Kesehatan Umum

26 Agustus 2021

4 Manfaat Sabut Kelapa yang Perlu Moms Tahu, Bisa untuk Antibiotik!

Selain untuk media tanam, sabut kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pernahkah terpikirkan oleh Moms kalau ada banyak manfaat sabut kelapa yang bisa berguna untuk kehidupan manusia.

Sabut kelapa menjadi salah satu bagian dari buah kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, untuk tanaman, hingga dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah.

Selama ini, sabut kelapa selalu dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai limbah yang hanya bisa ditumpuk dan dibiarkan hingga membusuk atau kering.

Lain halnya dengan bagian lain dari pohon kelapa seperti daunnya yang bisa dimanfaatkan sebagai janur atau alat membungkus makanan, buah kelapa yang bisa dijadikan santan dan aneka olahan kuliner, air kelapa yang bisa diminum, hingga batok kelapa yang bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Kelapa, Ternyata Dapat Mengurangi Stres, Lho!

Beragam Manfaat Sabut Kelapa

Sabut Kelapa

Foto: miro.medium.com

Padahal sebenarnya ada banyak manfaat sabut kelapa yang mungkin selama ini tidak ketahui sebelumnya. Beberapa manfaat dari sabut kelapa yang perlu Moms ketahui adalah:

1. Manfaat Sabut Kelapa untuk Bahan Bakar

Manfaat sabut kelapa yang pertama adalah untuk dijadikan sebagai bahan bakar untuk memasak. Masyarakat zaman dulu selalu menggunakan batok dan sabut kelapa sebagai bahan bakar sebelum adanya kompor minyak dan kompor gas.

Meski sekarang penggunaan bahan bakar sudah lebih modern, tapi manfaat sabut kelapa masih bisa digunakan sebagai baha bakar untuk pembuatan briket arang.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Pemanfaatan Sabut Kelapa untuk Pembuatan Briket Arang, manfaat sabut kelapa ini bisa digunakan sebagai briket arang untuk bahan bakar yang ramah lingkungan karena emisi yang dihasilkan tidak seperti bahan bakar lainnya sehingga aman untuk lingkungan.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Kelapa, Bisa Mengatasi Kutu Rambut!

2. Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

Sabut Kelapa

Foto: shopify.com

Manfaat selanjutnya dari sabut kelapa adalah bisa berguna untuk tanaman. Menurut situs groworganic.com, manfaat sabut kelapa ini bisa difungsikan sebagai media tanam dan juga pupuk tanaman.

  • Manfaat Sabut Kelapa yang Dijadikan sebagai Media Tanam

Sabut kelapa memiliki tingkat pH yang netral, berbeda dengan lumut gambut yang sangat asam sehingga jika dijadikan sebagai media tanam akan membuat tanaman bisa tumbuh dengan baik, terutama untuk tanaman sayur dan bunga.

Tanaman sayur dan bunga bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi media tanam yang netral hingga basa. Biasanya jika menggunakan media tanam tanah saja, dibutuhkan campuran batu kapur untuk menetralkan tanah yang asam. Sedangkan kalau ditambahkan sabut kelapa di atasnya, maka penggunaan batu kapur tersebut tidak diperlukan.

Sabut kelapa juga bisa meningkatkan drainase tanah pada tanaman sekaligus membantu mempertahankan kelembapan tanah yang cepat kering.

Hal ini dikarenakan sabut kelapa bisa menciptakan kantong udara dalam tanah yang memungkinkan kelembapan berlebih akan langsung mengalir dari akar tanaman.

Ditambah lagi manfaat sabut kelapa ini juga mengandung sedikit unsur hara sehingga bisa meningkatkan kualitas tanah secara keseluruhan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 9 Jenis Minyak Sehat Pengganti Minyak Kelapa Sawit untuk Memasak, Bye Kolesterol Jahat!

  • Manfaat Sabut Kelapa yang Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

Menurut situs litbang.pertanian.go.id, dalam sabut kelapa yang memiliki ketebalan sekitar 5-6 cm ini memiliki lapisan luar dan dalam yang terdapat kandungan kimia selulosa, lignin, pyroligeous acid, gas, arang, ter, tannin, potassium, dan kalium.

Kandungan kalium dalam sabut kelapa ini ternyata bisa dijadikan sebagai sumber kalium organik untuk menggantikan pupuk KCI.

Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa bisa menyimpan air sebanyak 60% lebih banyak dibandingkan pupuk lainnya sehingga bagi daerah pertanian atau perkebunan yang curah hujannya rendah atau sering mengalami kekeringan, maka tumbuhannya bisa tetap mendapat asupan air dari air yang disimpan dalam sabut kelapa.

3. Manfaat Sabut Kelapa untuk Kerajinan Tangan

Kerajinan dari Sabut Kelapa

Foto: sharingconten.com

Manfaat sabut kelapa lainnya adalah bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan yang bernilai tinggi jika digunakan dengan benar.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang berjudul Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa pada Perencanaan Interior dan Furniture ditemukan kalau sabut kelapa bisa dikembangkan menjadi beberapa produk seperti cocopeat, cocofibre, cocomes, cocopot, coco fiber board, dan cococoir.

Setelah diolah menjadi beberapa produk tersebut, maka sabut kelapa bisa diolah kembali menjadi beragam kerajinan tangan seperti keset kaki, matras, pot tanaman, hingga boneka serta miniatur pajangan.

Baca Juga: 16 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Terduga

4. Manfaat Sabut Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Sabut Kelapa

Foto: www.trubus-online.co.id

Manfaat sabut kelapa yang terakhir adalah bisa untuk kesehatan tubuh. Menurut situs republika.co.id, dikemukakan bahwa ternyata manfaat sabut kelapa bisa sebagai antibiotik bagi tubuh.

Hal ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh tiga orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yang telah menemukan manfaat dari ekstrak sabut kelapa.

Ekstrak sabut kelapa memiliki kandungan antibiotik alternatif yang bisa digunakan untuk terapi infeksi bakteri staphylococcus aureus yang resisten terhadap metisilin.

Staphylococcus aureus ini bisa menyebabkan infeksi yang dapat mengakibatkan bakteremia, pneumonia, endokarditis atau infeksi katup jantung, dan osteomielitis atau infeksi yang terjadi pada tulang.

Baca Juga: 13+ Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

Di negara berkembang seperti Indonesia, infeksi staphylococcus aureus menjadi salah satu penyebab utama pada angka sakit hingga kematian. Infeksi ini bisa dihambat atau diatasi dengan memberikan antibiotik betalaktam yang bertujuan untuk menghambat sintesis dinding sel bakteri.

Hal ini diperkuat dalam jurnal penelitian Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Sabut Kelapa yang menjelaskan kalau sabut kelapa mengandung zat antimikroba berupa tannin dan flavonoid.

Keduanya ini memiliki kemampuan untuk menghambat enzim-enzim yang berperan dalam sintesis DNA sehingga sel bakteri baru tidak bisa terbentuk. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri dalam tubuh akan terhambat.

Itulah beberapa manfaat dari sabut kelapa. Ternyata ada banyak juga ya Moms manfaatnya. Jadi kalau Moms punya sabut kelapa di rumah, jangan langsung dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan.

  • https://www.groworganic.com/blogs/articles/benefits-of-using-coco-coir-in-the-garden
  • https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3043/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/10/165623976/apa-manfaat-sabut-kelapa-untuk-tanaman-ini-penjelasannya
  • https://www.cendananews.com/2019/07/mahasiswa-kedokteran-undip-ini-temukan-sabut-kelapa-mengandung-antibiotik.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sabut
  • https://www.republika.co.id/berita/puzwit459/sabut-kelapa-mengandung-antibiotik-alternatif
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait