Kesehatan

KESEHATAN
12 Maret 2021

Manfaat Susu Sapi A1 dan A2, Apa Perbedaannya?

Ternyata ada perbedaan antara susu sapi A1 dan A2
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Manfaat susu sapi memang sangat banyak untuk tubuh terlebih untuk anak-anak. Manfaat tersebut pun bisa dirasakan ketika Moms meminum atau memberikan susu sapi dengan aturan minum yang tepat.

Dilansir dari downtoearth.org, susu memiliki banyak sekali manfaat untuk anak kecil hingga usia dewasa. Lalu, apa saja sih manfaat susu sapi? Yuk disimak!

Baca Juga: Mengenal 4 Ragam Jenis Susu Formula Bayi, Mana yang Paling Cocok?

Manfaat Susu Sapi

Manfaat Susu Sapi.jpg

Foto: freepik.com

1. Manfaat Susu Sapi untuk Pasien Diabetes

Manfaat susu sapi yang pertama sangat terasa bagi pasien yang menderita diabetes.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Dairy Science menemukan bahwa gula darah bisa dikontrol ketika seseorang rutin mengonsumsi susu sapi di pagi hari.

Bagi seseorang yang menderita diabetes tipe 2 pun bisa merasakan efeknya secara langsung. Dr. Douglas Goff dari University of Guelph di Kanada mengatakan bahwa susu yang tinggi akan protein, jika dikonsumsi pada pagi hari serta diiringi dengan konsumsi karbohidrat dapat melepaskan hormon di lambung. Hasilnya, proses pencernaan akan terhambat dan menimbulkan perasaan kenyang.

Jadi orang tersebut akan mengonsumsi makanan lebih sedikit di siang hari dan hal tersebut bisa menjaga kestabilitasan gula darah serta risiko obesitas.

2. Menurunnya Risiko Terjangkit Alergi

Susu murni yang belum dipasteurisasi ketika dikonsumsi langsung akan menuai banyak kritikan. Namun, susu jenis ini memiliki manfaat yang tak terduga.

Disebutkan bahwa, kemungkinan seseorang dirawat di rumah sakit karena bakteri dari susu segar yang belum dipasteurisasi tiga kali lebih kecil daripada kemungkinan mereka yang meninggal karena kecelakaan pesawat.

Susu sapi murni sendiri mengandung nutrisi seperti probiotik, vitamin D dan imunoglobin yang sanggup meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjangkit alergi.

3. Sehat untuk Jantung

Manfaat susu tidak hanya untuk tulang, ternyata susu juga memiliki manfaat yang baik untuk jantung.

Dengan mengonsumsi susu, hal tersebut bisa membantu mengurangi penyakit kardiovaskular dan menurunkan kemungkinan seseorang terserang stroke.

Susu juga mengandung magnesium serta potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aluran darah ke organ vital. Hal tersebut berimbas pada pengurangan tekanan pada antung dan sistem kardiovaskular.

Membicarakan manfaat susu sapi, tahukah Moms kalau manfaat susu sapi A2 lebih banyak dibandingkan dengan susu A1.

Ternyata terdapat perbedaan antara susu yang berasal dari susu sapi biasa dengan susu sapi A2, lho!

Perbedaan yang paling nyata adalah susu sapi bisa mengandung beta kasein A1 sementara susu sapi A2 mengandung beta kasein A2.

Baca Juga: Berapakah Takaran Susu Bayi yang Tepat? Simak Penjelasannya!

Perbedaan Susu Sapi A1 dan Susu Sapi A2

Perbedaan Susu Sapi A1 dan Susu Sapi A2.jpg

Foto: freepik.com

Perlu diketahui bahwa susu sapi dengan beta kasein A2 hanya dihasilkan oleh sapi modern yang memiliki genetik tipe 2.

Beta kasein adalah jenis protein penting yang dimiliki dalam semua susu mamalia. Adanya mutasi genetika sapi membuat sapi yang tadinya memiliki tipe A1 dan menghasilkan susu dengan beta kasein 1 berubah menjadi sapi tipe A2 dan menghasilkan susu dengan beta kasein 2.

Dalam seminar A2 Cow Milk is a Dairy Revolution: The Health Reasons Why It Is Important pada Sabtu, 27 Februari 2021, Prof. Keith Woodford dari Lincoln University, Selandia Baru mengatakan bahwa susu sapi yang mengandung beta kasein A1 sering kali menyebabkan timbulnya masalah kesehatan pada tubuh.

"Masalah yang umumnya disebabkan oleh susu dengan beta kasein 1 adalah masalah pencernaan seperti perut kembung. Bahkan banyak orang yang menganggap masalah pencernaan tersebut disebabkan oleh reaksi intoleransi laktosa. Padahal yang dirasakan bisa saja terjadi karena intoleransi terhadap beta kasein A1," jelas Prof. Keith Woodford.

Lebih lanjut Prof. Keith Woodford menjelaskan bahwa kandungan Beta-casomorpin-7 (BC-7) yang terkandung dalam susu sapi A1 bisa mengakibatkan efek jangka panjang terhadap kesehatan tubuh.

Organ yang terpengaruh oleh kandungan ini akan mendapatkan efek buruk. Biasanya BCM-7 bisa memberikan pengaruh tak baik pada jantung, paru-paru-pankreas, ginjal dan juga otak. Lalu, apa manfaat susu sapi A2 untuk kesehatan?

Baca Juga: 3 Resep Susu Goreng, Si Kecil Pasti Suka!

Manfaat Susu Sapi A2

Manfaat Susu Sapi A2.jpg

Foto: freepik.com

Berbeda dengan susu sapi A1, manfaat susu sapi A2 lebih terasa untuk kesehatan. Salah satu manfaat susu sapi A2 adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan kandungan konsentrat protein yang diproduksi secara alami oleh susu sapi A2 sudah terbukti meningkatkan glutathione intraseluler yang merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air susu ibu alias ASI sendiri diketahui mengandung 100% beta kasein A2 dan sama sekali tak terdeteksi kandungan beta kasein 1 sehingga tak menimbulkan masalah pencernaan pada bayi dan berimbas pada naiknya imunitas tubuh.

Jadi, ketika anak tak bisa mengonsumsi susu, belum tentu karena Si Kecil mengalami intoleransi laktosa ya, Moms! Hal tersebut bisa saja dikarenakan anak yang tidak bisa mengonsumsi beta kasein A1.

Cobalah untuk memberikan Si Kecil susu sapi A2 sebagai pengganti susu yang biasanya Moms berikan.

Baca Juga: Botol Susu Si Kecil Bebas Bakteri, Ini 7 Langkah Menyiapkannya!

Perbedaan susu yang mengandung beta kasein A1 dan A2 memang tak bisa dibedakan secara kasat mata dan dengan rasa. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan yang ada dalam kemasan susu ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait