Kesehatan

30 April 2021

25 Manfaat Susu Beruang untuk Tubuh, Luar Biasa Sehat!

Ternyata baik juga untuk ibu hamil lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti sudah sangat familiar dengan susu beruang atau Bear Brand. Biasanya, susu beruang banyak dan bisa Moms temui di berbagai toko atau grocery. Tapi tahukah Moms bahwa manfaat susu beruang tidak kalah dibandingkan dengan manfaat susu lainnya?

Sama seperti susu pada umumnya, susu beruang juga merupakan susu yang diambil dari sapi. Lalu, kenapa disebut susu Bear Brand atau susu beruang? Karena susu beruang ini memiliki proses pembuatan yang berbeda dengan susu sapi lainnya.

Susu beruang telah melalui proses sterilisasi yang jauh lebih baik dibandingkan susu lainnya. Tentu bukan rahasia umum jika susu sendiri juga menjadi kebutuhan pokok karena kaya akan manfaat.

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk nutrisi yang menjadi perhatian meskipun pada banyak populasi masih kurang dikonsumsi. Penelitian juga menyebutkan bahwa susu memberikan kalium, B12, kalsium, dan vitamin D yang kurang dalam banyak makanan.

Susu juga merupakan sumber vitamin A, magnesium, seng, dan tiamin (B1) yang baik. Selain itu, penelitian juga menunjukan bahwa susu adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda, termasuk asam linoleat terkonjugasi (CLA) dan omega-3.

Asam linoleat terkonjugasi dan asam lemak omega-3 dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko diabetes dan penyakit jantung. Namun, perlu Moms tahu bahwa kandungan nutrisi susu bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti kandungan lemaknya dan makanan serta perawatan sapi asalnya.

Lantas, jika manfaat susu beruang tidak kalah dengan susu biasa, maka apa saja kandungan nutrisi susu beruang? Dikutip dari Dr Health Benefit manfaat susu beruang banyak mengandung protein, vitamin, dan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan. Susu beruang mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, dan kalori.

Jika berbicara tentang manfaat susu beruang, maka Moms harus tahu bagaimana proses sterilisasi susu beruang. Sterilisasi susu beruang dilakukan dengan cara memanaskan susu sampai di atas titik didih.

Hal ini menyebabkan kematian bakteri dan kuman serta spora. Untuk proses sterilisasi susu diperlukan peralatan khusus dan biasanya biayanya relatif mahal.

Proses sterilisasi susu menyebabkan beberapa vitamin yang larut dalam air menghilang. Akan tetapi, riboflavin dan kasein tetap ada karena merupakan vitamin dan protein yang tahan terhadap suhu yang menghangat.

Jadi yang perlu Moms ingat, saat membuka susu beruang maka Moms harus segera mengkonsumsinya sampai habis, karena susu ini tidak bisa bertahan lama.

Terdapat tiga macam susu beruang, yaitu:

  • Bear Brand
    100% susu murni berkualitas tinggi yang tidak ditambah bahan pengawet dan telah melewati proses sterilisasi dan dapat langsung dikonsumsi oleh tubuh. Susu ini mengandung semua kebaikan susu dan nutrisi serta tidak mengandung gula.
  • Bear Brand Gold White Tea
    Dengan kandungan white tea yang berasal dari daun teh dan memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dari hasil pengolahannya. Susu beruang ini dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E.
  • Bear Brand Gold White Malt
    Memiliki kandungan malt yang digunakan sebagai sumber energi dan dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B6, dan B12.

Baca Juga: Manfaat Susu Sapi A1 dan A2, Apa Perbedaannya?

Berikut ini adalah 25 manfaat susu beruang bagi kesehatan mulai dari wajah hingga tubuh yang mungkin belum Moms tahu.

Manfaat Susu Beruang bagi Kesehatan Tubuh

susu beruang

Foto: steemit.com

1. Menyehatkan Paru-Paru

Manfaat susu beruang yang pertama yaitu membantu menyehatkan paru-paru pada anak karena berbagai kandungannya seperti yang sudah disebutkan. Itu artinya, untuk memperoleh manfaat susu beruang ini, maka anak-anak boleh mengkonsumsinya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat susu beruang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungannya berupa mineral, lemak, dan vitamin. Jika daya tahan tubuh seseorang kuat, maka ini akan membantu untuk terhindar atau tidak mudah sakit.

3. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Moms juga harus tahu bahwa zat dan proses sterilisasi pada susu beruang yang telah dilakukan, akan berpengaruh dalam hal penanggulangan racun dalam tubuh.

4. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Berbeda dengan susu lainnya, manfaat susu beruang juga didapatkan karena kandungan lemak dan proteinnya yang tidak terlalu tinggi. Maka dari itu, manfaat susu beruang yang lainnya adalah membantu menjaga kolesterol dengan tetap bisa mendapatkan manfaat dari kandungan vitaminnya.

Tidak hanya itu, manfaat susu beruang ini bahkan juga membantu tubuh seseorang terhindar dari berbagai risiko yang berhubungan dengan kolesterol.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

5. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Sama seperti manfaat susu biasanya, manfaat susu beruang yaitu menjaga kekuatan tulang. Vitamin yang ada pada susu beruang juga membawa manfaat dalam memperkuat tulang sehingga tidak mudah terserang arthritis, dan masalah tulang lainnya.

Susu beruang adalah minuman kaya nutrisi yang mengandung salah satu unsur mineral, yaitu kalsium. Bukan rahasia umum bila salah satu khasiat kalsium adalah menyehatkan tulang.

6. Membantu Proses Pemulihan Tubuh

Manfaat susu beruang karena kemurniannya yaitu menjaga kesehatan dan mendukung proses pemulihan tubuh. Banyak yang membuktikan bahwa manfaat susu beruang yang paling ampuh adalah membantu menghilangkan penyakit yang ada di dalam tubuh.

7. Menjaga Kinerja Otak

Salah satu manfaat susu beruang bagi kesehatan adalah untuk menjaga kemampuan otak. Hal ini dikarenakan susu beruang memiliki kandungan protein yang tinggi dan salah satu manfaat protein adalah meningkatkan fungsi otak.

8. Membantu Tubuh Tetap Segar & Sehat

Susu beruang mengandung antioksidan yang membantu menjaga tubuh seseorang tetap segar dan sehat. Antioksidan dalam susu ini digunakan untuk mencegah berbagai penyakit, mencegah kerusakan sel, dan seperti yang sudah Moms ketahui yaitu menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh sebagai salah satu manfaat susu beruang.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

9. Membantu Megeluarkan Racun Dalam Tubuh

Susu beruang memiliki kandungan mineral dan zat yang berfungsi untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, manfaat susu beruang juga kemampuannya dalam membantu membersihkan paru-paru dari zat kimia yang terhirup.

Jadi, susu beruang merupakan susu yang sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat yang bekerja di lingkungan industri. Jika rutin mengonsumsinya, manfaat susu beruang yang bisa diserap tubuh seseorang yaitu terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bahan kimia.

10. Membersihkan Aliran Darah

Kandungan antioksidan pada susu ini juga dapat membantu proses pembersihan aliran darah. Aliran darah dalam tubuh bisa terhambat karena beberapa faktor, salah satunya karena kadar kolesterol yang tinggi.

Meski demikian, manfaat susu beruang yang tidak disangka yaitu mampu menghilangkan racun yang menyumbat aliran darah.

11. Membantu Membersihkan Perut

Manfaat susu beruang tidak hanya membersihkan aliran darah, tetapi juga mampu melakukan pembersihan organ di perut. Luar biasa bukan Moms

12. Membantu Membersihkan Hati

Manfaat susu beruang dalam hal membersihkan organ tubuh memang tidak main-main. Bahkan susu beruang mampu membersihkan organ jantung sehingga jantung tetap sehat.

13. Membantu Membersihkan Rongga Dada

Bagi Moms atau yang memiliki keluarga sedang dalam masa penyembuhan, maka ini saatnya mencoba manfaat susu beruang. Susu ini memiliki kandungan yang mampu membersihkan organ di dalam tubuh yaitu termasuk rongga dada.

Baca Juga: 6 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri, Yuk Kenali!

14. Memberi Energi

Susu beruang mengandung vitamin B1, B2, B6, B12 yang membantu mempercepat proses pengolahan energi. Ini artinya manfaat susu beruang bisa dirasakan secara maksimal karena dapat membantu sesorang melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

15. Mengurangi Lemas

Jika Moms atau anggota keluarga kainnya rutin mengonsumsi susu beruang, maka tubuh akan terhindar dari lemas. Manfaat susu beruang yang bisa Moms rasakan saat setelah mengonsumsinya yaitu tubuh yang kembali berenergi.

Manfaat Susu Beruang untuk Melawan Penyakit

susu beruang

Foto: indianexpress.com

16. Mengobati Penyakit TBC Pada Orang Dewasa

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, manfaat susu beruang bahkan dapat membersihkan organ di dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa susu beruang dapat membantu penyembuhan penyakit TBC pada orang dewasa, dimana terdapat bercak pada paru-paru yang lama kelamaan akan berkurang.

17. Mengobati Pilek

Jika anak Moms sedang pilek, Moms bisa memberikan susu beruanh untuk menggantikan susu lain yang biasa Moms berikan. Mengapa?

Manfaat susu beruang lainnya ternyata dapat mengobati masuk angin karena memiliki kandungan vitamin untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, jika Si Kecil yang terkena pilek mengonsumsi susu ini, flu akan lebih cepat sembuh.

18. Mengatasi Penyakit Tifus

Jika seseorang terserang tifus, segeralah minum susu beruang karena manfaat susu beruang yang banyak tidak diketahui yaitu dapat membantu seseorang yang menderita tifus agar lebih cepat sembuh.

Baca Juga: Kenali Gejala Tifus pada Anak Balita

Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan Kulit

susu beruang

Foto: abestfashion.com

19. Menutrisi Kulit

Susu beruang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Karena memiliki kandungan vitamin tersebut, manfaat susu beruang juga bisa dirasakan oleh kulit dimana jenis susu ini dapat membantu proses regenerasi kulit dan mencegah kerusakan sel kulit lebih dini.

Salah satu Manfaat Vitamin C bagi kulit adalah menjaga keutuhan struktur kolagen dan minyak alami kulit untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk jaringan fibrosa yang terdiri dari tulang rawan, kulit, pembuluh darah vena dan jaringan lunak di sekitar mata. Sementara vitamin E, manfaatnya sudah dikenal sebagai antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel termasuk sel kulit tubuh. Jadi, mengonsumsi susu beruang akan membantu seseorang mendapatkan kulit yang sehat.

20. Membuat Wajah Lebih Putih

Susu beruang adalah susu murni yang sudah terjamin kebersihannya dari kuman. Salah satu manfaat susu beruang bagi kesehatan kulit yaitu adalah memutihkan wajah secara alami.

Moms bisa mencampurkannya dengan bubuk kacang almond lalu menjadikannya sebagai masker wajah dan dioleskan di wajah. Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa melakukannya dua kali dalam seminggu.

21. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Tahukah Moms bahwa manfaat susu beruang lainnya justru dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda? Moms hanya perlu menuangkan susu beruang ke dalam mangkuk, mengambil kapas, lalu mencelupkannya ke dalam mangkuk, dan menempelkannya di mata. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu angkat kapas dan bilas mata dengan air bersih.

Baca Juga: Sederet Cara Mudah Mengatasi Mata Panda

Manfaat Susu Beruang Bagi Pola Hidup Sehat

susu beruang

Foto: newspatrolling.com

22. Terhindar dari Obesitas

Susu beruang merupakan susu yang tidak mengandung lemak dan protein dalam jumlah yang tinggi, karena telah melewati proses sterilisasi dan hal ini menjadikan susu beruang tidak berdampak besar pada berat badan seseorang. Itu artinya, manfaat susu beruang ini justru membantu seseorang terhindar dari bahaya risiko obesitas.

23. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Karena manfaat susu beruang yang dapat membantu membersihkan dan membantu proses penyembuhan, susu beruang juga dapat membantu tubuh seseorang lebih rileks dan tidur nyenyak.

24. Membantu Diet

Jika Moms sedang menjalani program diet, susu beruang sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam menu tambahan diet. Berbeda dengan susu lainnya, susu beruang tidak mengandung gula. Mengkonsumsi susu beruang tidak akan mempengaruhi berat badan meskipun tetap bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik dari susu beruang ini.

Baca Juga: Kisah Diet yang Sukses dan Jadi Viral

Manfaat Susu Beruang Bagi Ibu Hamil

susu beruang

Foto: parenting.firstcry.com

25. Membantu Pertumbuhan Otak Pada Janin

Susu beruang juga merupakan susu yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, susu ini memiliki zat yang sangat baik untuk pertumbuhan otak pada janin. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka janin akan mendapat manfaat susu beruang ini yaitu terhindar dari kecacatan otak.

Itulah 25 manfaat susu beruang yang mungkin belum Moms ketahui. Akan tetapi, ingatlah bahwa berdasarkan anjuran para ahli gizi, susu beruang tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

  • https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_2
  • https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/beverages/milk/health-benefits-of-bear-brand-sterilized-milk
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait