Balita dan Anak

13 Juli 2020

Manfaat Buah Nanas Bagi Anak-Anak

Berikan Si Kecil buah nanas dalam jumlah wajar untuk menjaga kesehatannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak yang beranggapan hidup sehat itu mahal. Padahal tidak, Moms. Tergantung dari pilihan jenis makanan yang Moms pilih, sampai dengan tempat di mana Moms berbelanja. Membeli buah tidak perlu selalu impor, contohnya buah nanas.

Jenis buah yang satu ini masih tergolong terjangkau harganya dan bisa ditemukan di supermarket bahkan pasar tradisional. Karena mudah dijangkau, bagaimana kalau Moms mulai rutin menyajikan buah nanas di rumah?

Bukan hanya harganya yang ramah di kantong dan rasanya yang segar, ternyata banyak juga manfaat nanas untuk anak yang mungkin belum Moms sadari.

Manfaat Nanas untuk Anak

Penyajian buah nanas tidak selalu dimakan langsung begitu saja. Moms bisa membuat jus nanas, manisan buah nanas, atau membuat selai nanas homemade untuk sarapan setiap pagi. Kalau sudah ada ide mau dibuat apa, berikut informasi manfaat nanas untuk anak.

1. Anti Kanker

Manfaat nanas untuk anak 1.jpeg

Foto: Pexels.com

Banyak orang tua yang khawatir memberikan nanas untuk anak-anaknya karena takut alergi, gatal, dan lain-lain. Apakah Moms termasuk di antaranya?

Sebenarnya nanas termasuk buah yang aman untuk anak apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar, Moms. Apalagi salah satu manfaat nanas untuk anak yaitu dapat mencegah kanker.

Nanas mengandung antioksidan yang menurut sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health, makanan makanan kaya antioksidan dapat menurunkan risiko penyakit kanker, mengoptimalkan kinerja organ penglihatan, dan berfungsi sebagai penangkal penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Resep Selai Nanas untuk Teman Makan Roti

2. Memperkuat Tulang

Manfaat nanas untuk anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Si Kecil termasuk anak yang aktif? Ada baiknya Moms memberi asupan yang baik untuk tulangnya. Tidak hanya susu, ternyata manfaat nanas untuk anak juga dapat memperkuat tulang.

Mengutip dari Life Hack, nanas mengandung zat mangan yang berfungsi untuk menguatkan tulang serta jaringan penghubung lainnya. Manfaat jangka panjangnya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis.

3. Mencegah Asma

Manfaat nanas untuk anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Asma termasuk penyakit yang paling sering dialami anak-anak. Manfaat nanas untuk anak juga bisa digunakan sebagai makanan pencegah asma lho, Moms. Nanas tinggi akan beta-karoten yang juga berkhasiat untuk mendetoks tubuh untuk mengurangi risiko peradangan.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Asma secara Alami

4. Memperkuat Sistem Imun

Manfaat nanas untuk anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Asupan vitamin memang perlu diberikan untuk Si Kecil saat musim pandemi seperti ini Moms. Tidak perlu membeli multivitamin yang mahal.

Manfaat nanas untuk anak bisa menjadi pengganti pil multivitamin karena di dalam buah nanas tinggi vitamin C yang baik untuk memperkuat sistem imun Si Kecil, sehingga terhindar dari paparan virus dan bakteri yang berbahaya.

5. Memperkuat Gusi

Manfaat nanas untuk anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Gigi yang kuat juga perlu didukung gusi yang kuat, Moms. Mengonsumsi nanas dengan jumlah yang cukup pada anak dapat memperkuat gusi. Selain itu, nanas juga dapat mencegah penyakit kanker mulut.

Baca Juga: Trauma Gigi dan Gusi pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

Jadi, sudah tahu kan Moms manfaat nanas untuk anak? Berikan asupan buah-buahan, kebutuhan protein, dan karbohidrat yang seimbang agar pertumbuhannya optimal.

Jika memungkinkan, hindari makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, atau makanan yang mengandung lemak tinggi.

Karena nutrisi yang berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan Si Kecil bukan hanya untuk saat ini, tapi juga di masa depan. Jadi, mari mulai terapkan gaya hidup sehat dengan makanan gizi seimbang untuk keluarga di rumah ya, Moms.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait