu hamil adalah jatuh atau tersandung dari tangga. Karena pada bulan-bulan terakhir kehamilan, pergeseran pusat gravitasi tubuh dapat meningkatkan risiko jatuh. Karena jatuh dari tangga pada usia kehamilan tersebut akan menyebabkan komplikasi , bahkan jika terkena perut bisa menyebabkan keguguran.

Pada minggu ke-37 kehamilan, bayi Anda turun ke panggul, sehingga Moms akan lebih mudah bernapas. Namun, penambahan berat bayi cukup bulan membuat Moms mulai kesulitan untuk naik tangga.

Jika harus melakukan naik turun tangga, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan bergerak perlahan sambil memegang pagar sebagai penyangga, dan bernapaslah dengan kecepatan normal.

Walaupun harus berhati-hati, tetapi banyak manfaat naik turun tangga yang bisa dirakan juga oleh ibu hamil lho Moms. Berikut penjelasannya.

6. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association menyebut wanita hamil yang menaiki tangga memiliki risiko yang lebih rendah untuk preeklamsia atau suatu kondisi di mana wanita memiliki tekanan darah tinggi.

Studi ini menemukan bahwa wanita hamil yang tidak aktif dapat mengurangi risiko preeklampsia sebesar 29% dengan menaiki satu hingga empat anak tangga.

7. Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Diabetes Association, menaiki tangga di awal kehamilan mengurangi kemungkinan terkena diabetes gestasional atau kondisi komplikasi umum dalam kehamilan.

Namun, Moms tetap harus berhati-hati dalam menaiki tangga ya. Jangan sampai hal ini membuat Moms mengalami masalah selama kehamilan.

Baca juga: 3 Fakta tentang Diabetes Gestasional, Bumil Wajib Tahu!

Tips Naik Turun Tangga untuk Ibu Hamil

tips naik turun tangga yang aman

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sedang hamil, tetapi ingin merasakan manfaat naik turun tangga, sebaiknya ikutin tips aman berikut ini ya.

1. Selalu Berpegangan Pada Pagar di Sisinya

Saat menaiki atau menuruni tangga, gunakan pegangan tangan. Jika Moms memegang sesuatu di satu tangan, pastikan tangan lainnya bebas untuk memegang pegangan tangan.

2. Pastikan Tangga Memiliki Penerangan

Pastikan tangga memiliki penerangan yang baik untuk melihat anak tangga dengan jelas. Hindari menaiki tangga dalam kegelapan. Jika menaiki tangga dalam kegelapan akan meningkatkan risiko jatuh yang meningkatkan risiko keguguran.

3. Jangan Terburu-buru

Ibu hamil sebaiknya jangan terburu-buru saat naik turun tangga. Karena hal ini dapat meningkatkan risiko Moms jatuh. Selain itu, jika tangga rumah Moms menggunakan karpet, pastikan merekat ke lantai dan tidak longgar. Sehingga risiko tersandung dan jatuh berkurang.

Baca juga: Ibu Hamil Dengan Kondisi Ini Sebaiknya Melahirkan Secara Caesar

4. Beristirahat Saat Menaiki Tangga

Moms mungkin akan lebih mudah lelah saat naik turun tangga saat hamil. Jadi, jangan ragu untuk berhenti sejenak dan mengatur napas. Hal ini juga bisa mengurangi risiko berkunang-kunang dan pandangan kabur.

5. Pastikan Tangga dalam Keadaan Kering

Saat akan naik turun tangga, pastikan lantainya dalam keadaan kering. Jika Moms menggunakan sandal, pastikan dalam keadaan kering sehingga tidak licin saat digunakan.

Selain itu, Moms juga harus berhati-hati saat naik turun tangga menggunakan gaun panjang. Karena gaun yang teruntai bisa meningkatkan risiko tersandung dan jatuh.

Baca juga: Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Berbahayakah?

Demikian penjelasan mengenai manfaat naik turun tangga untuk kesehatan dan ibu hamil lengkap dengan tipsnya. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-climb-stairs-while-you-are-pregnant_00358910/
  • https://www.firstpost.com/health/5-benefits-you-can-reap-from-climbing-stairs-every-day-8133691.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait