Pernikahan & Seks

18 November 2021

Ini Dia 8 Manfaat Pegangan Tangan dengan Pasangan yang Jarang Diketahui

Ternyata manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan dan kualitas hubungan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Nyatanya, pegangan tangan adalah hal yang biasa Moms lihat dan lakukan setiap hari. Itu bisa menandakan persahabatan, cinta, atau kasih sayang orangtua dan anak. Namun, tahukah Moms bahwa perilaku kecil yang cukup umum dilakukan ini ternyata mampu memicu reaksi kimia dalam pikiran yang membuat Moms merasa dicintai, bahagia, diperhatikan, dan dihormati.

Komunikasi non-verbal juga cukup penting untuk memahami perilaku manusia. Pegangan tangan adalah salah satu cara mendasar yang manusia saling lakukan dan ini dapat berdampak positif pada kehidupan. Saat pegangan tangan, saraf di kulit akan berkomunikasi dengan sistem saraf inti sehingga menghasilkan hormon yang membuat Moms merasa nyaman dan hangat. Para ahli juga terus mengeksplorasi manfaat pegangan tangan dan efek psikologis yang terjadi karenanya.

Baca Juga: Ini 10 Tanda Pasangan Terlalu Clingy, Waspadai!

Manfaat Pegangan Tangan untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat pegangan tangan yang mungkin belum Moms sadari:

1. Meredakan Stres

pegangan tangan

Foto: quotesgram.com

Manfaat pegangan tangan dengan pasangan yang pertama adalah menurunkan tingkat hormon stres yang disebut kortisol. Bahkan sentuhan teman atau rekan tim dapat membuat Moms merasa lebih puas, terhubung, atau memiliki persepsi lebih baik akan diri sendiri.

Saat stres, sentuhan ringan di tangan kita dapat membantu meredakan ketegangan, baik secara fisik maupun mental. Kulit juga menjadi lebih sensitif ketika kortisol mengalir deras melalui aliran darah, sehingga sentuhan uluran tangan akan memiliki dampak yang jauh lebih besar. Konsentrasi terbesar dari ujung saraf sebenarnya terdapat di dalam tangan dan ujung jari.

Jadi, lain kali Moms mengalami hari yang sangat berat, mendekatlah dengan pasangan atau teman dan habiskan sisa hari dengan berpegangan tangan dengan mereka.

2. Meningkatkan Ikatan Cinta

Oksitosin adalah hormon di balik manfaat pegangan tangan ini. Oksitosin akan memperkuat empati dan komunikasi antara pasangan dalam suatu hubungan, yang terbukti menjadi faktor pendukung untuk hubungan yang bahagia dan langgeng. Berpegangan tangan dengan pasangan juga akan meningkatkan hubungan dan menciptakan ikatan yang akan mempengaruhi kualitas hubungan secara signifikan.

Pasangan yang memiliki hubungan bahagia akan berpegangan tangan secara otomatis, terkadang tanpa disadari, karena kebiasaan yang dikembangkan oleh sistem saraf mereka. Tanpa disadari, berpegangan tangan menghasilkan oksitosin, yang membuat Moms merasa lebih bahagia dan lebih dicintai.

Baca Juga: Simak 11 Tanda Pasangan Suami Istri Butuh Konseling Pernikahan

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

pegangan tangan

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Journal of Behavioral Medicine, selain menghilangkan stres, berpegangan tangan dengan pasangan menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Saat Moms bergandengan tangan dengan orang yang dicintai, Moms tidak hanya meredakan stres dan meningkatkan hubungan, tetapi juga memberikan sensasi nyaman yang membantu jantung. Kekuatan sentuhan hangat melampaui manfaat kesehatan bagi jantung; sebuah studi dari mendukung klaim ini.

4. Menghilangkan Rasa Sakit

Saat menahan rasa sakit, manusia memiliki refleks alami untuk mengencangkan ototnya. Saat persalinan, para suami biasanya berada di dalam ruang bersalin sambil memegang tangan istri mereka saat mengejan. Refleks untuk menggenggam tangan pasangan ini datang secara otomatis. Sebab akan selalu lebih mudah untuk menahan rasa sakit sambil berpegangan tangan dengan belahan jiwa.

Baca Juga: 8 Mitos Hadiah yang Bikin Langgeng untuk Diberikan pada Pasangan

5. Melawan Rasa Takut

pegangan tangan

Foto: beautylicieuse.com

Masih ingat adegan mengerikan di film horor terakhir yang Moms lihat dan membuat Moms ingin melompat dari kursi? Untungnya, kekasih ada bersama untuk memegang tangan dan membuat Moms merasa aman. Otak manusia merespons rangsangan mendadak menggunakan adrenalin. Stimulasi ini pun membuat darah terpompa dan melepaskan kortisol tingkat tinggi ke seluruh tubuh.

Selama momen-momen ini, reaksi alami manusia adalah berpegangan tangan dengan seseorang yang Moms percayai. Ini bervariasi dari orang ke orang, tetapi sebagian besar wanita akan langsung meraih tangan pasangannya. Itulah cara intuitif untuk melawan rasa gugup.

6. Memberikan Rasa Aman

Pegangan tangan yang sederhana adalah sumber keamanan dan kenyamanan bagi anak kecil. Ingat ketika orang tua Anda mengajari cara menyeberang jalan atau mengantar ke trotoar yang ramai? Atau ketika sedang belajar naik sepeda? Mengutip Paediatrics Child Health, rasa tidak aman menghilang ketika ada tangan yang bisa digenggam sehingga memungkinkan anak-anak untuk lebih mudah menaklukkan rintangan.

Rasa aman yang diberikan orang tua kepada anak-anak mereka dengan berpegangan tangan membentuk perilaku dan cara berpikir anak-anak mereka. Selain itu, sensasi keamanan berjalan dua arah, artinya, orang tua juga merasa lebih aman ketika anak-anak mereka berada dalam genggaman mereka.

7. Terasa Sangat Nyaman

pegangan tangan

Foto: istockphoto.com

Semua orang menyukai kenyamanan. Sensasi gandengan tangan seringkali memberikan rasa nyaman saat berbincang jalan-jalan dengan kekasih. Contoh yang bagus adalah berpegangan tangan di dalam saku jaket untuk menghangatkannya di malam musim hujan saat berjalan-jalan di luar rumah. Pegangan tangan memberikan sensasi yang indah dan memberikan waktu berkualitas dengan orang-orang yang disayangi.

Baca Juga: Pasangan Melakukan Silent Treatment Kalau Ngambek? Ini Cara Mengatasinya

8. Menyinkronkan Gelombang Otak

Studi telah menunjukkan bahwa gelombang otak pasangan tersinkronisasi saat mereka bersentuhan. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya? Berpegangan tangan! Gelombang otak yang disinkronkan berarti pasangan merasakan koneksi dan empati yang lebih besar satu sama lain.

Sentuhan adalah bahasa tersendiri yang dapat dirasakan dan dibaca oleh penerima. Gaya berpegangan tangan berikut ini juga memiliki makna yang unik dan dapat dikomunikasikan:

  • Jari-jari yang terjalin longgar: Rasa sayang dan keamanan
  • Membungkus tangan: Ikatan yang kuat dan protektif
  • Pegangan dengan teguh: Mengambil alih dalam hubungan
  • Jalinan jari: Rasa kebutuhan dan cinta untuk yang lain
  • Tangan di atas: Perasaan perlindungan untuk yang lain
  • Jari saling bertautan yang santai: Hubungan yang menyenangkan dan upaya untuk menggoda
  • Memegang pergelangan tangan: Hubungan yang penuh gairah

Baca Juga: 65 Rangkaian Kata-Kata Anniversary yang Menyentuh Hati untuk Pasangan, Romantis!

Berpegangan tangan adalah hal yang sangat baik. Manfaat pegangan tangan juga banyak, seperti memungkinkan pasangan untuk mengkomunikasikan cinta, kepercayaan, dan empati serta meningkatkan kesehatan fisik, mengurangi rasa sakit dan stres, dan membangun keintiman. Jadi, lakukanlah hal ini sesering mungkin dengan pasangan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan!

  • https://www.huffpost.com/entry/power-of-holding-hands_n_57435a8be4b00e09e89fc162
  • https://www.healthline.com/health-news/holding-a-loved-ones-hand-eases-pain-and-syncs-brainwaves
  • https://www.culturaldaily.com/10-benefits-of-holding-hands-with-someone-you-love/
  • https://www.lifehack.org/355489/study-discovers-7-surprising-benefits-holding-hands
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait