Kesehatan

KESEHATAN
8 November 2020

10 Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengembalikan Elastisitas Kulit

Bahan ini berasal dari ekstrak kacang pepohonan di Afrika
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah mendengar shea butter? Shea butter merupakan bahan skincare yang berasal dari ekstrak kacang dari pohon shea di Afrika. Shea butter adalah minyak berlemak yang berbentuk padat pada suhu kamar.

Kacang ini dihancurkan, direbus, dan dimanipulasi untuk mengekstrak lemak berwarna terang, yang biasa disebut dengan shea butter. Komponen utama shea butter termasuk asam oleat, asam stearat, asam linoleat, dll. Ia diserap dengan cepat ke dalam kulit saat meleleh pada suhu tubuh. Sifat pelembap dan penyembuhannya terbukti bermanfaat untuk banyak masalah kulit.

Dalam Journal of Food Science and Technology, ia juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba (sampai batas tertentu) yang dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit. Kemiripannya dengan banyak minyak nabati membuatnya cocok untuk dikonsumsi.

Cosmetic Info mengungkapkan bahwa shea butter umum digunakan pada produk mandi, pembersih, makeup, lipstik, perawatan rambut, dan lotion.

Oleh sebab itu, mungkin Moms paling sering mendengar penggunaan shea butter dalam lotion, body butter, lip balm, dan kondisioner.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

Manfaat Shea Butter untuk Kulit

manfaat shea butter 1.jpeg

Foto: dermatech.co.nz

Secara umum, manfaat shea butter memang melembapkan kulit. Namun, terdapat berbagai kegunaan shea butter lainnya yang perlu Moms tahu. Mari simak ulasannya!

1. Melembapkan Kulit

Shea butter merupakan pelembap yang efektif bagi kulit wajah dan tubuh. Lemak yang terdapat di dalamnya dapat melembutkan serta mengunci kelembapan pada kulit, sehingga tetap terhidrasi dalam waktu yang lama.

American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit.

Bagi Moms yang sering mengalami kulit kering, bahkan sampai pecah-pecah, kasar, dan mengelupas, shea butter mampu menutrisinya kembali.

Gunakan shea butter untuk menyembuhkan telapak kaki yang kering, kutikel kuku kering, dan bagian kulit lainnya yang kasar.

Bila Moms bekerja di ruangan ber-AC, shea butter bisa mencegah kekeringan kulit akibat suhu yang dingin.

2. Mengurangi Inflamasi

Shea butter mengandung cinnamic acid yang bersifat antiinflamasi. Manfaat shea butter yang satu ini berguna untuk memperbaiki kondisi kulit seperti dermatitis dan rosacea.

Kulit terbakar, terluka, dan gatal yang membengkak juga bisa diminimalisir dengan jenis butter ini

3. Anti-aging

Moms mungkin tidak menduga kegunaan shea butter yang satu ini. Shea butter bisa menstimulasi produksi kolagen di kulit, sehingga kulit tetap kenyal, bernutrisi, dan bersinar.

Bila diaplikasikan secara teratur, shea butter juga mencegah kerutan dan garis-garis halus di wajah.

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

4. Mengobati Jerawat dan Noda pada Permukaan Kulit

Shea butter dikenal karena khasiat penyembuhannya, yang dapat dikaitkan dengan adanya beberapa asam lemak dan sterol seperti asam oleat, palmitat, stearat, dan linolenat. Komponen yang larut dalam minyak ini tidak mengalami saponifikasi atau diubah menjadi sabun saat bersentuhan dengan alkali.

Shea butter lebih non-saponifiable daripada minyak dan lemak kacang lainnya, sehingga memberikan potensi penyembuhan yang besar. Bahan satu ini mentah dan tidak dimurnikan sehingga efektif dalam menyembuhkan ruam kulit, kulit mengelupas, bekas luka, stretch mark, luka bakar, kaki atlet, gigitan dan sengatan serangga, serta jerawat.

5. Meredakan Kulit Gatal dan Mengupas

Untuk kulit gatal, sifat pelembap dan anti-inflamasi dari shea butter terbukti bermanfaat. Kekeringan dapat menyebabkan kulit Moms mulai mengelupas dan / atau bersisik. Itu bisa menyebabkan kulit gatal.

Asam lemak pelembap dari shea butter dapat meredakan nyeri dengan memberi kulit minyak yang dibutuhkannya. Jika rasa gatal disebabkan oleh kondisi kulit seperti psoriasis, aktivitas anti-inflamasi dari shea butter bekerja dengan sangat baik untuk meredakannya.

6. Mengembalikan Elastisitas Kulit

Materi non-saponifiable dan vitamin F dalam mentega ini merupakan bahan penting untuk menjaga elastisitas kulit. Shea butter juga meningkatkan produksi kolagen di kulit. Dengan demikian, aplikasinya mengembalikan elastisitas alami kulit selain melembapkan, melembutkan, dan mempercantiknya. Elastisitas yang dipulihkan juga memastikan berkurangnya kerutan dan noda.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Wajah Cepat Keriput

7. Mengurangi Iritasi dan Benjolan Akibat Pisau Cukur

Mencukur rambut menggunakan pisau cukur sering kali dapat membuat kulit kita iritasi dan gatal. Kadang-kadang, bahkan mungkin timbul benjolan setelah bercukur akibat iritasi.

Shea butter di sini dapat membantu menguranginya karena melembapkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Moms juga bisa mengoleskan mentega sehari sebelum mencukur untuk menghaluskan kulit dan rambut. Ini akan membuat proses pencukuran lebih mudah dan lebih cepat dan tidak meninggalkan titik iritasi.

8. Mengurangi Stretch Mark

Shea butter sering digunakan sebagai bahan dasar salep atau krim yang dibuat secara komersial untuk perawatan stretch mark. Ini karena secara dramatis dapat membantu mencegah dan mengurangi stretch mark yang terbentuk selama kehamilan akibat penambahan berat badan dan / atau penurunan berat badan. Tanda ini terbentuk saat kulit meregang melebihi kapasitas elastisnya.

Pengaplikasian shea butter akan mengembalikan elastisitas alami kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen. Ini adalah emolien alami. Pijat harian di area yang terkena dengan mentega penyembuh kulit ini dapat meringankan stretch mark.

9. Membantu Menenangkan Kulit dan Ruam Popok Bayi

Shea butter yang tidak dimurnikan adalah pelembap alami yang sangat baik tanpa bahan kimia. Karena itu, sangat ideal untuk perawatan bayi karena selain lembut dan lembut pada kulit, produk ini secara khusus disesuaikan untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif. Dalam buku Making Natural Hair Care Products - A Beginner’s Guide, shea butter dapat diaplikasikan setelah mandi dan juga digunakan untuk menyembuhkan eksim atau ruam popok pada kulit bayi dan balita.

Baca Juga: Ruam Popok pada Bayi, Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

10. Menjaga Kesehatan Bibir

Shea butter mudah diserap dan memberikan kelembapan dan nutrisi ekstra yang dibutuhkan bibir selama musim dingin dan kondisi cuaca kering. Dengan demikian, ini berfungsi sebagai lip balm yang sempurna dan juga efektif untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah. Saat diaplikasikan, itu membentuk penghalang di bibir dan mempertahankan kelembaPan di kulit.

Keamanan Menggunakan Shea Butter

manfaat shea butter 2.jpg

Foto: nekawabeauty.com

Setelah membahas berbagai manfaat shea butter untuk kesehatan kulit, kini saatnya mengulas keamanan bahan ini.

The Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa shea butter dan shea oil secara umum aman digunakan.

Begitu juga dengan para peneliti di Cosmetic Ingredient Review (CIR). Mereka melaporkan bahwa shea butter aman dipakai dalam kosmetik dan produk perawatan lainnya.

Namun, AAD mengingatkan Moms dengan kulit yang rentan berjerawat untuk berhati-hati saat menggunakan shea butter.

Produk yang mengandung minyak, seperti shea butter dan cocoa butter dapat menyumbat pori-pori, kemudian memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Zinc Oxide pada Skincare, Apa Manfaatnya?

Dengan berbagai khasiat shea butter bagi kulit, apakah Moms mau mencoba menggunakannya?

Artikel Terkait