Kesehatan Umum

15 Juli 2021

12 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Coba Sekarang!

Salah satunya untuk mengatasi ketombe
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Widya Citra Andini

Serai yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citratus adalah tanaman yang mirip rumput tinggi dan biasa digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Tidak hanya sebagai rempah makanan, manfaat serai untuk kesehatan ternyata beragam, lho.

Batang bawah dan umbi tanaman memiliki aroma lemon segar, yang terkadang juga ditambahkan ke dalam teh, bumbu, kari, dan kaldu.

Selain sebagai penyedap makanan dan minuman, minyak serai juga digunakan untuk pengobatan alami, yang beberapa di antaranya sudah didukung oleh bukti ilmiah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu sendok makan serai segar menyediakan sekitar lima kalori, yang sebagian besar berasal dari karbohidrat (serat) dan protein.

Adapun mineral dalam serai termasuk kalsium (3 mg), kalium (34 mg), mangan (0,2 mg), magnesium (2,9 mg) dan zat besi (0,4 mg).

Serai juga menyediakan vitamin tertentu (dalam jumlah yang sangat kecil) termasuk vitamin A, vitamin C, folat, dan niasin.

Berikut ini adalah berbaga manfaat serai, yuk Moms disimak!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-rempah untuk Tubuh

Manfaat Serai untuk Kesehatan

Serai memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan, diuretik, analgesik, antipiretik, dan antioksidan.

Selain itu, ada juga kandungan yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Serai juga biasa diproduksi massal di kalangan industri dan dimanfaatkan untuk diambil minyaknya dan disebut dengan minyak atsiri. Adapun manfaat kesehatan dari serai antara lain sebagai berikut.

1. Mengontrol Ketombe

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 1 Mengontrol Ketombe.jpg

Foto: shutterstock.com

Minyak atsiri serai memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang efektif melawan infeksi akibat jamur Malassezia furfur. Umumnya, jamur ini sering dikaitkan sebagai penyebab ketombe.

Southeast Asian Journal of Tropical Medical Public Health menemukan fakta bahwa sampo minyak serai 2% menunjukkan aktivitas melawan Malassezia furfur.

Penelitian berjudul Anti-dandruff Hair Tonic Containing Lemongrass (Cymbopogon Flexuosus) Oil, juga menyimpulkan bahwa tonik rambut minyak serai 10% mengurangi ketombe lebih efektif daripada tonik rambut tanpa ramuan serai.

Baca Juga: 4 Minyak Esensial untuk Mengatasi Kerutan pada Wajah

2. Mengatasi Anemia

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 2 Anemia.jpg

Foto: shutterstock.com

Anemia adalah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa lemah dan lelah, karena kurangnya sel darah merah sehat untuk membawa pasokan oksigen ke jaringan tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh serai dapat meningkatkan erythropoiesis (produksi sel darah merah).

Manfaat serai ini mungkin berasal dari kandungan nutrisinya yang terdiri dari asam folat, tiamin, tembaga, besi, dan seng. Selain itu, serai juga memiliki sifat antioksidan dan farmakologisnya.

3. Memperbaiki Kesehatan Mental

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 3 Meningkatkan Kesehatan Mental.jpg

Foto: shutterstock.com

Manfaat serai berikutnya juga bisa membantu memperbaiki kesehatan mental, seperti mengontrol kecemasan dan membangkitkan semangat.

Moms bisa mendapatkan manfaat kesehatan mental dari minyak serai dengan menggunakannya sebagai aromaterapi untuk menghilangkan stres, kecemasan, dan insomnia.

Selain aromaterapi, Moms juha bisa mengonsumsi teh serai atau minyak serai untuk terapi kesehatan mental.

Baca Juga: 3 Manfaat Kandungan Teh Hijau pada Produk Skincare

4. Merawat Gigi

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 4 Merawat Gigi.jpg

Foto: shutterstock.com

Manfaat serai juga bisa membantu melawan periodontitis (radang gusi), penyakit gusi, dan gigi berlubang melalui sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang.

Caranya, gunakan produk yang mengandung serai untuk perawatan periodontitis. Produk ini berfungsi untuk bantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Produk-produk yang mengandung serai ini termasuk obat kumur herbal, pasta gigi, obat-obatan, dan minyak esensial. Gunakan produk ini sesuai petunjuk pada label yang tertera.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan air rebusan serai. Ini karena serai memiliki kandungan antimikroba. Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikrobanya.

5. Merawat Kulit

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 5 Merawat Kulit.jpg

Foto: shutterstock.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biochimie Open menunjukkan bahwa minyak esensial serai (Cymbopogonflexuosus) memiliki efek anti-inflamasi pada sel-sel kulit manusia.

Selain itu, minyak esensial juga menjadi agen terapi yang baik untuk mengobati kondisi kulit yang meradang.

Baca Juga: 6 Manfaat Sabun Serai untuk Kulit

6. Sumber Antioksidan

healthy woman tips header image

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat serai bagi kesehatan diperoleh dari sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai memiliki kandungan beberapa antioksidan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Antioksidan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

7. Anti Peradangan

lemongrass.png

Foto: shutterstock

Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Melansir WebMD, dua senyawa yang ada di dalam serai, yaitu citral dan geranial merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan.

Senyawa-senyawa tersebut dikatakan dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh.

Dengan sifat anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai peradangan, seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan.

Baca Juga: Mengenal Rhinitis Alergi, Peradangan di Rongga Hidung Akibat Alergi

8. Detoksifikasi Tubuh

sulit menahan pipis - thehealthy.com.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat serai yang paling dikenal adalah sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

Meminum teh serai dapat memiliki efek diuretik, yang berarti dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini Jadwal Makan Diet Ketat, Berat Badan Turun dan Tubuh Tetap Sehat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat serai bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan.

Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan oksidasi lemak. Efek ini bisa bantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Sayuran untuk Diet yang Membantu Menurunkan Berat Badan

10. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Ibu hamil tekanan darah tinggi.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat serai berikutnya ternyata dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh.

Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai dapat membantu membersihkan hati.

Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

11. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

sel darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hasil penelitian tahun 2015 yang dikutip oleh Medical News Today menunjukkan bahwa minum teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel yang baru, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti mengambil tes darah dari 105 subjek manusia di awal dan kemudian pada 10 serta 30 hari penelitian.

Mereka menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Meskipun mereka tidak mengidentifikasi secara tepat bagaimana serai melakukan ini, mereka menyarankan bahwa sifat antioksidan teh dapat berperan besar.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

11. Menghilangkan Kembung

penyebab perut terasa kembung-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Efek diuretik dalam serai dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya.

Menurut sebuah studi skala kecil di Journal of Renal Nutrition, manfaat serai baik dengan meminum atau mengonsumsinya, dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak daripada minuman lain.

Efek diuretik pada tubuh ini dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung, yang juga merupakan gejala umum dari sindrom pramenstruasi (PMS).

12. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit (healthcare.utah.edu).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sifat antiseptik dan astringen dari air serai dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Minyak esensial daun teh sereh dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatannya. Air serai juga dapat membantu mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit.

Manfaat serai dapat mengobati infeksi, seperti folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti mikrobanya juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

Baca Juga: Tanpa ke Dokter, Ini 3 Cara Alami Membuat Kulit Mulus

Ternyata manfaat serai tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga bagi kesehatan mental dan kecantikan. Tertarik mencobanya, Moms?

  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-719/lemongrass
  • https://www.webmd.com/diet/lemongrass-health-benefits#1
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321969#recipe
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5801909/
  • https://fdc.nal.usda.gov/ndb/foods/show/11972
  • https://pubs.acs.org/doi/10.1021/jf0479766
  • https://www.jrnjournal.org/article/S1051-2276(14)00157-5/abstract
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait