Parenting Islami

22 Maret 2021

13 Manfaat Sedekah, Membuat Hati yang Tentram Hingga Syafaat di Akhirat

Ketahui manfaat sedekah yang bukan hanya terasa bagi orang lain tapi juga bagi diri sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam Islam, sedekah lebih luas dari zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berkaitan dengan materil seperti menyumbangkan harta, tapi sedekah juga mencakup segala amal atau perbuatan baik. Oleh karena itu, manfaat sedekah akan dirasakan oleh lebih banyak orang.

Penelitian The Journal of the Royal Anthropological Institute mengungkapkan bahwa praktik amal terorganisir dalam perspektif komparatif seperti sedekah, merupakan tradisi amal yang menjadi milik sebuah ideologi serta menjadi sumber keharusan moral dalam ideologi tersebut, termasuk dalam Islam.

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT karena tidak dapat dipaksakan, yang merupakan panggilan hati untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain, dikutip Lazis Muhammadiyah DIY.

Karena tidak terikat dengan aturan dan waktu, sedekah bisa dilakukan di mana pun, kapan pun dan dengan menggunakan apapun. Rasulullah SAW bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu,” (HR Bukhari).

Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Bersedekah Sejak Dini

Manfaat Sedekah

Manfaat Sedekah -1

Foto: Orami Photo Stock

Allah SWT sangat menyukai orang yang senang bersedekah. Bentuk sedekah juga beragam. Selain dengan harta, seseorang dapat bersedekah dalam bentuk ibadah lainnya, seperti menafkahi keluarga, mengajarkan ilmu, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ada banyak manfaat sedekah yang dijanjikan oleh Allah SWT sebagai balasan atas perbuatan baik bagi seseorang yang bersedekah. Beberapa di antaranya yakni:

1. Dapat Menghapus Dosa

Rasulullah SAW memberikan contoh salah satu manfaat sedekah dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Diampuninya dosa karena bersedekah tentu harus dibarengi dengan taubat atas dosa yang dilakukan.

Setelah hal tersebut dilakukan dengan baik, maka tinggal berserah diri kepada Allah SWT atas segala amalan baik yang dilakukan, termasuk sedekah.

2. Mendapatkan Syafaat

Orang yang bersedekah akan mendapatkan syafaat atau naungan di hari akhir. Rasulullah SAW menceritakan tentang tujug jenis manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah SAW, yaitu hari akhir.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari).

3. Memberi Keberkahan pada Harta

Jika dihitung secara matematis, mengeluarkan sesuatu berarti akan mengurangi sesuatu. Namun itu tidak berlaku saat bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Sebagai salah satu manfaat sedekah, salam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup dua hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya.

Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah. Ini bisa dirasakan salah satunya oleh indra dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya,”.

4. Menjadi Bukti Keimanan

Manfaat sedekah bukan hanya akan dirasakan oleh penerima, tapi orang yang bersedekah pun merasakannya.

Sebab, sedekah bisa menjadi amalan yang menunjukkan rasa syukur bagi seseorang. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah adalah bukti,” (HR Muslim).

Ada beberapa penjelasan mengenai ini. Salah satunya dari imam An-yang Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya),”.

Baca Juga: Tata Cara Membayar Zakat Fitrah Menurut Ajaran Islam

5. Mencegah Pedagang Berbuat Maksiat

Manfaat Sedekah -2

Foto: Orami Photo Stock

Berdagang bukan hanya proses jual beli. Di dalamnya juga ada sedekah yang harus dikeluarkan.

Selain akan memberikan perasaan lega karena telah berbagi, hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mencegah pedagang berbuat maksiat adalah salah satu dari manfaat sedekah yang bisa dirasakan.

Mengenai hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir alam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah,” (HR Tirmidzi no 1208, ia berkata hadis ini ‘Hasan Shahih’).

6. Merasakan Kebahagiaan

Rasulullah SAW memberikan contoh mengenai orang yang dermawan dengan orang yang pelit dalam sebuah hadis, beliau bersabda: “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya.

Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

Dan hal ini tentu pernah dirasakan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Saat melakukannya ada rasa senang, bangga, dada yang lapang setelah memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan. Bersedekah juga dapat menciptakan ketenangan hati.

7. Pahala yang Terus Berkembang

Pahala sedekah walaupun hanya sedikit, akan terus berkembang hingga menjadi besar. Apalagi jika sudah menjadi rutinitas dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Seperti menabung, manfaat sedekah ini akan terasa karena pahala yang mengalir. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud,” (HR At-Tirmidzi).

8. Amalan yang Tak Terputus

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya,”.

Meski kecil, bersedekan akan menjadi amalan yang tak terputus. Dan ini akan menolong seseorang di akhirat yang dapat menambahkan pahala dan menyelamatkannya dari api neraka.

Bersedakah dengan ikhlas dan suka cita tentunya akan menjadi amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

9. Membuka Pintu Rezeki

Manfaat sedekah lainnya adalah dapat membuka pintu rezeki. Karena pada dasarnya dalam Islam, memberi itu bukan berkurang akan tetapi Allah SWT tambahkan kembali meski bukan berupa materi, namun akan membuka pintu rezeki dari arah yang tidak dikira sebelumnya.

Mengenai pintu reseki lewat sedekah, hal tersebut dijelaskan dalam beberapa hadis, seperti saat Rasulullah SAW bersabda dalam hadis Riwayat Baihaqi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dengan mengeluarkan sedekah,”.

Baca Juga: Segala Hal Tentang Zakat Mal, Sudah Tahu Moms?

10. Terhindar dari Bahaya

Manfaat Sedekah -3

Foto: Orami Photo Stock

Selain berpahala, sedekah juga dapat bermanfaat sebagai penolak bala dan menahan musibah dan kejahatan bagi seseorang yang sering mengamalkannya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah,”.

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW juga bersabda: “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-I,” artinya: “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan,”.

11. Dapat Memperpanjang Usia

Sedekah juga dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Hal ini karena kualitas hidup seseorang akan meningkat jika sering melakukan sedekah, salah satunya sering merasakan hati yang tenang dan bahagia saat melakukannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri,” (HR Thabrani).

12. Melipat Gandakan Pahala

Balasan bersedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala. Setelah melakukan sedekah, pahala dan rezeki yang dimiliki juga akan dilipat gandakan. Mengenai hal ini, dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui,” (QS Al-Baqarah: 261).

13. Mencegah Kematian yang Jelek

Ibnul Qoyyim mengatakan: “Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah,” (Uddah ash-Shabirin hlm 490).

Ini adalah salah satu dari banyaknya manfaat sedekah bagi orang yang menyedekahkan hartanya.

Tentunya tidak ada yang ingin mendapatkan kematian yang mengenaskan. Dengan bersedah, bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk menghindarinya.

Baca Juga: Mengenal Deposito, Pengertian, Jenis, Hingga Kekurangan dan Kelebihannya

Berbagai manfaat sedekah ini tentukan akan didapatkan bagi orang yang suka bersedekah. Amalkan amalan shalih ini untuk mendapatkanya, bahkan dengan satu senyuman tulus kepada sesama.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait