Kesehatan

KESEHATAN
8 April 2021

13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Kandungan mangan pada pisang sangat baik untuk kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pisang bukan hanya punya cita rasa yang enak dan mengenyangkan. Ternyata, ada banyak manfaat pisang untuk kesehatan, Moms.

Ada banyak kandungan vitamin dan mineral pada pisang yang bermanfaat untuk kesehatan kita yang mungkin banyak orang tidak menyadarinya.

Apa saja manfaat pisang untuk kesehatan? Yuk kita cari tahu Moms!

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Manfaat pisang yakni mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan perlindungan pada kesehatan.

Buah pisang juga praktis untuk dimakan dan bisa diolah ke berbagai bentuk masakan, misalnya smoothies, jus buah ataupun sereal.

Selain itu, manfaat pisang juga bisa dirasakan dari kemudahan mendapatkanna. Ia bisa dengan mudah dijumpai dan hampir setiap musim bisa kita dapatkan bukan?

1. Kaya akan Vitamin B6

manfaat pisang buah penambah darah

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin B6 pada pisang mudah diserap oleh tubuh. Vitamin B6 sendiri membantu produksi sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan lemak jadi energi, metabolisme asam amino, melenyapkan kimia berbahaya dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

Untuk ibu hamil, pisang bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin.

Manfaat pisang ini juga membantu tubuh membuat antibodi dalam melawan infeksi. Vitamin B6 juga menjaga saraf bekerja dengan baik dan membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Olahan Pisang Goreng Kekinian yang Wajib Dicoba!

2. Sumber Vitamin C

Sumber vitamin C bisa kita dapatkan tak hanya dari buah jeruk ataupun strawberry, namun juga pada buah pisang, Moms.

Manfaat pisang selanjutnya yakni pisang mengandung vitamin C yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, membantu penyerapan zat besi, dan mendukung kesehatan otak.

Selain itu, pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang hampir tidak mengandung lemak, lho.

3. Memproduksi Kolagen untuk Kulit

manfaat pisang untuk wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat pisang selanjutnya yakni baik untuk kesehatan kulit. Pisang mengandung mangan yang baik untuk kesehatan kulit. Mangan membantu tubuh memproduksi kolagen dan melindungi kulit dan sel lainnya dari radikal bebas.

Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pelembab, lho.

Dengan mengoleskan kulit pisang pada bekas jerawat, ia dapat membantunya memudar. Manfaat pisang lainnya yakni juga dapat mengobati psoriasis dengan mengoleskan kulit pisang ke area yang terkena psoriasis untuk melembabkan dan menghilangkan rasa gatal.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang mengandung potasium yang membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Di sisi lain, pisang mengandung sodium yang rendah.

Perpaduan potasium yang tinggi dan sodium yang rendah bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Mengutip dalam Agricultural Research Service, manfaat pisang lainnya yakni terdiri dari magnesium yang tinggi untuk kesehatan jantung.

Kalium dalam pisang baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah seseorang. Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 320-400 mg kalium, yang memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan kalium harian.

5. Mengatasi Sembelit

Manfaat Pisang Atasi Sembelit

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat pisang juga dirasakan dalam sistem pencernaan. Ia mengandung serat tinggi yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Serat juga bisa membantu tubuh mengontrol gula darah, lemak, dan kolesterol.

Di sisi lain, pisang kuning dan matang mengandung jumlah pati resisten dan serat total yang lebih rendah.

Baik pektin dan pati resisten ia dapat mengurangi napsu makan dan membuat tubuh lebih terasa penuh dan kenyang.

6. Menjaga Fungsi Ginjal

Potasium dalam pisang penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat.

Sebagai sumber makanan kalium yang baik, manfaat pisang mungkin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Satu studi dalam National Center for Biotechnology Information, bahwa mereka yang makan pisang 2-3 kali per minggu 33 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit ginjal.

Penelitian lain mencatat bahwa mereka yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap gagal ginjal dibandingkan mereka yang tidak makan buah ini.

Baca Juga: 15+ Manfaat Buah Kiwi, Bikin Kulit Jadi Sehat!

7. Sumber Energi

Manfaat-Pisang-dan-Bahaya-Olahraga-Malam-Berikut!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pisang mengandung tiga jenis gula alami tanpa tambahan lemak dan kolesterol, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kandungan gula dalam pisang ini merupakan sumber energi yang baik.

Pisang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan para atlet untuk sarapan atau camilan serta sebelum atau setelah berolahraga.

Selain itu, manfaat pisang ini juga sebagai makanan yang sempurna bagi para atlet terutama karena kandungan mineralnya dan karbohidratnya yang mudah dicerna.

Makan pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga, yang memengaruhi hingga 95 persen.

8. Mencegah Diabetes

Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 15-30 gram pati resisten dalam manfaat pisang per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 33-50 persen dalam waktu empat minggu.

Pisang adalah sumber pati resisten yang baik. Oleh karena itu, mereka dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Sehingga manfaat pisang ini sangat baik dalam mencegah diabetes.

Baca Juga: Resep Strawberry Jam Serbaguna Buatan Sendiri Beserta Variasinya

9. Antioksidan yang Tinggi

manfaat pisang sebagai bumbu dapur pisang.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, tidak terkecuali pisang.

Manfaat pisang yakni mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk dopamin dan katekin.

Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan mencegah sel kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga meningkatkan jaringan otak. Serta memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengurangi rasa stres.

10. Menu Diet yang Sehat

Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya meningkatkan keteraturan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan serat seseorang untuk sehari.

Pisang juga merupakan bagian dari pola diet yang dikenal sebagai BRAT, (banana, rice, apple, toast) yang direkomendasikan beberapa dokter untuk mengobati diare.

Diare dapat menyebabkan hilangnya air dan elektrolit, seperti kalium. Manfaat pisang ini bisa menggantikan nutrisi tersebut.

Makanan berserat tinggi dapat memicu kembung, gas, dan kram perut pada orang dengan penyakit radang usus (IBD), menurut sebuah studi tahun 2012. Namun, pisang dapat meredakan gejala tersebut.

The Crohn’s and Colitis Foundation of America merekomendasikan pisang sebagai makanan ringan dalam pola makan diet mereka.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pektin pada manfaat pisang dapat membantu melindungi dari kanker usus besar.

11. Sebagai Antidepresan Alami

Manfaat-Pisang-Yang-Tidak-Diobati-Sebabkan-Sulit-Hamil--Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat pisang lainnya yakni ia sebagai antidepresan alami, lho.

Ia mengandung 6 persen dari nilai harian vitamin B9, yakni asam folat, nutrisi yang dapat melawan depresi dengan meningkatkan substrat yang memiliki sifat antidepresan, dikutip dari National Institutes Health.

Sebuah studi di Indian Journal of Psychiatry menegaskan bahwa orang dengan depresi memiliki kadar folat dalam darah yang rata-rata 25 persen lebih rendah daripada tingkat orang sehat.

Beberapa dokter menyarankan untuk meningkatkan asupan folat, dengan menggunakan antidepresan, salah satunya buah pisang.

Ini bisa jadi manfaat pisang yang mungkin Moms baru tahu, bukan?

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita

12. Kesehatan Tulang

Meskipun pisang tidak mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, pisang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dengan bantuan prebiotik di dalamnya.

Saat prebiotik berfermentasi di saluran pencernaan, mereka meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Kalsium ini dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Inilah yang menjadi salah satu manfaat pisang dalam menjaga kesehatan tulang.

13. Meningkatkan Penglihatan

Cara-meningkatkan-penglihatan-pada-anak-dari-manfaat-pisangjpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pisang mengandung vitamin A dan C di mana keduanya merupakan antioksidan dan merupakan nutrisi yang menyehatkan mata dan kulit.

Manfaat pisang lainnya juga memiliki beta karoten, antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dan memperbaiki kerusakan pada jaringan dalam tubuh.

Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E dan lutein yang baik dalam kesehatan mata. Lutein adalah nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Begini Penjelasannya

Itulah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan. Ternyata cukup banyak ya Moms. Jangan lupa jadikan pisang sebagai menu harian di rumah.

Sumber

  • https://www.ars.usda.gov/ARSUserFiles/80400530/pdf/DBrief/10_potassium_intake_0910.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15455348/
  • https://www.crohnscolitisfoundation.org/sites/default/files/legacy/assets/pdfs/diet-nutrition-2013.pdf
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/#depression
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2738337/

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait