Kesehatan

14 Agustus 2021

13 Manfaat Rebusan Kayu Manis, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Salah satu cara terbaik untuk mendapat manfaat kayu manis adalah dengan cara merebus batangnya dan konsumsi seecara teratur. Banyak ahli mengatakan kalau manfaat rebusan kayu manis sangat baik dan bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit.

Kayu manis mmemiliki rasa dan aroma yang sangat khas dan juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan. Mulai dari hidangan manis dan gurih, sereal sarapan, makanan yang dipanggang, dan makanan ringan.

Selain rasanya yang enak, kayu manis juga memiliki sifat antioksidan dan antibiotik. Jurnal Hindawi menjelaskan bahwa kayu manis sangat kaya akan antoksidan polifenol. Kayu manis juga disebut memiliki antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan cengkeh dan oregano.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Makanan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan!

Manfaat Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan

Para ahli mengatakan, cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat kayu manis adalah konsumsi air rebusan kayu manis. Moms, yuk simak manfaat rebusan kayu untuk kesehatan berikut ini.

1. Dapat Membantu Mengurangi Efek PCOS

Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS adalah kelainan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista kecil di tepi luar.

Menurut PCOS Awareness Association manfaat rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu madu dapat membantu mengurangi efek PCOS. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Fertility and Sterility, air kayu manis mengurangi resistensi insulin pada wanita penderita PCOS.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan polifenol dan proanthocyanidins yang ada di dalam kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, sifat antivirus, antibakteri dan antijamur di dalam air rebusan kayu manis dapat membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan berbagai bahaya kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung dan lainnya.

3. Mengurangi Kram Saat Menstruasi

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Menurut sebuah penelitian di National Center for Biotechnology Information, wanita yang rajin mengkonsumsi air rebusan kayu manis setiap hari dapat membantu mengurangi efek kram menstruasi.

Manfaat rebusan kayu manis terbukti dapat membantu meringankan kram menstruasi yang menyakitkan dan gejala PMS. Ini juga dapat membantu mengurangi perdarahan menstruasi, serta mual dan muntah selama menstruasi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Manfaat rebusan kayu manis dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition ESPEN membuktikan bahwa asupan kayu manis dapat menurunkan lemak di pinggang. Sehingga ukuran lingkar pinggang akan semakin menurun.

Konsumsi air rebusan kayu manis dalam jumlah besar dapat membantu program diet Moms agar semakin sukses. Tapi jangan lupa olahraga juga ya.

5. Dapat Mengurangi Inflamasi

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Moms yang sering mengalami nyeri sendi atau radang sendi disarankan untuk konsumsi air rebusan kayu manis untuk meredakannya. Karena sifat anti-inflamasi yang ada di dalam kayu manis dapat mengurangi rasa sakit.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang menghambat perkembangan kondisi seperti arthritis.

6. Dapat Mengurangi Efek Penyakit Parkinson

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Penyakit Parkinson adalah kelainan sistem saraf progresif yang memengaruhi gerakan. Gejala dimulai secara bertahap, terkadang dimulai dengan getaran yang hampir tidak terlihat hanya di satu tangan. Gemetar sering terjadi, tetapi kelainan ini juga sering menyebabkan kaku atau lambatnya gerakan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmune Pharmacology, kayu manis mungkin mampu memperlambat perkembangan penyakit Parkinson.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Kayu Manis saat Hamil

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Manfaat rebusan kayu manis dapat dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Rempah ini ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan insulin di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, hormon insulin memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol gula darah.

Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam kayu manis dapat berkontribusi lebih jauh untuk menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan efektivitas insulin.

Kayu manis juga dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat di usus, sehingga dapat mencegah kadar gula darah melonjak setelah makan.

8. Membantu Melawan Bakteri dan Jamur di Tubuh

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Kayu manis memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Penelitian menggunakan tabung reaksi menunjukkan bahwa cinnamaldehyde, komponen aktif utama dalam kayu manis, mencegah pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur. Termasuk bakteri Staphylococcus, Salmonella, dan E. coli yang umum, yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Selain itu, efek antibakteri kayu manis dapat membantu mengurangi bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Melawan Penuaan Dini Pada Kulit

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

Foto: freepik.com

Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Hal ini menunjukan bahwa air rebusan kayu manis dapat mengurangi munculnya penuaan dini pada kulit wajah.

9. Memiliki Sifat Antikanker

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Penelitian menggunakan tabung reaksi membuktikan bahwa manfaat rebusan kayu manis dapat membantu membunuh berbagai jenis sel kanker, termasuk kanker kulit. Seperti yang diketahui, kanker merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia.

Baca Juga: 5 Efek Samping Kayu Manis Bila Dikonsumsi Berlebihan

Manfaat Rebusan Kayu Manis dan Cengkeh

Kayu manis dan cengkeh bisa disebut sebagai gabungan yang sangat sempurna karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat rebusan kayu manis dan cengkeh yang perlu Moms ketahui.

10. Meningkatkan Kesehatan Hati

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Studi menunjukkan bahwa senyawa eugenol yang terkandung di dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa senyawa tersebut sapat membantu mengurangi stress oksidatif dan melindungi hati.

Jika ingin mendapatkan manfaat rebusan kayu manis tersebut, Moms bisa mencampurkan cengkeh dengan kayu manis kemudian direbus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Dalam sebuah penelitian menggunakan hewan, senyawa yang ada di dalam campuran air rebusan kayu manis dan cengkeh dapat membantu menjaga masa tulang. Seperti yang diketahui, masa tulang yang rendah merupakan penyebab terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Cengkeh juga kaya akan mangan, mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang dan sangat penting untuk kesehatan tulang.

12. Dapat Melawan Virus HIV

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Manfaat rebusan kayu manis dan cengkeh juga dapat dirasakan oleh penderita HIV. Karena dalam sebuah penelitian tabung reaksi menunjukan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu melawan jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

HIV merupakan salah satu virus yang menyerang sistem imun manusia. Baik kayu manis atau cengkeh kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Moms.

13. Mengurangi Jerawat di Wajah

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

foto: freepik.com

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya komedo putih atau jerawat. Jerawat paling umum terjadi di kalangan remaja, meski menyerang orang-orang dari segala usia.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa air rebusan kayu manis dan cengkeh dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Moms bisa rutin mengkonsumsi minuman ini sebagai pengobatan jerawat dari dalam.

Baca Juga: 4 Risiko Mengonsumsi Kayu Manis Saat Hamil, Waspada, Moms!

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat rebusan kayu manis untuk kesehatan. Moms bisa mencoba ramuan alami ini untuk meningkatkan kesehatan ya.

  • https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-cinnamon
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069
  • https://www.chatelaine.com/health/wellness/health-benefits-of-cinnamon/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait