Trimester 1

25 Juni 2021

15 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil yang Tak Terduga, Bisa Mengurangi Rasa Mual Lho!

Bisa juga mengurangi risiko preeklamsia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil. Salah satu buah yang memiliki banyak penggemar adalah semangka. Lalu, apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil?

Moms, rasanya bukan hal yang baru bahwa menjaga nutrisi saat kehamilan sangat dibutuhkan. Perkembangan janin di dalam kandungan tidak terlepas dari setiap makanan atau minuman yang Moms konsumsi.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang dapat membuat kesehatan Moms menjadi prima saat menjalani kehamilan.

Nyatanya, ada banyak buah-buahan yang bisa Moms konsumsi saat hamil, salah satunya adalah semangka. Ada manfaat semangka untuk ibu hamil, terutama dengan kadar air cukup tinggi dan menyimpan nilai gizi yang baik untuk Moms.

Selain buahnya, biji semangka juga ternyata punya kandungan nutrisi lho Moms. Menurut International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka mengandung sumber protein, zat besi, seng, dan kalsium yang baik serta aman dikonsumsi saat hamil.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Semangka Saat Hamil, Bisa Atasi Mual Lho!

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Ternyata ada banyak manfaat semangka untuk ibu hamil. Salah satunya, semangka mampu menunjang kesehatan dan perkembangan janin selama kehamilan lho, Moms.

Selain itu, masih banyak segudang manfaat semangka untuk ibu hamil. Lengkapnya, simak ulasan berikut ini, ya!

1. Melindungi dari Kanker dan Penyakit Kardiovaskular

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: momjunction.com

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah melindungi dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menghidangkan semangka sebagai menu sehari-hari.

Moms bisa memakan potongan buahnya secara langsung, menjadikannya smoothie atau memasukkannya menjadi di dalam sajian salad.

Rasanya yang manis dan segar tentunya membuat Moms menyukainya.

Semangka kaya likopen, antioksidan yang melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular. Sebuah studi di International Journal of Gynecology and Obstetrics menyebutkan ibu hamil yang mengonsumsi likopen setiap hari dapat mengurangi preeklampsia hingga 50 persen.

2. Mengandung Banyak Nutrisi untuk Janin

15 Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh, Bisa Mencegah Asma!

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengandung banyak nutrisi untuk janin. Studi yang sama juga menyebutkan bahwa semangka mengandung vitamin A, C, dan B6, serta potasium dan magnesium.

Faktanya, nutrisi-nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf, dan kekebalan tubuh janin di dalam kandungan.

Nah, untuk kesehatan Moms, kalium mampu mengatur keseimbangan air dalam darah dan jaringan tubuh.

3. Mencegah Dehidrasi

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: momjunction.com

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah dehidrasi. Semangka yang mengandung kadar air juga membuat Moms jauh dari dehidrasi.

Nah, perlu Moms ketahui bahwa dehidrasi selama kehamilan bisa berbahaya bagi ibu dan janin, seperti cairan ketuban yang rendah, terjadi kontraksi palsu, hingga parahnya bisa terjadi cacat lahir.

Mengonsumsi semangka selama kehamilan membantu tubuh Moms tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Benarkah Makan Semangka Bisa Cepat Hamil?

4. Mengatasi Morning Sickness

morningSickness-73266851-770x533-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengatasi morning sickness. Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi semangka pada trimester awal kehamilan bisa membantu atasi morning sickness. Benarkah demikian?

“Kandungan air di dalam sebuah semangka bisa mencapai 92 persen dan gula alami di dalamnya membantu mengurangi mual dan muntah. Selain itu, mineral yang dikandungnya dapat membantu mencegah kram otot,” ujar Steven Pratt, M.D, penulis SuperFoods Rx.

Nah, salah satu gejala dari morning sickness adalah mual dan muntah. Jadi, bisa dikatakan bahwa semangka membantu Moms untuk melewati masa-masa morning sickness dengan baik.

Sebagai varian lain, Moms bisa membuat jus semangka yang dicampurkan dengan jeruk nipis atau lemon untuk meningkatkan rasa.

5. Dapat Mengurangi Risiko Preeklamsia

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Semangka kaya akan likopen, senyawa yang memberi tomat dan buah-buahan serta sayuran berwarna serupa pigmen merahnya yang kaya. Ini menjadi manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya.

Dalam jurnal National Library of Medicine, ditunjukkan bahwa melengkapi dengan 4 mg likopen per hari, atau sekitar 60 persen likopen yang ditemukan dalam 1 cangkir (152 gram) semangka, dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50 persen.

Dalam National of Child Health and Human Development, preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan yang meningkat, dan hilangnya protein dalam urin. Ini adalah kondisi serius dan penyebab utama kelahiran prematur.

Berdasarkan temuan, bahwa suplementasi likopen dapat mengurangi risiko preeklamsia, semangka yang kaya likopen biasanya disebut-sebut dapat melindungi wanita dari perkembangan preeklamsia selama kehamilan.

Tetapi, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat ditarik.

6. Meringankan Kondisi Mulas

Waspada Sindrom Hiperstimulasi Ovarium Saat Program Hamil, Ini Penyebabnya!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya, semangka sangat menenangkan perut dan saluran makanan.

Wanita hamil menderita berbagai masalah pencernaan seperti keasaman dan mulas. Semangka memiliki sifat pendinginan yang membantu meringankan masalah ini, memberikan kelegaan instan.

7. Mengurangi Pembengkakan di Kaki dan Tangan

manfaat semangka untuk ibu hamil -11

Foto: Orami Photo Stock

Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan.

Manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya, semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot sehingga membantu mencegah edema.

Baca Juga: Makan Semangka Dicampur Minuman Bersoda, Berbahayakah?

8. Dapat Menurunkan Risiko Efek Samping atau Komplikasi Kehamilan

6 Month pregnancy.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan, kebutuhan cairan harian seorang wanita meningkat untuk membantu mendukung sirkulasi darah yang optimal, tingkat cairan ketuban, dan volume darah yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Pada saat yang sama, pencernaan cenderung melambat, menurut Cardiovascular Journal of Africa.

Kombinasi dari kedua perubahan ini dapat meningkatkan risiko wanita mengalami hidrasi yang buruk. Pada gilirannya, ini meningkatkan risiko sembelit atau wasir selama kehamilan.

Hidrasi yang kurang optimal selama kehamilan juga dapat dikaitkan dengan pertumbuhan janin yang buruk, serta risiko kelahiran prematur dan cacat lahir yang lebih tinggi.

Manfaat semangka untuk ibu hamil ada pada kandungan air yang kaya semangka dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan lebih baik, yang dapat mengurangi risiko sembelit, wasir, dan komplikasi kehamilan.

Namun, ini bisa dikatakan untuk semua buah atau sayuran kaya air, termasuk tomat, mentimun, stroberi, zucchini, dan bahkan brokoli. Oleh karena itu, meski secara teknis akurat, manfaat ini tidak eksklusif untuk semangka saja.

9. Mencegah Pigmentasi

manfaat semangka untuk ibu hamil -9

Foto: Orami Photo Stock

Banyak wanita hamil menderita kulit berpigmen. Masalah yang menjengkelkan ini bisa menghilangkan kebahagiaan dari kehamilan.

Manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya dapat menjaga pergerakan usus halus dan memperlancar pencernaan makanan. Hal ini kemudian dapat memengaruhi tekstur kulit untuk selamanya.

Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh diminimalkan dengan pembersihan tubuh secara teratur. Jadi, makan semangka bisa memberikan tampilan kulit yang glowing.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh saat Hamil

kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Saat hamil, tubuh Moms mengurus dua jiwa, Moms dan janin di dalam kandungan yang sedang tumbuh. Penurunan kesehatan dapat secara langsung memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang belum lahir.

Jangan khawatir! Moms dapat makan semangka secara teratur, karena manfaat semangka untuk ibu hamil dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh.

Buah ini mengandung likopen, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merahnya, yang membantu mengurangi kemungkinan pre-eklamsia hingga 50 persen.

Dalam United States of Department Agriculture, semangka juga memainkan peran penting dalam membangun kekebalan tubuh yang mungkin akan menurun selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Jenis Pose Yoga Ini Bisa Bantu Atasi Sembelit

11. Mengobati Sembelit

manfaat semangka untuk ibu hamil -10

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi sembelit. Sembelit adalah masalah umum selama kehamilan.

Semangka adalah obat yang aman dan andal untuk membersihkan gerakan usus yang terganggu. Buah ini sangat kaya serat yang mendorong pembentukan tinja, dan kandungan airnya membantu membersihkan jalan masuk, menciptakan tekanan pada usus.

12. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

menggunakan toilet umum

Foto: Orami Photo Stock

Pada tahap awal kehamilan, banyak wanita mengeluhkan infeksi saluran kemih (ISK). Ini adalah masalah umum namun menjengkelkan yang berkembang biak dengan ketidakmampuan kita untuk menjalani pengobatan yang tepat selama kehamilan.

Jangan khawatir! Manfaat semangka untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi kondisi ini. Buah yang berair ini sangat cocok karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakterinya.

Dengan cara ini, semangka membantu membilas bakteri yang stagnan dari saluran kemih, membebaskan Moms dari gejala buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan.

13. Mempromosikan Penglihatan yang Sehat

manfaat semangka untuk ibu hamil -11

Foto: Orami Photo Stock

Semangka juga mengandung beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A, dalam jumlah melimpah, menurut jurnal National Library of Medicine.

Dengan cara ini, buah semangka membantu mengais radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel.

Vitamin A juga terkait dengan penglihatan yang sehat, karena membantu melindungi lapisan luar mata (kornea). Ini juga memfasilitasi transmisi saraf optik yang sehat.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Manfaat Vitamin K Berikut Ini

14. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Tontonan Ibu Hamil dan Dampaknya Bagi Janin -4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat semangka untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mendukung pembentukan tulang janin. Semangka juga sangat tinggi kalsium dan potasium, mineral yang secara langsung terkait dengan perkembangan tulang janin.

15. Menenangkan Ruam Panas

manfaat semangka untuk ibu hamil -12

Foto: Orami Photo Stock

Kehamilan juga membuka jalan untuk lebih banyak panas tubuh, mengakibatkan ruam panas yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal.

Manfaat semangka untuk ibu hamil, dengan daya hidrasi dan sifat pendinginannya yang tinggi, merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi ruam panas ini.

Buah yang segar dikonsumsi saat musim panas ini juga mencegah kekeringan pada kulit yang terus-menerus, menjaganya tetap terhidrasi dan bebas gatal 24/7.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Nah, itulah beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil. Namun, sebaiknya hindari makan semangka di malam hari atau sebelum tidur karena dapat susah dicerna karena metabolisme tubuh melambat di malam hari.

Makan semangka dengan kadar air tinggi di malam hari juga bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat. Jadi, Moms dapat menemukan manfaat semangka untuk kesehatan bayi dan Moms dengan memerhatikan aturan penting dalam mengonsumsinya, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait