Kesehatan Umum

28 September 2021

Probiotik: Manfaat untuk Tubuh dan Sumber Makananan Terbaiknya

Tempe merupakan sumber probiotik yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Pernahkah Moms mendengar istilah probiotik? Sepertinya istilah ini sudah tak asing lagi untuk kita dengar, ya.

Sejumlah orang mengenalnya dengan sebutan 'bakteri baik' bagi pencernaan. Lantas, apa fungsi kehadiran probiotik ini untuk kesehatan tubuh?

Yuk, cari tahu pengertian, manfaat, dan sumber makanan dari probiotik, Moms!

Apa Itu Probiotik?

3 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Vagina

Foto: Orami Photo Stocks

Kenali dulu pengertian probiotik agar Moms lebih mudah mengetahui sumber makanannya.

Melansir Cleveland Clinic, probiotik adalah senyawa yang terdiri dari bakteri baik dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Probiotik diyakini memiliki beragam cara kerja, lho. Salah satunya adalah dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam usus.

Ini juga dikenal sebagai mikroorganisme hidup yang dapat dikonsumsi melalui makanan atau suplemen yang difermentasi.

Adapun ini sering kita temukan pada produk kemasan, yakni yang mengandung spesies bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Perlu diingat, probiotik berbeda dengan prebiotik, Moms.Perbedaan probiotik dan prebiotik terletak pada fungsi dan cara kerjanya.

Probiotik merupakan bakteri baik yang ditambahkan ke dalam pencernaan. Sedangkan, prebiotik adalah serat tumbuhan khusus yang berperan untuk makanan bakteri baik.

Baca Juga: 12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Cara Menyimpannya

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Karena ini memiliki berbagai fungsi, tentu ada manfaatnya untuk kesehatan.

Apa saja manfaat probiotik yang bisa kita rasakan? Berikut penjelasannya:

1. Menyeimbangkan Bakteri Usus

probiotik untuk pencernaan

Foto: Orami Photo Stocks

Probiotik termasuk dalam bakteri baik. Artinya, manfaatnya untuk tubuh yakni menyeimbangkan bakteri-bakteri lain yang ada dalam pencernaan.

Studi dalam National Center for Biotechnology and Information menjelaskan ketidakseimbangan bakteri dapat terjadi dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Sejumlah karakteristik seseorang mengalami ketidakseimbangan bakteri, yakni:

  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Gangguan pencernaan
  • Mengalami alergi
  • Ganguan kesehatan mental

Faktor utamanya bisa dipicu dari riwayat penyakit, konsumsi obat-obatan seperti antibiotik, dan pola makan yang buruk.

Probiotik biasanya ditemukan dalam makanan fermentasi atau dikonsumsi sebagai suplemen.

2. Menjaga Fungsi Jantung

Manfaat probiotik lainnya yakni dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Diketahui, mengonsumsi bakteri baik dengan rutin dapat menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Ini khususnya bakteri yang mengandung asam laktat.

Tentu, manfaat ini akan mencegah risiko seseorang terkena masalah jantung.

Pasalnya, kolestrol yang tinggi dalam tubuh, dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan memicu serangan jantung.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Seledri, Bisa Lawan Kanker Lho Moms!

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat Probiotik, Ketahui Moms!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena ini, ia menghambat pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya.

Studi dalam ASM Journals menemukan, mengonsumsi probiotik juga dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh seperti sel penghasil IgA, limfosit T, dan sel pengikat radikal bebas.

Manfaatnya tentu bisa mencegah berbagai penyakit kronis dalam tubuh seperti:

  • Pertumbuhan kanker
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Diabetes
  • Arthritis

Jadi jangan pernah melewati asupan probiotik setiap harinya ya, Moms.

4. Menjaga Kesehatan Vagina

Kabar baik untuk kaum wanita! Manfaat makanan probiotik yakni dapat menjaga kesehatan organ intim.

Melansir Harvard Health Publishing, peran probiotik Lactobacillus acidophilus dapat menjaga keseimbangan bakteri pada vagina.

Ini juga diketahui dapat membantu mencegah gangguan kesehatan vagina seperti vaginosis bakteri, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

Gejala seseorang mengalami masalah vagina ialah:

  • Perubahan warna dan aroma tidak sedap pada keputihan
  • Kemerahan atau gatal pada vagina
  • Perdarahan terus menerus setelah berhubungan seks
  • Ada benjolan di vagina
  • Nyeri saat berhubungan seks

Segera konsultasi dengan dokter apabila Moms mengalami salah satu gejala di atas.

5. Mengatasi Gangguan Mental

cara-mengembalikan-mood.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tahukah Moms? Faktanya menurut JNM Journals, probiotik untuk kesehatan dapat memperbaiki sejumlah gangguan kesehatan mental.

Sejumlah orang yang mengonsumsi 100 gram yoghurt probiotik per hari, bisa mencegah gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres.

Ini pun berlaku untuk mereka yang mengonsumsi suplemen probiotik, lho.

Jadi, jika mood atau suasana hati sedang berantakan, cobalah untuk mengonsumi yoghurt ya, Moms!

Sumber Makanan Probiotik

Nah, ini pasti menjadi salah satu bagian yang tak sabar untuk diketahui.

Selain yoghurt, ternyata masih ada sejumlah sumber makanan dan minuman lain yang mengandung probiotik, lho.

Apa sajakah itu? Simak rinciannya:

1. Kefir atau Susu Fermentasi

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Minum Kefir

Foto: Orami Photo Stocks

Kefir adalah minuman susu probiotik yang difermentasi. Ini terbuat dari biji kefir dan diolah sebagai susu kambing ataupun susu sapi.

Biji kefirnya diperoleh dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Bentuk bijinya menyerupai kembang kol, Moms.

Selain untuk menjaga kesehatan usus, manfaat kefir untuk kesehatan cukup banyak.

Ini dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengatasi masalah pencernaan dan melindungi dari infeksi tubuh.

Kefir umumnya menjadi alternatif seseorang yang tidak bisa mengonsumsi yoghurt karena intoleransi laktosa.

2. Kombucha

Kombucha menjadi salah satu minuman fermentasi yang sedang hits akhir-akhir ini.

Tak heran jika minuman satu ini banyak diburu karena termasuk sumber minuman probiotik yang sehat, lho!

Minuman ini terbentuk dari teh hitam atau teh hijau yang difermentasi.

Saat ini, Moms bisa dengan mudah mendapatkan kombucha melalui supermarket atau pembelian online.

Rasanya terbilang seperti teh, tapi sedikit asam untuk sejumlah orang. Berikan gula tambahan untuk rasa yang lebih manis ya, Moms.

Baca Juga: Diare Usai Minum Susu Sapi? Kenali Kondisi Intoleransi Laktosa dan Cara Menanganinya

3. Kimchi

kimchi untuk sumber probiotik

Foto: Orami Photo Stocks

Kimchi adalah salah satu sayuran sebagai sumber makanan probiotik selanjutnya.

Awalnya dikenal sebagai makanan khas dari Korea, lho.

Kimchi identik dengan tampilannya yang khas yakni sawi yang berwarna merah dan dibumbui cabai, cuka, dan rumput laut.

Kimchi mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Di dalam makanan satu ini, terkandung pula beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, riboflavin (vitamin B2), dan zat besi.

4. Tempe

Tidak perlu sulit mencari makanan yang mengandung bakteri baik. Ini bisa dengan mudah kita temukan pada tempe, Moms!

Tempe adalah produk fermentasi dari kacang kedelai. Bentuknya yang pipih dan berwarna putih ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Makanan ini mengandung mineral dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Selain mudah diolah, rasanya juga terbilang gurih dan lezat bukan, Moms?

Baca Juga: 9 Manfaat Kurma Sukari, Mulai dari Menjaga Kesehatan Pencernaan Hingga Kulit

5. Sup Miso

sup misoa baso tahu

Foto: Orami Photo Stocks

Bagi pecinta makanan berkuah, sup miso asal Jepang ini sudah tak asing lagi, ya.

Dibuat secara tradisional dengan memfermentasi kedelai, garam, dan jamur yang disebut koji.

Miso adalah makananan dengan sumber protein dan serat yang baik.

Sup ini rasanya terbilang asin dan cocok disantap ketika sedang flu atau tidak enak badan.

Penelitian dalam AHA Journals menemukan bahwa sejumlah wanita yang makan sup miso memiliki penurunan risiko terhadap serangan stroke.

Sekarang tidak perlu bingung lagi mengonsumsi makanan probiotik selain yoghurt ya, Moms.

Pastikan setiap harinya selalu mengonsumsi probiotik agar terhindar dari berbagai infeksi penyakit terutama pada pencernaan.

  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probiotics
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15481739/
  • https://journals.asm.org/doi/10.1128/CMR.16.4.658-672.2003
  • https://www.health.harvard.edu/vitamins-and-supplements/health-benefits-of-taking-probiotics
  • https://www.jnmjournal.org/journal/view.html?doi=10.5056/jnm16018
  • https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/CIRCULATIONAHA.106.683755
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait