Kesehatan

KESEHATAN
16 Juli 2020

Ketahui 4 Manfaat Pilates untuk Tubuh Berikut Ini

Sering disebut mirip dengan olahraga yoga, apa sebenarnya manfaat dari pilates?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernahkah mencoba pilates? Olahraga satu ini mulai banyak diminati dan dinilai mirip dengan yoga. Faktanya, yoga memang menjadi satu bagian dari pilates. Lalu, apa saja manfaat pilates untuk tubuh?

Pilates adalah rangkaian latihan yang menggabungkan olahraga senam, yoga, dan balet. Dilansir dari Better Health Channel, pilates terbentuk pada tahun 1920-an oleh Joseph Pilates.

Joseph memperkenalkan pilates untuk membantu atlet dan penari yang terluka agar bisa kembali berolahraga dan menjaga kebugaran mereka. Jika Moms ingin mencoba pilates, maka itu adalah pilihan yang tepat. Pilates dikenal membantu membentuk postur tubuh. Ini ulasannya.

Baca Juga: Pilates saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin?

Manfaat Pilates untuk Tubuh

Pada dasarnya, pilates adalah latihan yang melibatkan gerakan yang tepat dan teknik pernapasan khusus. Jika Moms mencari latihan aerobik, maka pilates bukan pilihan yang tepat.

Namun, apabila Moms mencari olahraga yang dapat melatih kekuatan tubuh, maka pilates dapat dicoba. Beberapa manfaat pilates untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Melatih Keseimbangan Tubuh

manfaat pilates-1.jpg

Foto: freepik.com

Berbeda dengan latihan aerobik yang punya banyak rangkaian gerakan, pilates lebih membutuhkan pemikiran dan mengandalkan pengulangan. Hal ini membuat Moms harus tetap aktif dan waspada.

Misalnya, berdiri dengan satu kaki dengan mata terbuka dan kemudian tertutup membutuhkan banyak keseimbangan. Nah, manfaat pilates untuk kesehatan tubuh mampu menjaga keseimbangan tubuh dengan baik.

Baca Juga: 8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan

2. Postur Tubuh Membaik

manfaat pilates.jpg

Foto: freepik.com

Melalui pilates, Moms akan melakukan banyak peregangan dan hal tersebut akan menjaga fleksibilitas tubuh membaik. Selain itu, pilates juga melibatkan gerakan-gerakan yang mampu menjaga postur tubuh dengan baik.

"Pilates mampu menguatkan perut dan panggul serta mempertahankan postur tubuh yang baik. Pilates juga memiliki koneksi pikiran/tubuh yang kuat sehingga melatihkan fokus untuk meningkatkan fleksibilitas,” ungkap Dr. Melissa Ratini, spesialis kedokteran keluarga dari Bensalem.

Namun, menurut WebMD, apabila Moms memiliki nyeri punggung bawah kronis, sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah bisa melakukan pilates atau tidak. Alasannya, pilates bertujuan memperkuat otot inti yang bisa menambah rasa nyeri pada punggung.

3. Melatih Kekuatan Tubuh

manfaat pilates-3.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Better Health Channel, manfaat pilates untuk tubuh dapat menjadi latihan yang tepat untuk melatih kekuatan tubuh seseorang.

Misalnya, latihan pilates yaitu meluruskan satu kaki sehingga jari-jari kaki mengarah ke langit-langit, dan menggunakan kaki yang lain untuk perlahan mengangkat dan menurunkan tubuh.

Gerakan ini mengharuskan otot perut dan bokong yang kencang agar menjaga pinggul Moms tetap tegak dan perhatian tetap fokus. Hal ini membuktikan pilates adalah latihan yang tepat untuk membentuk kekuatan tubuh.

Baca Juga: Mewarnai Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaatnya Bagi Orang Dewasa

4. Menjaga Kesehatan Mental

front-view-happy-woman-doing-exerecises_23-2148521616.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yaitu baik untuk kesehatan mental, termasuk juga pilates. Terlebih lagi, pilates melibatkan fokus pernapasan yang menenangkan sehingga terbukti baik untuk kesehatan pikiran Moms.

"Pernapasan yang dilakukan dalam yoga maupun pilates terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan tekanan darah tinggi. Melatih pernapasan dalam olahraga tersebut juga mendorong aliran darah lebih lancar dan meningkatkan kualitas tidur," ungkap Harkirat Mahal, pendiri dari Motivate PT mengutip Net Doctor.

Pilates juga dapat meningkatkan suasana hati karena aktivitas fisik mampu melepaskan endorfin dan menimbulkan perasaan positif di tubuh. Akhirnya, hal ini juga berpengaruh pada peningkatan rasa percaya diri seseorang.

Nah, itulah beberapa manfaat dari pilates untuk kesehatan tubuh. Jadi, tertarik untuk mencoba latihan pilates?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait