Parenting Islami

8 September 2021

Sering Dipakai Sebagai Pengobatan Alternatif, Ini 8 Manfaat Ruqyah

Salah satu manfaat ruqyah berkaitan dengan masalah kesehatan mental
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Karla Farhana

Manfaat ruqyah telah dirasakan oleh banyak orang, bahkan hingga dijadikan sebagai terapi kesehatan tradisional.

Dalam Islam, ada beberapa aturan tertentu yang harus dijalankan saat ruqyah agar tetap berada dalam koridor syariat.

Meski ruqyah mungkin merupakan kata yang asing bagi sebagian orang, terapi ruqyah berhubungan dengan suatu tindakan dalam agama Islam.

Ini adalah metode penyembuhan akibat dari hal hal khusus seperti sengatan hewan, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin.

Baca Juga: Perlu Dicoba! Ini 4 Manfaat Istirahat dari Media Sosial

Mengenal Ruqyah dalam Islam

Manfaat Ruqyah -1.jpg

Foto: Nu.or.id

Kata ruqyah sendiri berasal dari Bahasa Arab. Namun secara istilah,, ruqyah disebut sebagai ‘Al-‘Udzah’ yang berarti perlindungan.

Selama ini, manfaat ruqyah dirasakan menyembuhkan seseorang dari sihir, kerasukan, gangguan jin, gigitan hewan, atau penyakit lainnya secara Islami.

Praktek ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadist, Aisyah RA berkata: “Ketika Rasulullah masuk rumahnya, saat itu dia sedang mengobati atau meruqyah seorang perempuan. Maka beliau memerintahkan; Obatilah ia dengan Alquran’.” (HR Ibnu Hibban)

Keterangan tentang ruqyah juga didapat dari Auf bin Malik al-Asyja’iy yang berkata: “Kami pada zaman jahiliyyah pernah melakukan ruqyah, apa pendapat Anda wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: ‘Perdengar­kanlah ruqyah kalian kepadaku, ruqyah itu tidak apa-apa selama tidak bermuatan syirik’.” (HR Muslim)

Ada juga penekanan lain tentang tidak boleh masuknya syirik di dalam praktik ruqyah, yakni: “Bacakan ruqyah-ruqyah kalian kepadaku, tidak apa-apa dengan ruqyah yang tidak mengandung kesyirikan di dalamnya.” (HR. Muslim).

Biasanya, cara ini dilakukan olah ahli agama seperti ustadz atau kyai dengan membacakan doa-doa yang bersumber dari Alquran.

Kemudian meniupkannya di tangan lalu mengusapkannya ke seluruh tubuh orang yang hendak diruqyah.

Praktik ruqyah yang benar tentunya harus sesuai syariat agama. Tidak boleh menggunakan bacaan-bacaan yang tidak ada dalilnya.

Terlebih lagi jika disertai mantra-mantra ataupun pemakaian jimat karena itu justru menjadi syirik dan hukumnya haram.

Secara umum, hukum ruqyah dalam Islam bergantung pada jenis ruqyah yang dilakukan, seperti:

  • Ruqyah Syirkiyah hukumnya haram. Karena sesuai dengan namanya, ruqyah syirkiyah adalah metode pengusiran jin dari tubuh manusia atau penyembuhan penyakit dengan membaca jampi-jampi, mantra, atau membaca doa yang tidak ada dalilnya disertai penggunaan jimat seperti keris, bawang putih, atau bunga-bunga maka hukumnya haram.
  • Ruqyah Syariyyah hukumnya diperbolehkan. Karena menggunakan ayat-ayat Alquran, dzikir atau doa-doa perlindungan yang memiliki dalil jelas sesuai syariat agama. Namun yang ditekankan adalah tetap harus percaya bahwa kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT, bukan pada ayat tertentu.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

Manfaat Ruqyah Menurut Islam

Manfaat Ruqyah -2.jpg

Foto: Dailymail.co.uk/BBC

Berikut beberapa manfaat ruqyah syariyyah dalam Islam, seperti:

1. Memberikan Kebaikan untuk Orang Lain

Meski tidak diwajibkan, tapi bila seseorang mampu melakukanya dengan cara yang benar sesuai syariat agama, berarti dia telah berbuat kebaikan karena telah menolong orang yang kesusahan.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa di antara kalian mampu memberi manfaat kepada saudaranya, maka berilah padanya manfaat” (HR. Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Sebagai Bentuk Keimanan

Ruqyah yang dilakukan dengan cara benar, yakni menjadikan bacaan alquran sebagai cara untuk mengusir penyakit berarti menunjukkan bahwa dirinya percaya kepada Sang Pencipta.

Allah SWT berfirman: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. (QS Al-Isra’: 82)

3. Membentengi diri

Terdapat banyak doa yang dibacakan saat proses ruqyah, di antaranya surat Yasin dan ayat kursi. Keduanya dapat memberikan perlindungan pada diri agar dijauhkan dari hal-hal yang jahat.

Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari empat ayat pertama dari surat al Baqarah dan ayat kursi, kemudian membaca dua ayat sesudahnya dan akhirnya, maka rumah itu tidak dimasuki setan hingga pagi hari.” (HR Thabrani).

4. Berlindung dari Kejahatan

Imam Ibnu Qayyim berpendapat bahwa ruqyah adalah obat yang sangat ampuh untuk melindungi dari hal-hal buruk seperti gangguan syaitan, apabila dilakukan secara syar’iyyah.

Ini bisa membantu membersihkan jiwa, bahkan menyembuhkan penyakit di tubuh.

5. Menjaga Diri

Beberapa doa yang dianjurkan dibaca saat ruqyah adalah surat Al Ikhlas, An Naas dan Al Falaq. Dari Abdullah bin Khubaib bahwasahnya Rasulullah SAW bersabda:

“Ucapkanlah !” Mereka (para shahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang mesti kami ucapkan ?” Nabi bersabda, “Qul huwallaahu ahad (Surat al Ikhlas), surat An Naas, dan al Falaq sebanyak tiga kali di kala pagi dan malam hari, itu cukup bagimu sebagai pelindung dari segala sesuatu.” (HR Tirmidzi)

6. Menyembuhkan Penyakit

Sebuah penelitian yang dilakukan di Texas, Amerika oleh Dr. Dossey. Beliay melakukan suatu uji coba yang berhasil membuktikkan bahwa doa-doa dapat membantu mencegah perkembangan bakteri dalam tubuh, serta menekan pertumbuhan sel kanker.

7. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Emoto di Negeri Sakura kembali membuktikkan bahwa bacaan ayat-ayat Alquran dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia yang menunjukkan bahwa kekuatan doa sangat menakjubkan.

8. Senantiasa Diingat oleh Allah SWT

Manfaat ruqyah ini dijelaskan dalam Alquran: “Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.” (QS Al-Baqarah: 152)

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Manfaat Ruqyah untuk Kesehatan Mental

Manfaat Ruqyah -3.jpg

Foto: Navbharattimes.indiatimes.com/AFP

Tentunya, terapi ruqyah yang paling utama dan sesuai dengan syariat adalah menggunakan doa dan bacaan yang bersumber dari Alquran.

Ternyata, ada juga manfaat ruqyah secara khusus yang berkaitan dengan permasalahan mental, misalnya:

1. Perbedaan Tingkat Kebahagiaan

Dilansir Jurnal Intervensi Psikologi UII , terdapat efektivitas terapi ruqyah Syar’iyyah sebagai terapi untuk meningkatkan kebahagiaan perempuan KDRT.

Hasil hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kebahagiaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan terapi ruqyah syar’iyyah pada perempuan korban kekerasan.

2. Menstimulasi Otak

Dengan terapi ruqyah, orang akan mendapat stimulasi berupa makna-makna positif dari bacaan Alquran sehingga otak juga akan memberi respons positif dan bersifat seperti detoks.

Ini akan membuang segala penyakit, baik yang berhubungan dengan mental atau hati, dan penyakit fisik.

3. Mempengaruhi dan Memperbaiki Sel Syaraf

Dengan syaraf yang sehat, otak akan mampu untuk berfikir positif dengan lebih baik sehingga dapat memandang segala sesuatu dari sisi positif.

Ini juga dapat mencegah dan menyembuhkan segala penyakit mental atau penyakit psikologis.

4. Mengeluarkan Energi Negatif

Dalam Islam, terdapat beberapa hal yang menyebabkan energi negatif, seperti sifat atau kebiasaan yang buruk, iman yang kurang, kejahatan di masa lalu, atau gangguan dari makhluk gaib.

Ini dapat dikeluarkan dengan terapi ruqyah, sehingga ketenangan mental dapat dirasakan dan tubuh memiliki energi yang positif.

5. Mengeluarkan Jin (Evil Spirit) di Dalam Tubuh

Jika seseorang sering bersikap aneh secara emosi dan tindakan, sering sakit padahal secara kesehatan tidak terlihat adanya penyakit apapun, bisa jadi hal tersebut adalah gangguan dari jin yang jahat.

Terapi ruqyah dilakukan dengan mengeluarkan jin jahat tersebut, sehingga dapat bebas dari gangguan jin dan memiliki ketenangan mental.

6. Mengurangi Stress

Membaca doa-doa dari ayat Alquran dan dzikir dapat membantu menenangkan mental, termasuk menghilangkan stres dan despresi.

7. Mengendalikan Emosi

Ada banyak faktor yang membuat rasa marah seperti tekanan dari orang sekitar, rasa sedih berlebihan, atau karena godaan setan.

Setelah dibacakan doa, biasanya hati orang yang diterapi ruqyah akan menjadi lebih tenang dan damai.

8. Menjauhkan dari Gangguan Mental

Ini dapat terjadi karena kurangnya iman, sehingga tidak memiliki patokan jelas dalam segala urusan yang dilakukan, hati menjadi tidak tenang dan mudah merasa kesusahan.

Terapi ruqyah akan menghilangkan hal tersebut, sehingga gangguan mental yang dialami sembuh, dan memiliki mental serta kondisi psikologis yang sehat.

Begitu banyak manfaat ruqyah yang dirasakan. Itu semua akan didapatkan dengan tetap menjalankan terapi tersebut sesuai syariat Islam dan tanpa dimasuki syirik dan musyrik.

  • https://dosenpsikologi.com/manfaat-ruqyah-untuk-mental
  • https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/14264
  • https://dalamislam.com/info-islami/manfaat-ruqyah-dalam-islam
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait