Kesehatan

KESEHATAN
29 November 2020

10 Manfaat Petai Cina yang Pohonnya Mulai Sulit Ditemui

Manfaat petai cina untuk kesehatan banyak sekali yang bisa Moms rasakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Petai cina merupakan salah satu makanan yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya, makanan yang satu ini sering diolah menjadi beberapa menu, seperti botok petai atau ditumis dengan ikan teri asin.

Walaupun namanya petai, buah ini tidak mengeluarkan bau seperti petai biasanya. Petai cina justru memiliki rasa mirip kacang polong karena bentuknya yang kecil. Petai cina juga dikenal dengan nama Lamtoro di beberapa daerah.

Pohon petai cina berasal dari meksiko dan sekitaran Amerika Tengah, kemudian penjajah Spanyol membawa bibit pohon ini ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, pohon petai cina awalnya banyak terdapat di pulau jawa, kemudian tersebar ke seluruh Indonesia. Saat ini sudah banyak orang yang merasakan manfaat petai cina untuk kesehatan, selain diolah menjadi makanan. Bahkan, di negara lain, seperti Tiongkok, hampir semua bagian dari pohon petai cina dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Baca Juga : Jengkol VS Petai, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

Selain rasanya yang enak, petai cina juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam 100 gram petai cina mengandung 148 kalori, 10,6 gram protein, 0,5 gram lemak, 26,2 gram hidrat arang, 155 miligram kalsium, 59 miligram fosfor, 2,2 miligram besi. Serta mengandung berbagai vitamin A, B1, dan C.

Apa saja manfaat petai cina untuk kesehatan yang dapat Moms rasakan? Melansir berbagai sumber, berikut manfaat petai cina untuk kesehatan.

1. Dapat Meredakan Penyakit Kulit Psoriasis

XX Manfaat Petai Cina

foto: resepsegalamasakan.web.id

Petai cina dapat membantu penderita penyakit kulit psoriasis. International Journal of Molecular Sciences menjelaskan psoriasis adalah penyakit kulit inflamasi kronis dengan predisposisi genetik yang kuat dan sifat patogen autoimun.

Penyakit ini tidak menular, tetapi jika dibiarkan menyebar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat. Psioriasis cukup menyiksa karena terasa gatal, kemerahan, caesar dan kering di kulit.

Untuk meringankan penyakit psoriasis ini Moms bisa memanfaatkan petai cina. Caranya Moms dapat menghaluskan biji petai kemudian tempelkan pada area yang terkena penyakit kulit psoriasis.

Selain dijadikan obat luar, Moms juga dapat memanfaatkan petai cina dengan cara dikonsumsi secara langsung. Moms bisa mengolahnya menjadi menu makanan atau sekedar direbus.

2. Mampu Membunuh Cacing di Tubuh

Cacingan merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh anak-anak ya Moms. Penyakit cacingan dapat menyerang sistem pencernaan, sehingga berat badan si kecil susah bertambah.

Kalau anak Moms mengalami masalah ini, coba manfaatkan biji petai cina sebagai obat. Karena salah satu manfaat petai cina adalah mengobati penyakit cacingan. Moms hanya perlu meminta si kecil untuk konsumsi secara langsung.

Manfaat petai cina untuk mengobati cacingan sudah banyak dimanfaatkan di Tiongkok dan seluruh dunia. Senyawa yang ada di dalam petai cina dipercaya dapat menghilangkan cacing gelang dan cacing cincin di dalam tubuh.

3. Mengobati dan Mencegah Diabetes Melitus

XX Manfaat Petai Cina

foto: eventkampus.com

Jurnal American Diabetes Association menjelaskan bahwa diabetes merupakan penyakit metabolic yang ditandai dengan hiperglikemia karena adanya kerusakan kerja insulin di dalam tubuh. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini, termasuk pola makan dan juga keturunan.

Selain menggunakan obat-obatan kimia, Moms bisa mencoba manfaat petai cina untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Karena banyak orang percaya ekstrak biji petai cina dapat mengobati penyakit diabetes melitus.

Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh ITB pada 2013 lalu bahwa ekstrak biji petai cina memilii toleransi terhadap glukoksa dalam darah. Penelitian tersebut menggunakan tikus dan diberikan secara oral dengan dosis tertentu.

Baca Juga: Tidak Bisa Ditolak, Ini 5 Olahan Makanan dari Petai yang Menggugah Selera

4. Meningkatkan Gairah Seks

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, petai cina juga bermanfaat untuk kehidupan sex. Moms hanya perlu mencampur satu sendok makan petai cina dengan 1 sendok makan lada hitam kasar, dua butir kuning telur ayam mentah serta 1 sendok makan madu. Campur semua hingga rata, kemudian minum sampai habis.

Konsumsi campuran ini setiap kali akan berhubungan agar gairah seks Moms dan pasangan akan semakin meningkat.

5. Menetralisir Racun di Dalam Tubuh dan Mengobati Penyakit Kanker

XX Manfaat Petai Cina

foto: tokpedia.com

Kondisi udara yang saat ini sudah dapat menyebabkan tubuh terpapar radikal bebas. Terlalu sering terkena radikal bebas dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit degenaratif, seperti kanker atau diabetes. Biji petai cina dapat diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi risiko kanker. Cara mengonsumsinya bisa dengan cara diseduh atau dimakan langsung.

Salah satu kandungan yang ada di dalam petai cina adalah zat tanin. Suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, salah satu manfaat zat ini adalah menetralisir racun di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Mata

Moms yang dituntut untuk selalu berada di depan computer, harus mulai memperhatikan kesehatan mata. Selain wortel, Moms juga dapat konsumsi petai cina untuk menjaga kesehatan matan

Kandungan vitamin A yang ada di dalam petai cina sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Moms bisa menjadikan petai cina sebagai variasi menu di rumah selain wortel untuk menjaga kesehatan mata karena terlalu banyak di depan gadget ya Moms.

Menjaga Kesehatan Tulang

XX Manfaat Petai Cina

foto : steemit.com

Petai cina mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang seperti fosfor, protein, kalian, tembaga, kalsium, besi, tembaga dan seng yang cukup banyak.

Hal ini menunjukan bahwa, konsumsi petai cina dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Sehingga Moms dapat terhindar dari radang sendi, kram, rematik serta meminimalkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Baca Juga: Sedapnya Terong Petai Balado, Yuk Lihat Resepnya di Sini!

Manfaat Daun dan Batang Pohon Petai Cina

Manfaat petai cina tidak hanya didapatkan hanya dari bijinya. Karena bagian lain, seperti daun dan juga batang pohon petai cina memiliki manfaat untuk kesehatan. Moms berikut manfaat daun dan batang pohon petai cina untuk kesehatan yang wajin diketahui.

8. Mampu Meredakan Nyeri

XX Manfaat Petai Cina

foto: emakcantik.com

Selain bijinya, bagian lain dari pohon petai cina juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Kulit batang pohon petai cina juga dapat membantu meredakan nyeri atau dijadikan analgesik alami.

Di beberapa negara banyak yang memanfaatkan kulit kayu petai cina sebagai obat herbal untuk menghilangkan nyeri otot atau kram saat haid. Sayangnya, cara ini belum banyak diketahui oleh orang Indonesia.

9. Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Setelah biji dan daun batang pohon, Moms juga dapat memanfaatkan daun petai cina untuk kesehatan kulit. Daun petai cina mengandung enzim alamai yang dapat memicu pembentukan kolagen pada sel kulit sehingga Moms dapat terhindar dari kulit kusam.

Saat ini sudah banyak kalangan yang memanfatkan daun petai cina untuk kesehatan kulit. Karena selain mencegah kulit kusam, daun petai cina juga dapat mengatasi kulit kering dan mencegah keriput pada wajah.

Moms juga dapat memanfatkan ekstrak daun petai cina untuk untuk toner yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, melembapkan serta menutrisi kulit. Moms jangan ragu untuk mencoba yang alami sebelum kimia ya.

10. Mengurangi Pembengkakan dan Menyembuhkan Luka

Daun petai cina juga memiliki manfaat untuk penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, Moms hanya perlu menumbuh daun petai cina hingga halus kemudian letakkan ke bagian tubuh yang luka atau membengkak. Lakukan hingga luka tersebut mengering dan pembengkakan berkurang. Cara ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sejak lama lho Moms.

Baca Juga: Resep Tumis Udang Petai untuk Makan Malam Ramadan Istimewa

Pohon Petai Cina Mulai Sulit Ditemui

XX Manfaat Petai Cina

foto: blogspot.com

Manfaat petai cina memang sangat banyak untuk tubuh. Bukan hanya bijinya, tetapi juga daun serta batang pohon juga sudah dimanfaatkan untuk kesehatan. Sayangnya, saat ini pohon petai cina sudah sangat sulit ditemukan di beberapa daerah. Hal ini dikarenakan adanya serangan hama wereng yang membuat pohon-pohon tersebut tidak dapat tumbuh dengan baik.

Moms, sudah tahukan manfaat petai cina apa saja? Moms tidak perlu ragu lagi untuk konsumsi makanan yang satu ini ya Moms. Karena selain enak diolah menjadi menu masakan, Moms juga bisa merasakan manfaat petai cina untuk kesehatan keluarga di rumah.

Tak hanya itu, Moms juga enggak perlu takut konsumsi petai cina. Karena walaupun namanya petai, makanan satu ini tidak mengeluarkan bau seperti petai biasanya. Sensasi rasa yang diberikan oleh petai cina lebih mirip dengan kacang polong Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait