Kesehatan

7 Juli 2021

6 Manfaat Quinoa, Si Ibu dari Jenis Biji-bijan di Seluruh Dunia

Quinoa merupakan salah satu bahan pangan pengganti nasi yang saat ini sedang populer.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Karla Farhana

Quinoa merupakan salah satu bahan pangan pengganti nasi yang saat ini sedang populer. Dijuluki sebagai ibu dari segala jenis biji-bijian di dunia, yuk cari tahu apa saja manfaat quinoa untuk kesehatan!

Selain bebas gluten, quinoa juga tinggi protein dan menjadi salah satu makanan nabati yang mengandung sembilan asam amino esensial dalam jumlah sesuai kebutuhan.

Manfaat quinoa juga banyak sekali untuk kesehatan tubuh, lho Moms. Karena panganan satu ini mengandung berbagai jenis nutrisi termasuk serat dalam jumlah banyak, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan yang bermanfaat.

Baca juga: Quinoa Untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

Ibu dari Biji-bijian

Manfaat Quinoa

Foto: freepik.com

Advance in Food and Nutrition menjelaskan quinoa bukanlah biji-bijian yang masuk dalam kategori serealia, tetapi sereal semu. Dengan kata lain, ini adalah benih yang disiapkan dan dimakan seperti biji.

Quinoa adalah makanan penting bagi Kerajaan Inca. Mereka menyebut makanan ini sebagai ibu dari semua biji-bijian dan percaya panganan ini suci.

Di Amerika Selatan, quinoa sudah dikonsumsi selama ribuan tahun dan baru belakangan baru banyak masyarakat mengetahui manfaatnya. Tak heran, panganan satu ini dimasukan dalam kategori superfood karena banyaknya manfaat quinoa untuk kesehatan.

Moms yang ingin mencoba manfaat quinoa dapat membelinya di toko bahan makanan sehat atau restoran yang mengutamakan makanan sehat.

Ada tiga jenis quinoa yang utama, yaitu putih, merah dan hitam.

Baca juga: MPASI Quinoa, Coba 5 Ide Resep Ini

Mudah Diolah Menjadi Makanan

Manfaat Quinoa

Foto: freepik.com

Rasa quinoa yang enak sangat cocok untuk dikonsumsi dengan berbagai jenis makanan. Namun, saat akan mengolah dan mendapatkan manfaat quinoa, pastikan Moms mencucinya dulu ya.

Proses mencuci dan memasak quinoa dapat menghilangkan lapisan saponin di bagian luar yang memiliki rasa pahit. Tapi, Moms juga bisa mendapatkan quinoa siap saji di toko-toko khusus kesehatan.

Baca juga: Cara Menanam Avokad dari Biji dan Langkah Merawatnya dengan Benar

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Semakin tingginya minat masyarakat terhadap pola hidup sehat, popularitas quinoa juga semakin meningkat. Pasalnya, saat ini sudah banyak manfaat quinoa yang dapat dirasakan oleh kesehatan.

Apa saja manfaat quinoa untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

1.Meningkatkan Kesehatan Usus

manfaat quinoa untuk usus

Foto: freepik.com

Quinoa kaya akan kandungan serat. Sebuah penelitian yang mengamati empat varietas quinoa menunjukkan bahwa dalam 100 gram quinoa terdapat 10 -16 gram serat. Jumlah serat tersebut dua kali lebih besar dari biji-bijian.

Studi menunjukkan quinoa dapat meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan keragaman bakteri usus yang bermanfaat dan mengurangi gejala peradangan kondisi seperti kolitis.

Salah satu manfaat quinoa adalah dapat bertindak sebagai prebiotik. Dengan mengonsumsi quinoa, tubuh dapat memasok bahan bakar untuk bakteri usus yang menguntungkan, sehingga bakteri usus dapat berkembang biak dengan baik.

2. Cocok untuk Penderita Penyakit Celiac dan Alergi Gluten

manfaat quinoa untuk penderita penyakit celiac

Foto: freepik.com

Diet bebas gluten dianggap sehat, asalkan menggunakan bahan alami yang benar-benar tidak mengandung gluten. Namun, hal ini dianggap tidak sehat, jika Moms mengonsumsi makanan bebas gluten yang dibuat dengan pati olahan.

Makanan ini tidak lebih baik dari makanan yang mengandung gluten, karena junk food bebas gluten tetaplah makanan cepat saji.

Banyak peneliti telah melihat quinoa sebagai bahan yang cocok dalam diet bebas gluten untuk orang yang tidak ingin melepaskan makanan pokok seperti roti dan pasta.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Food Chemistry telah menunjukkan bahwa menggunakan quinoa alih-alih bahan-bahan khas bebas gluten seperti tapioka olahan, kentang, jagung dan tepung beras dapat secara dramatis meningkatkan nilai nutrisi dan antioksidan dari makanan.

3. Sumber Protein untuk Vegetarian

manfaat quinoa sebagai protein tambahan

Foto: freepik.com

Protein terbuat dari asam amino, sembilan di antaranya disebut esensial. Karena tubuh tidak dapat memproduksinya dan perlu mendapatkannya melalui makanan.

Jika makanan mengandung kesembilan asam amino esensial, itu disebut sebagai protein lengkap. Masalahnya adalah banyak makanan nabati yang kekurangan asam amino esensial tertentu, seperti lisin.

Namun hal tersebut tidak berlaku dalam quinoa. Makanan satu ini mengandung jumlah yang cukup dari semua asam amino esensial.

Oleh karena itu, quinoa merupakan sumber protein yang sangat baik. Panganan ini memiliki protein yang lebih banyak dan lebih baik daripada kebanyakan biji-bijian.

Dengan 8 gram protein berkualitas per cangkir (185 gram), quinoa adalah sumber protein nabati yang sangat baik untuk vegetarian dan vegan.

Baca juga: 4 Olahan Gandum yang Mudah Dibuat di Rumah

4. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat quinoa untuk menurunkan gula darah

Foto: freepik.com

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang tinggi indeks glikemik dapat merangsang rasa lapar dan berkontribusi pada obesitas. Jenis makanan tersebut sering dikaitkan dengan penyakut kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan quinoa memiliki indeks glikemik 53. Angka tersebut dianggap rendah dan baik untuk kesehatan.

Jurnal Plant Food for Human Nutrition juga menjelaskan quinoa dapat meningkatkan kadar trigliserida dan dapat mengontrol kadar gula darah untuk tubuh. Sehingga manfaat quinoa ini dapat dirasakan oleh penderita diabetes.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

manfaat quinoa menurunkan risiko penyakit kronis

Foto: freepik.com

Quinoa mengandung fitonutrien anti-inflamasi yang tinggi, yang membuatnya berpotensi bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

Karena mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3 quinoa dianggap dapat menyehatkan jantung dan, dibandingkan dengan sereal biasa, memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi.

Kandungan tersebut membuat manfaat quinoa dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Moms sebaiknya mulai memasukkan makanan ini ke menu harian, ya.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat quinoa untuk penurunan berat badan

Foto: freepik.com

Kandungan serat dan protein yang lebih banyak dari beras atau jelai, membuat quinoa memiliki manfaat untuk Moms yang menurunkan berat badan.

Salah satu penjelasannya adalah sifat pengisian protein dan serat yang membantu kita mengatur nafsu makan. Quinoa juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah sehingga pelepasan energinya yang lebih lambat membuatnya cenderung tidak memicu keinginan untuk mengidam dan merangsang rasa lapar.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Ampuh

Demikian penjelasan mengenai manfaat quinoa yang perlu Moms ketahui. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-quinoa
  • https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-quinoa
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait