Kesehatan

KESEHATAN
11 Januari 2021

13 Manfaat Pakcoy, Bikin Kenyang Lebih Lama

Pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya manfaat untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pakcoy merupakan sayuran asal cina yang sudah mulai mendunia. Kalau dilihat sekilas, pakcoy mirip dengan sawi hanya saja bentukya lebih kecil dan pendek.

Selain rasanya yang enak, manfaat pakcoy juga dapat dirasakan oleh tubuh. Melansir Medical News Today sayuran ini sangat kaya nutrisi dan juga rendah kalori. Cocok sekali untuk menjadi menu Moms yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Menurut Data Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) 1 cangkir atau setara 70 gram pakcoy segar mengandung sekitar 9 kalori .

Pakcoy juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk fosfor, seng, natrium, tembaga, mangan, selenium, niasin, folat, kolin, beta-karoten, dan vitamin K. Tak heran, kalau pakcoy menjadi urutan keenam dalam Aggregate Nutrient Density Index (ANDI) untuk kategori buah dan sayuran.

Indeks tersebut menilai makanan tidak hanya berdasarkan kandungan vitamin dan mineralnya, tetapi juga komposisi fitokimia dan kapasitas antioksidannya.

Sayuran kucifer, seperti bok choy, kaya akan glukosinolat. Ini adalah senyawa yang mengandung sulfur yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam berbagai cara. Selain cocok untuk diet, manfaat pakcoy juga bisa dirasakan oleh ibu hamil dan bayi loh Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Pakcoy untuk Ibu Hamil

Jurnal Nutrients menjelaskan status gizi selama kehamilan memiliki dampak signifikan pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. Kebutuhan makronutrien seperti energi dan protein meningkat selama kehamilan untuk mempertahankan hemeostatus ibu sekaligus mendukung pertumbuhan janin.

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kebutuhan kalsium, asam folat dan zat besi pada ibu hamil juga bertambah.

Sayuran hijau, seperti pakcoy mengandung kandungan makro dan mikronutrien yang sangat tinggi. Pakcoy tinggi akan kalsium dan juga asam folat. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk ibu hamil. Berikut manfaat pakcoy untuk ibu hamil.

1. Membantu Pertumbuhan Tulang pada Janin

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Manfaat pakcoy untuk ibu hamil salah satunya adalah membantu pertumbuhan tulang pada janin. Karena pakcoy kaya akan kandungan kalsium. Moms bisa memasukan pakcoy sebagai salah satu sayuran selama masa kehamilan ya Moms.

2. Mencegah Cacat Tuba Saraf

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Pakcoy juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Nutrisi satu ini sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mencegah terjadinya cacat tuba saraf.

Cacat tabung saraf adalah cacat lahir pada otak, tulang belakang, atau sumsum tulang belakang. Hal itu biasanya terjadi pada bulan pertama kehamilan, bahkan bisa terjadi saat Moms belum mengetahui kehamilan tersebut. Ada dua jenis cacat tabung saraf yang paling umum, yaitu spina bifida dan anencephaly.

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Manfaat Pakcoy untuk Bayi

Selain untuk ibu hamil, manfaat pakcoy juga bisa dirasakan oleh bayi. Moms bisa menambahkan pakcoy sebagai campuran dalam MPASI si kecil juga lho Moms. Berikut manfaat pakcoy untuk bayi yang perlu Moms ketahu

3. Melancarkan Pencernaan Bayi

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Sama seperti sayuran hijau lainnya, pakcoy juga kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan pada bayi Moms. Memberikan pakcoy sebagai sayuran tambahan setiap hari dapat mencegah bayi Moms mengalami sembelit.

Journal of Pediatric Health Care menyebutkan sembelit atau susah bab adalah masalah umum yang terjadi pada bayi dan juga balita.

4. Mencegah Infeksi Virus

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Pakcoy tinggi akan kandungan vitamin C. Kandungan ini merupakan salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh. Senyawa antioksidan dapat membantu mencegah tubuh dari paparan radikal bebas dan meningkatkan imunitas. Seperti yang diketahui, imunitas yang baik dapat mencegah infeksi virus dan bakteri pada bayi Moms.

5. Menjaga Sistem Penglihatan

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Kandungan beta-karoten yang kaya dalam pakcoy dapat membantu kesehatan mata pada bayi Moms. Selain itu, pakcoy juga dapat mencegah penyakit mata degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak.

Manfaat Pakcoy untuk Diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan kalori di dalam pakcoy sangat rendah, sehingga sangat cocok untuk Moms yang sedang menjalani program diet untuk penurunan berat badan. Berikut manfaat pakcoy untuk diet.

6. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Makanan yang tinggi akan serat dapat membantu Moms lebih cepat kenyang, sehingga porsi makan tidak berlebihan. Tak hanya itu, konsumsi pakcoy selama program diet juga bisa membantu Moms merasa kenyang lebih lama.

7. Dapat Diolah dengan Berbagai Bahan Makanan

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Salah satu tantangan saat diet adalah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja ya Moms. Kalau Moms ingin mencoba menu baru, tetapi tetap sehat dan bebas kalori bisa mencoba olahan pakcoy nih. Karena sayran yang juga dikenal dengan sawi sendok ini bisa dikreasikan dengan bahan makanan apapun dan pastinya tetap rendah kalori Moms.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

8. Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang tinggi di dalam pakcoy membuat sayuran ini masuk dalam kategori super food di beberapa negara. Berikut manfaat pakcoy untuk kesehatan.

9. Menstabilkan Tekanan Darah

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Kandungan Kalium, kalsium, dan magnesium yang ada di dalam pakcoy dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, setiap orang harus meningkatkan asupan kalium. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 mg potasium setiap hari menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi.

Konsumsi natrium yang tinggu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Setiap orang tidak boleh konsumsi natrium lebih dari 1500 miligram (mg) per hari.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 serta kolesterol yang rendah di dalam pakcoy dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Dalam artikel yang diterbitkan pada 2011 oleh National Health and Nutrition Examination Study (NHANES) menjelaskan bahwa orang yang terlalu banyak konsumsi natrium dan kurang kalium lebih berisiko terkena penyakit kardivaskular.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Kolagen dibentuk dengan mengandalkan vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pakcoy kaya akan kandungan vitamin C sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

12. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi. Penderita diabetes tipe ini biasnaya akan mengalami gejala seperti rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan kelelahan. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko terkena masalah serius pada mata, jantung, dan saraf Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau, seperti pakcoy dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

13. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

XX Manfaat Pakcoy

foto: freepik.com

Pakcoy dan sayuran hijau lainnya dipercaya dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Karena di dalam sayuran ini mengandung glukosinolat atau zat yang dapat melawan penyakit di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan beta-karoten yang kaya membantu tidak hanya mencegah kanker tetapi juga mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh perkembangbiakan sel kanker.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah, Bolehkah?

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat pakcoy untuk tubuh. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran ini ke dalam menu makanan harian ya Moms.

Artikel Terkait