Pernikahan & Seks

Ketahui Manfaat Orgasme Bersamaan dengan Suami dan Cara Mendapatkannya

Ada manfaat lain yang mungkin belum Moms ketahui
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam berhubungan seks, orgasme merupakan bentuk klimaks yang dirasakan seseorang. Merasakan orgasme jadi faktor yang berkaitan dengan hubungan intim yang bahagia.

Tahukah Moms, bahwa orgasme ini bisa dicapai bersamaan dengan suami? Hal ini yang dinamakan dengan "orgasme bersamaan" atau shared orgasm. Ada beberapa manfaat dari orgasme bersamaan dengan suami.

Tetapi, dalam jurnal Socioaffective Neuroscience & Psychology, disebutkan bahwa mekanisme yang mendasari terjadinya orgasme masih kurang dipahami.

Cari tahu lebih lanjut seperti apa manfaat dari orgasme yang terjadi bersamaan dengan suami, dan bagaimana cara untuk bisa melakukannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mencapai Multiorgasme Saat Bercinta, Pernah Coba?

Manfaat Orgasme Bersamaan dengan Suami

manfaat orgasme bersamaan-1

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya meningkatkan kualitas hubungan seksual, tetapi ada juga manfaat lain dari orgasme bersamaan dengan suami. Ketahui apa saja manfaatnya berikut ini.

1. Kepuasan Terhadap Hubungan (Afterglow)

Sebuah penelitian dalam jurnal Association for Psychological Science yang mengkaji pasangan baru menikah, menunjukkan bahwa pasangannya mengalami 'perasaan senang usai seks' atau afterglow selama 2 hari.

Perasaan senang ini berkaitan dengan dengan kualitas kepuasan terhadap hubungan dalam jangka panjang.

"Orang-orang dengan perasaan senang seksual yang lebih kuat melaporkan tingkat kepuasan hubungan yang lebih tinggi selama beberapa bulan kemudian," jelas Dr. Andrea Meltzer, ilmuwan psikolog sekaligus penulis utama penelitian tersebut.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tidak hanya memberikan perasaan seksual yang puas, orgasme bersamaan dengan suami juga dapat memberikan manfaat kesehatan dengan mengurangi risiko terhadap penyakit jantung lho, Moms.

Dalam Journal of Health And Social Behavior, disebutkan bahwa pria yang mengalami lebih banyak orgasme punya risiko lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung koroner.

3. Kesehatan Mental Jadi Lebih Baik

Selain mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada laki-laki, manfaat orgasme bersamaan juga dapat membuat kesehatan mental wanita menjadi lebih baik.

Pada Journal of Sexual Medicine, ditemukan manfaat kesehatan dari aktivitas seksual dan menunjukkan bahwa peningkatan frekuensi hubungan intim berkaitan dengan hasil kesehatan mental yang lebih baik.

Aktivitas seksual, terutama orgasme, memicu pelepasan oksitosin, yang mendorong keintiman ikatan dan dapat membantu menghilangkan stres, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Orgasme Tidak Terkontrol, Mengapa Bisa Terjadi?

Tips Mencapai Orgasme Bersamaan dengan Suami

manfaat orgasme bersamaan-2

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diakuim bahwa untuk mencapai orgasme bersamaan ini memang tidak mudah. Tetapi, Moms dan Dads bisa melakukan beberapa tips berikut ini, mengutip dari Shape.

1. Perhatikan Pola Saat Berhubungan

Ini menjadi salah satu hal dasar yang perlu diperhatikan. Coba amati siapa yang biasanya mencapai klimaks terlebih dahulu dan saat seperti apa momen orgasme tersebut terjadi?

Memerhatikan dengan tepat kapan Moms dan pasangan mengalami orgasme dapat membantu untuk membuat strategi baru agar bisa mencapai orgasme bersamaan.

2. Jangan Terburu-buru

Meskipun tidak semua orang memiliki waktu berhubungan intim yang lama, tetapi bukan berarti Moms atau pasangan harus melakukannya secara terburu-buru.

Untuk bisa menikmati manfaat dari orgasme bersamaan, selalu ingat pentingnya foreplay untuk membangkitkan gairah satu sama lain sebelum berhubungan seks.

Sesuaikan fisik dan mental pasangan terhadap satu sama lain sebelum melakukan penetrasi.

3. Temukan Posisi yang Sempurna

Jika Moms atau pasangan merasakan orgasme dari seks penetrasi, cari tahu bila ada posisi seks tertentu atau aktivitas foreplay yang membantu tercapainya orgasme.

Dari sini, coba tentukan kecepatan dan tempo untuk membuat Moms dan pasangan sama-sama mendekati klimaks dan merasakan manfaat dari orgasme bersamaan.

4. Tetap Berlatih

Seperti hal lainnya, mencapai orgasme bersamaan memerlukan usaha. Demi mendapatkan kualitas hubungan intim yang terbaik, jangan cepat menyerah karena hasilnya pun akan sepadan.

Dibutuhkan latihan, kesabaran, dan kemauan untuk bersenang-senang. Jangan merasa frustrasi. Cobalah ide foreplay baru, bereksperimen dengan sex toy, atau coba berbagai posisi seks hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itu dia Moms, manfaat dari orgasme bersamaan dan tips untuk bisa mencapainya.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Orgasme untuk Kulit Berikut Ini!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait