Gizi

12 November 2021

5 Manfaat Susu Rendah Laktosa dan Rekomendasinya untuk Anak

Susu rendah laktosa ada banyak manfaatnya, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Memiliki intoleransi laktosa membuat kita harus memilih susu rendah laktosa jika tetap ingin mengonsumsi susu setiap harinya.

Susu adalah salah satu minuman yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya sehingga bagus dikonsumsi, tak hanya oleh anak-anak tapi juga untuk orang dewasa.

Sayangnya tak semua orang bisa mengonsumsi susu dengan leluasa karena dalam susu terdapat kandungan laktosa yang bagi sebagian orang tidak bisa ditoleransi dengan baik oleh tubuh mereka. Kondisi tersebut dinamakan intoleransi laktosa.

Baca Juga: Diare Usai Minum Susu Sapi? Kenali Kondisi Intoleransi Laktosa dan Cara Menanganinya

Mengenal Laktosa pada Susu dan Intoleransi Laktosa

Susu Rendah Lemak

Foto: pexels.com/Charlotte May

Laktosa merupakan karbohidrat utama yang terkandung dalam susu serta produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Kandungan karbohidrat ini terdiri dari glukosa atau gula dan galaktosa.

Laktosa memiliki peranan dalam penyerapan kalsium dan mineral lainnya. Tak hanya itu saja, laktosa juga bisa menjadi prebiotik alami bagi saluran pencernaan.

Kadar laktosa dalam susu hewan seperti susu sapi, kambing, hingga domba sangatlah tinggi. Sedangkan untuk kandungan laktosa dalam susu nabati jauh lebih rendah, bahkan ada yang tidak memiliki kandungan laktosa sama sekali.

Menurut jurnal yang berjudul Lactose Intolerance, Dairy Avoidance, and Treatment Options dijelaskan bahwa intoleransi laktosa ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan enzim laktase.

Baca Juga: Kenali Gejala Intoleransi Laktosa Pada Anak, Lengkap Penjelasannya!

Hal ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti diare, mual, sakit perut, hingga kembung setelah mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan laktosa di dalamnya.

Situasi seperti ini membuat orang yang memiliki intoleransi laktosa terpaksa harus mengonsumsi susu rendah laktosa atau susu bebas laktosa.

Intoleransi laktosa memiliki banyak jenisnya, tapi secara umum terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder.

Jika orang memiliki intoleransi laktosa primer, mereka bisa mengonsumsi susu rendah laktosa karena penyebab intoleransinya adalah karena faktor genetik hingga pertambahan usia. Sedangkan tipe kedua adalah intoleransi laktosa sekunder yang disebabkan oleh penyakit tertentu sehingga hanya bisa mengonsumsi susu bebas laktosa.

Baca Juga: 5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa!

Manfaat Susu Rendah Laktosa

Susu Rendah Lemak

Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Layaknya susu pada umumnya, susu rendah laktosa juga memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda di dalamnya sehingga Moms bisa mendapatkan manfaat jika rutin mengonsumsinya.

Ada beberapa manfaat susu rendah laktosa yang perlu Moms ketahui, yaitu:

1. Bagus untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat yang paling bisa Moms rasakan saat mengonsumsi susu rendah laktosa adalah susu ini sangat bagus untuk kesehatan gigi dan tulang.

Susu rendah laktosa mengandung kandunga vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi. Dalam satu gelas susu rendah laktosa ini bisa memenuhi hampir 30% lebih kebutuhan kalsium harisan dan 25% kebutuhan vitamin D harian.

Tentu saja hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan bisa menjaga kesehatan tulang serta gigi. Selain itu, susu rendah laktosa juga memiliki rasa yang lebih manis.

Dalam susu rendah laktosa terdapat penambahan enzim laktase sehingga mampu memecah laktosa menjadi dua jenis gula sederhana yakni glukosa dan galaktosa.

Baca Juga: Intoleransi Laktosa Pada Bayi: Gejala, Penyebab, dan Jenisnya

2. Menjaga Kesehatan Hati

Susu rendah laktosa memiliki kandungan lemak rendah yang tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Kandungan lemak yang berlebihan pada susu bisa membuat kerja hati menjadi lebih keras.

Dengan susu rendah laktosa ada kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Ditambah lagi ada kandungan potasoum yang bisa menyeimbangkan kadar sodium dalam darah.

3. Bisa Menjaga Sistem Pencernaan dengan Baik

Manfaat lain dari susu rendah laktosa adalah bisa menjaga sistem pencernaan dengan baik. Orang yang memiliki intoleransi laktosa sangat rentan terhadap beragam penyakit pencernaan seperti mual, perut kembung, dan lain sebagainya.

Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, sistem pencernaan bisa terjaga dengan baik karena kandungan laktosanya rendah sehingga Moms tak perlu mengalami masalah pencernaan lagi setelah mengonsumsi susu.

Baca Juga: Cek Kandungan Nutrisi dan Kalori Jagung Rebus

4. Menjaga Kesehatan Massa Otot

Salah satu manfaat dari susu rendah laktosa adalah bisa membantu menjaga kesehatan massa otot.

Dalam susu rendah laktosa mengandung protein lengkap. Di setiap gelasnya, ada kandungan protein sebanyak 8 gram dan juga asam amino yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan otot dan sistem saraf.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat terakhir dari susu rendah lemak sudah pasti bisa meningkatkan daya tahan tubuh Moms. Hal ini ada kaitannya dengan manfaat susu rendah laktosa yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Jika sistem pencernaan tubuh bisa terjaga dengan baik, pastinya tubuh bisa dengan mudah menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Selain itu di dalam susu rendah laktosa juga terdapat banyak kandungan nutrisi seperti beragam vitamin dan mineral yang pastinya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Solusi Intoleransi Laktosa untuk Anak dan Orang Dewasa, Simak Penjelasannya

Rekomendasi Susu Rendah Laktosa untuk Anak

Kebanyakan orang yang mengalami intoleransi laktosa adalah anak-anak. Mulai dari yang usianya 1 tahun lebih. Supaya Moms tidak bingung dalam memilihnya, di bawah ini ada rekomendasi susu rendah laktosa untuk anak, yaitu:

1. Nutren Junior

Nutren Junior

Foto: shopee.co.id

Nutren Junior adalah susu rendah laktosa yang diperuntukkan untuk anak berusia 1-10 tahun.

Susu ini dilengkapi dengan kandungan protein whey, omega 3, omega 6, DHA, serat pangan, 13 vitamin, dan 9 mineral di dalamnya.

Nutren Junior ini dibandrol dengan harga sekitar Rp170.000 per 400 gramnya.

Baca Juga: Pengganti Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Beras Bagi Kesehatan

2. SGM Eksplor Soya Progress Maxx

SGM Eskplor Soya Progress Maxx

Foto: shopee.co.id

SGM Eksplor Soya Progress Maxx adalah susu rendah laktosa yang di dalamnya memiliki kandungan minyak ikan, omega 3, dan omega 6 sehingga bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Selain itu juga ada kandungan vitamin lainnya seperti vitamin C, D, zinc, serat, dan lain sebagainya.

Susu rendah laktosa ini diperuntukkan untuk anak yang berusia 1-5 tahun. Per 400 gramnya, SGM Eksplor Soya Progress Maxx dibandrol dengan harga sekitar Rp93.000.

3. Isomil Plus Advance

Isomil Plus Advance

Foto: blibli.com

Susu rendah laktosa yang berikutnya adalah Isomil Plus Advance. Susu ini dilengkapi dengan kandungan AA, DHA, protein, kalsium, vitamin, dan mineral lainnya.

Bahan dasar pembuatan dari susu Isomil Plus Advance adalah kacang kedelai sehingga rendah laktosa.

Isomil Plus Advance ini diperuntukkan untuk anak berusia 1-10 tahun. Untuk harganya dibandrol sekitar Rp112.000 untuk 400 gramnya.

Baca Juga: 8 Fakta Susu Formula Organik untuk Bayi dan Rekomendasinya

4. Morinaga Chil Kid Soya

Morinaga Chil Kid Soya

Foto: shopee.co.id

Morinaga Chil Kid Soya adalah susu rendah laktosa yang terbuat dari kacang kedelai. Meski bahan dasarnya adalah kacang kedelai, tapi kandugan gizi di dalamnya juga sangat lengkao.

Susu rendah laktosa ini memiliki kandungan protein kedelai, AA, DHA, kolin, omega 3, omega 6, zat besi, GOS, zink, dan masih banyak lagi.

Morinaga Chil Kid Soya ini diperuntukkan untuk usia 1-3 tahun. Untuk harganya sendiri dibandrol seharga Rp90.000-an untuk 300 gram.

5. Nutrilon Royal Acti Duobio+

Nutrilon Royal Acti Duobio+

Foto: tokopedia.net

Susu rendah laktosa yang terakhir adalah Nutrilon Royal Actio Duobio+ yang terbuat dari bahan dasar susu kedelai. Susu ini ada yang diformulasikan khusus untuk anak berusia 1-3 tahun dan 4-6 tahun.

Di dalam Nutrilon Royal Acti Duobio+ ini terdapat kandungan minyak nabati, protein kedelai, mineral, frukto oligo, sakarida, AA, DHA, zat besi, dan beragam vitamin di dalamnya.

Nutrilon Royal Acti Duobio+ dibandrol seharga Rp175.000 untuk 800 gram nya.

Itulah informasi mengenai susu rendah laktosa yang perlu Moms ketahui, mulai dari dari manfaat hingga rekomendasinya. Semoga Moms bisa memilih susu rendah laktosa yang sesuai!

  • https://www.healthline.com/nutrition/lactose-free-milk#bottom-line
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0023643809001893
  • https://www.healthline.com/nutrition/lactose-intolerance-101#TOC_TITLE_HDR_4
  • https://www.healthline.com/nutrition/dairy-foods-low-in-lactose#TOC_TITLE_HDR_5
  • https://gulfnews.com/lifestyle/health-fitness/lactose-free-milk-is-a-good-substitute-1.1220229
  • https://my-best.id/136907
  • https://www.alodokter.com/intoleransi-laktosa
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait