3-12 bulan

3-12 BULAN
18 Mei 2020

3 Manfaat Pijat Bayi untuk Kulit Si Kecil

Bisa menutrisi kulit bayi juga lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pijatan adalah cara yang baik bagi Moms untuk mengekspresikan cinta dan perawatan untuk bayi. Pijat bayi juga dapat menenangkan bayi dan membantunya tidur lebih lelap.

Pijat bayi memiliki banyak manfaat tambahan untuk Si Kecil, termasuk meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi rasa sakit pada gigi.

Bahkan pijat bayi dipercayas sebagai cara yang bagus untuk Moms dan pasangan menjalin ikatan dengan bayi, dan merasakan rileks.

Selain itu, menurut jurnal The Benefits of Infant Massage yang diterbitkan oleh Michigan State University, kesehatan fisik, kesehatan mental, dan perkembangan bayi semuanya dipengaruhi oleh pijatan bayi.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Manfaat Pijat Bayi untuk Kesehatan Kulit

pijat bayi

Foto: pbcexpo.com.au

Pijat bayi adalah gerakan lembut yang membelai tubuh bayi dengan ritme tertentu. Moms dapat menggunakan minyak atau pelembap yang membantu tangan agar bisa meluncur dengan lancar di kulit bayi.

“Sentuhan yang penuh kasih sayang dan gerakan ritmis adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat antara bayi dan orang tua, jadi merupakan cara yang bagus untuk menjalin ikatan," kata K. Mark Sossin, direktur Parent-Infant Research Nursery di Pace Universitas, di Kota New York.

Sebagai bagian dari rutinitas pijatan, Moms bisa mengajak bayi berbicara dengan lembut, bersenandung, atau bernyanyi untuk bayi saat sedang memijat.

Pijat bayi ini selain memiliki manfaat untuk kesehatan bayi, juga baik untuk kulit bayi. Simak manfaatnya untuk kulit bayi di bawah ini ya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

1. Menenangkan Kulit Bayi

Fakta telah menunjukkan bahwa memijat bayi dapat mengurangi tangisan dan kerewelan bayi, membantunya tidur lebih tenang, dan meringankan berbagai permasalahan bayi lainnya, karena pijat bayi juga menangkan kulit bayi, sehingga Si Kecil merasa nyaman.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa pijat bayi dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kulit bayi untuk melawan kuman.

2. Menutrisi Kulit Bayi

Saat memijat kulit bayi, Moms pasti akan menggunakan baby oil terbaik yang aman untuk digunakan pada kulit bayi, misalnya minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki efek pendinginan, teksturnya ringan dan mudah diserap ke dalam kulit. Minyak ini juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri, sehingga Moms bisa yakin bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk kulit bayi.

Baca Juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

3. Memberikan Vitamin untuk Kulit Bayi

Manfaat pijat bayi selanjutnya adalah memberikan asupan vitamin pada kulit bayi.

Misalnya, jika Moms menggunakan minyak almond, minyak ini kaya akan vitamin E. selain itu juga wangi dan membuat kulit bayi terasa lembut dan kenyal.

Jadi jika Moms ingin menggunakan minyak almond, disarankan untuk hanya menggunakan minyak almond murni untuk pijatan bayi.

Itu dia Moms beberapa manfaat pijat bayi untuk kulit Si Kecil. Yuk mulai pelajari cara melakukan pijat bayi agar buah hati mendapatkan berbagai manfaatnya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait