Kesehatan

KESEHATAN
9 November 2017

Manfaat Penting Donor Darah untuk Kecantikan

Ternyata donor darah tidak hanya baik untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Beberapa dari kita mungkin belum pernah mendonasikan darah untuk orang-orang yang membutuhkan. Banyak yang merasa ngeri melihat jarum suntik atau takut merasa lemas setelah donor darah.

Padahal, selain dapat menyelamatkan nyawa, donor darah juga memberikan keuntungan pada Moms. Mendonorkan darah bisa membuat Moms sehat, misalnya mengurangi risiko kanker.

Tidak hanya itu, menurut presenter sekaligus dokter Nycta Gina, donor darah ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan, lho! Apa saja manfaat donor darah untuk wanita?

Menurunkan Berat Badan

Moms sedang menjalankan program diet? Kalau sudah melakukan diet ketat tetapi berat badan tidak turun juga, coba saja donor darah. Dengan mendonasikan darah, Moms bisa mencegah terjadinya obesitas dan dapat menurunkan berat badan dengan membakar kalori tubuh si pendonor hingga 650 kalori.

Hal ini sama saja seperti 1 jam bersepeda statis di rumah. Penelitian ini bahkan telah dibuktikan oleh University of California di San Diego, Amerika Serikat.

Mencegah Penuaan Dini

Tahukah Moms, donor darah ternyata dapat membuat wajah tampak lebih muda? Donor darah secara rutin rupanya dapat membantu kulit beregenerasi atau membentuk sel-sel darah baru sehingga membuat kulit lebih kencang dan mencegah munculnya keriput. Jadi, tidak perlu repot-repot datang ke klinik kecantikan lagi, Moms.

Mengurangi Beban Pikiran

Tidak hanya untuk kecantikan, mendonorkan darah juga dapat membantu Mama lebih rileks dan tenang. Pikiran menjadi lebih stabil dan Mama jadi lebih fokus dengan pekerjaan. Hal ini dikarenakan fungsi jantung yang lebih sehat setelah zat besi yang berlebihan dalam darah telah berkurang.

Umur Lebih Panjang

Siapa yang tidak mau memiliki umur panjang? Sebuah studi di Amerika mempublikasikan sebuah jurnal yang menjelaskan bahwa para pendonor cenderung dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan mereka yang tidak pernah mendonasikan darah sama sekali. Namun, bukan berarti Moms bisa mengontrol kematian, ya, karena tentu semuanya sudah ada yang mengatur.

Sekilas informasi mengenai macam-macam manfaat penting donor darah untuk kecantikan wanita. Namun, sebelum mendonasikan darah, sebaiknya cek terlebih dahulu kesehatan Moms, apakah dapat berpengaruh buruk pada Moms.

Bagaimanapun juga, donor darah merupakan proses yang terjamin aman. Dengan mendonorkan darah sebanyak 500 ml, Mama bisa menyelamatkan nyawa tiga orang. Jadi, apakah Mama tertarik mendonorkan darah secara rutin?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait