Kesehatan

12 Juli 2021

12 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan, Jarang Orang Tahu!

Pisang tak selalu berwarna hijau atau kuning, lho.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Pisang hijau atau kuning memang sudah biasa. Namun, tahukah Moms tentang pisang merah? Pisang dengan warna ungu kemerahan ini masih masuk ke dalam varietas buah pisang.

Biasanya, ini ditemukan di daerah Asia tenggara, begitu juga di Indonesia.

Rasanya manis dan hampir sama dengan buah pisang pada umumnya. Namun, sebagian orang mengatakan, rasanya sedikit menyerupai raspberry, lho.

Buah ini sering digunakan dalam makanan penutup tapi cocok juga diolah sebagai topping salad ataupun sereal.

Pisang merah memberikan banyak nutrisi penting dan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Yuk, simak di bawah ini, Moms!

Manfaat Pisang Merah untuk Tubuh

Pisang menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Ini adalah buah yang mengandung 11 mineral, 6 vitamin, serat, dan karbohidrat yang tinggi.

Rasanya yang lebih manis dari pisang kuning membuat sebagian orang menyukai jenis pisang ini.

Dengan nama latin Musa acuminate atau Dacca merah, berikut manfaat pisang merah bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Mengandung Beragam Nutrisi Penting

Pisang Merah, Apa itu.jpg

Foto: healthline.com

Seperti pisang kuning, pisang merah juga memberikan nutrisi penting.

Manfaat yang dirasakan bagi tubuh yakni tercukupinya asupan kalium, vitamin C, serta serat.

Pisang merah kecil hanya memiliki sekitar 90 kalori dan sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat.

Kandungan vitamin B6, magnesium, dan vitamin C yang tinggi membuat varietas pisang ini sangat padat nutrisi.

Oleh karenanya, pisang ini dapat bantu meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

2. Menjaga Gula Darah

Diabetes dicegah dengan pisang merah

Foto: Orami Photo Stocks

Studi dalam Research Gate telah menemukan bahwa manfaat pisang merah yakni dapat menjaga gula darah.

Ia memiliki senyawa yang dapat mengatur gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik lebih rendah dapat membantu mengurangi lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba.

Angka indeks glikemik yang rendah pada pisang merah dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Menjaga Tekanan Darah

Pisang Merah untuk Jantung Kekurangan Aliran Darah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung karena perannya dalam mengatur tekanan darah.

Nah, pisang merah ini kaya akan kalium sebanyak 9 persen untuk bantu penuhi asupan hariah.

Mineral penting lainnya untuk mengontrol tekanan darah yang ada dalam pisang merah adalah magnesium.

Satu pisang merah kecil memiliki 8 persen magnesium untuk bantu memenuhi kebutuhan harian Moms dan Dads.

Sebuah tinjauan dari 10 penelitian mencatat bahwa meningkatkan asupan magnesium sebesar 100 mg per hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 5 persen.

Sehingga manfaat pisang ini dapat kira rasakan dari asupan sehari-hari.

Baca Juga: Stroke Saat Hamil, Bagaimana Cara Menanggulanginya? Simak di Sini!

4. Kaya Antioksidan

Manfaat Pisang Merah Apa Saja.jpg

Foto: thenutritionhunt.com

Pisang merah ini kaya akan antioksidan dan vitamin yang meningkatkan kualitas darah serta jumlah hemoglobin.

Pisang merah tampaknya mengandung lebih banyak antioksidan daripada pisang kuning, lho.

Manfaat pisang merah tidak hanya memberikan energi tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Pisang merah mengandung Vitamin B-6 yang membantu pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah.

Antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Dalam Pharmacognosy Review, kelebihan radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan pada akhirnya meningkatkan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

5. Menjernihkan Indra Penglihatan

Penyebab mata bengkak.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Lutein dan beta karoten merupakan dua karotenoid dalam pisang merah yang bantu menunjang kesehatan mata.

Keduanya bermanfaat dalam mencegah degenerasi makula terkait usia, serta kebutaan.

Faktanya, dalam National Library of Medicine, sebuah penelitian menemukan bahwa makan makanan yang kaya lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut sebesar 26 persen.

Selain itu, beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Diketahui bahwa vitamin A merupakan salah satu vitamin terpenting untuk kesehatan mata.

6. Melancarkan Pencernaan

Nutrisi Pisang Merah 2.jpg

Foto: healthyfoodhouse.com

Pisang merah secara tradisional telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan termasuk diare, kembung, dan sembelit.

Pisang jenis ini kaya akan kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan buang air besar.

Studi dalam Nutrients menemukan bahwa ia juga memiliki prebiotik untuk bantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus.

Prebiotik bantu meningkatkan bakteri baik yang memecah serat menjadi nutrisi penting.

Pisang merah juga mengandung oligosakarida yang dapat membantu mengurangi peradangan pada usus.

Baca Juga: 13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

7. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Makanan-yang-Bikin-Kenyang-Lebih-Lama--Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms sedang diet, coba konsumsi pisang merah sebagai camilan.

Pisang merah tinggi serat dan nutrisi, serta relatif rendah lemak dan kalori.

Serat pada pisang membantu meningkatkan rasa kenyang dan dapat bantu menurunkan berat badan.

Tingginya kandungan serat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik pada usus dan mengurangi peradangan.

Karena memberikan rasa kenyang lebih lama, risiko obesitas pun menurun.

8. Bantu Menjaga Kesehatan Kulit

masker pisah untuk wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pisang merah ternyata juga memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan kulit.

Buah ini mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, seperti vitamin C dan karotenoid, yang membantu memperlambat penuaan dini.

Ini karena vitamin C bantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit.

9. Melembapkan Rambut

cara-merawat-rambut-rusak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Banyak juga orang yang menggunakan pisang merah sebagai masker rambut.Jika digunakan, pisang merah bisa melembapkan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Moms bisa menghaluskan pisang dengan kelapa danwijen atau minyak almond untuk melembabkan rambut.

Selain itu, campuran ini juga bantu meredakan masalah seperti ketombe, rambut rontok, dan rambut kering.

Tambahkan beberapa sendok teh lemon ke dalam masker dan oleskan ke seluruh rambut.

Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan rambut.

Baca Juga: 15 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengobati Anemia!

10. Mengurangi Adiksi Nikotin

Tips Melakukan Program Hamil Jika Calon Ibu Pernah Memiliki Kebiasaan Merokok.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam National Library of Medicine, mineral seperti magnesium ternyata dapat membantu meringankan gejala ketergantungan zat nikotin.

Mineral yang terdapat dalam pisang merah ini juga membantu meredakan suasana hati yang buruk dan stres, yang merupakan dua faktor risiko utama merokok.

Studi juga menunjukkan bahwa karotenoid dalam makanan bantu mengurangi rasa ingin merokok. Dengan begitu, risiko kanker paru pada pria jadi jauh lebih rendah.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak data dalam hal ini.

11. Mencegah Anemia

Perbedaan Pisang Merah dan Kuning.jpg

Foto: worldmisc.com

Anemia adalah kondisi serius di mana tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin.

Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh lainnya.

Pisang merah bermanfaat untuk mencegah anemia karena kaya akan vitamin B-6 yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin.

Gejala orang anemia salah satunya adalah mudah lelah serta muka tampak pucat.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

patah tulang metatarsal .jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan kalsium dalam pisang yang membantu mengontrol kesehatan tulang.

Menariknya, konsumsi pisang merah secara teratur dapat mencegah kekeroposan pada tulang akibat bertambahnya usia.

Selain pisang, stroberi, jeruk, apel, dan jambu biji salah satu buah yang tinggi akan kalsium.

Semua buah ini mengandung vitamin C yang dapat memperkuat tulang.

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia 10 Manfaat Jeruk Nipis!

Itu dia Moms manfaat buah pisang berwarna merah untuk kesehatan tubuh. Jadi tak sabar untuk mencobanya, bukan?

  • https://www.researchgate.net/publication/288370627_The_role_of_the_glycemic_index_in_the_prevention_and_management_of_diabetes_A_review_and_discussion
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249911/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21899805
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3705355/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15724865/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait