Kesehatan

KESEHATAN
24 Februari 2021

10+ Manfaat Tawas untuk Kesehatan dan Kecantikan, Simak Moms!

Tawas bisa digunakan sebagai bahan deodoran alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Dikenal sebagai bahan membuat deodoran alami, ternyata ada ragam manfaat tawas yang mungkin belum Moms ketahui.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Moms sudah tidak asing lagi dengan tawas. Garam alami yang dalam bahasa Hindi disebut sebagai fitkari ini sering digunakan sebagai penjernih air.

Melansir dari National Library of Medicine US dalam jurnal National Center for Biotechnology Information, dijelaskan bahwa tawas merupakan kombinasi alumunium sulfat dan kalium sulfat. Biasanya, tawas berbentuk kristal bening berwarna putih.

Zat ini telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun. Sebelum awal abad ke-20, manfaat tawas diproduksi secara teratur dan digunakan untuk pengawetan, pengalengan, penyamakan kulit, dan pembakaran.

Namun, penggunaan tawas dalam makanan pun setelah itu semakin berkurang karena efek samping yang membahayakan tubuh. Meski demikian, penggunaan di bidang kedokteran dan kesehatan masih terus dilakukan.

Cari tahu apa saja yang menjadi manfaat tawas untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini, Moms.

Manfaat Tawas Untuk Kesehatan

Manfaat tawas untuk kesehatan sangatlah beragam. Dilansir dari Healthline, di bidang kedokteran dan kesehatan, tawas biasanya digunakan untuk menangani cedera dan beberapa penyakit.

Dalam pengobatan, tawas sering digunakan sebagai satu astringent untuk mengecilkan jaringan dan meminimalkan pelepasan cairan tubuh, sebagai obat penahan untuk mengontrak jaringan organik dan menghentikan atau mengurangi perdarahan.

Manfaat tawas lainnya adalah sebagai agen emetik untuk merangsang muntah jika seseorang menelan racun.

Tawas juga sering digunakan untuk meningkatkan vaksin tertentu dan untuk mengobati infeksi.

Dokter hewan biasanya merekomendasikan pemilik hewan peliharaan untuk menggunakan versi bubuk pada potongan hewan yang disebabkan oleh pemotongan kuku yang tidak tepat untuk menghentikan pendarahan.

Selain itu, inilah beberapa manfaat tawas dalam bidang kesehatan.

Baca Juga: Perlukah Anak Menggunakan Deodoran?

1. Obat Kumur atau Sariawan

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Pada Jundishapur Scientific Medical Journal, dinyatakan bahwa penggunaan tawas putih dapat menjadi obat yang baik dalam pengobatan infeksi jamur Candida albicans dan Candida tropicalis pada perawatan gigi.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, banyak orang mengolahnya menjadi obat kumur. Cara pembuatannya pun cukup mudah.

Rebus air dan sedikit garam dalam panci. Setelah garam larut, matikan api dan tuangkan bubuk tawas. Setelah bubuk tawas larut, saring lalu gunakan untuk berkumur 2 sampai 3 kali sehari.

2. Obat Bintitan

Mengatasi abses mata atau bintitan adalah manfaat tawas yang kedua. Untuk pengobatan abses, gosok tawas pada batu cendana bersama sedikit air hingga menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pada bagian yang bintitan. Meski awalnya terasa sakit, biasanya dalam beberapa hari, bintitan akan pecah.

3. Mengatasi Bau Mulut

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Salah satu penyebab utama bau mulut jelas merupakan penumpukan bakteri yang sering kali menghasilkan racun dan asam.

Namun jangan khawatir, Moms. Selain mengobati sariawan, manfaat tawas lainnya adalah mengatasi bau mulut. Sebab, tawas dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut dan membersihkannya.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut, Yuk Coba!

4. Meredakan Kram Otot

Kombinasi antara tawas dan kunyit ternyata bisa berfungsi sebagai obat alami ideal untuk meredakan kram otot.

Manfaat tawas sebagai pengencer darah dan kunyit sebagai antiseptik dapat menjadi obat mujarab untuk meredakan kram otot.

5. Menghentikan Pendarahan dan Luka berdarah

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tawasn memiliki kemampuan untuk mengatasi luka berdarah. Metode pengendalian pendarahan ini telah diuji coba dengan hewan.

Menurut jurnal Thrita, tawas dapat menjadi agen hemostatik yang efektif dalam mengontrol perdarahan jaringan parenkim hati pada model hewan.

Moms bisa menaburkan bubuk tawas pada bagian luka yang berdarah. Namun, jika luka terlalu dalam dan pendarahan tetap tidak berhenti, Moms berarti memerlukan bantuan medis profesional.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Pendarahan Saat Trimester Pertama Kehamilan

6. Mengobati Kutu Air

Manfaat tawas selanjutnya adalah untuk mengobati kutu air. Masukkan 2-3 sdm bubuk tawas ke dalam air hangat dan rendam kaki di dalam air selama 20 menit.

Keringkan kaki dengan kain yang lembut, tetapi jangan menggunakan kain sintetis. Lakukan tahapan tersebut secara teratur hingga kutu air sembuh.

Manfaat Tawas untuk Kecantikan

Di samping mengobati berbagai penyakit, manfaat tawas dalam kecantikan pun tak perlu diragukan lagi. Selama berabad-abad, tawas dipercaya secara turun-temurun dapat mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan.

Berikut beberapa manfaat tawas dalam bidang kecantikan yang bisa Moms terapkan.

7. Tawas untuk Tumit Pecah-pecah

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Tawas sangat bermanfaat untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Caranya, tawas dipanaskan dalam wadah kosong kecil hingga mencair dan berbusa. Setelah semua air menguap, matikan api dan biarkan ampasnya dingin.

Setelah itu, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada tumit yang pecah-pecah secara rutin.

Baca Juga: Mengenal Plantar Fasciitis, Salah Satu Penyebab Nyeri Tumit

8. Obat Cukur

Tawas telah digunakan sebagai obat setelah bercukur selama berabad-abad.

Sifat antiseptik dari blok tawas menawarkan perlindungan terhadap mikroorganisme penyebab penyakit, sedangkan sifat astringent membantu mengurangi peradangan dan pendarahan.

Sehingga ia dapat melindungi kulit dari pendarahan atau kemerahan setelah dicukur. Caranya, setelah bercukur, gosokkan sedikit tawas pada wajah yang basah selama beberapa detik. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

9. Mengatasi Bau Badan

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tawas digunakan sebagai deodoran alami di Asia Tenggara selama ratusan tahun. Meski begitu, kepopulerannya di wilayah Barat baru dikenal selama 30 tahun terakhir.

Penelitian pada Indian Journal of Medical Research menyebutkan, kristal deodoran adalah jenis deodoran alternatif yang terbuat dari garam mineral alami yang disebut potassium alum.

Selain sebagai deodoran alami, tawas juga dikenal mengandung bahan-bahan alami, serta klaim menurunkan risiko kanker payudara.

Untuk mengatasi bau badan, campurkan bubuk tawas bersama dengan sedikit mur atau bubuk kayu damar. Lalu gunakan sebagai bedak tabur ke seluruh tubuh. Gunakan setiap dua hari sekali.

Baca Juga: 5+ Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak secara Alami, Yuk Coba Moms!

10. Tawas sebagai Perontok Bulu

Tawas secara tradisional digunakan untuk menghilangkan bulu. Wanita di zaman dahulu menggunakan tawas untuk menghilangkan bulu wajah yang tidak diinginkan seperti bulu bibir atas.

Caranya, campurkan 1/2 sdt bubuk tawas bersama dengan 1 sdt air mawar. Sesuaikan jumlah bubuk tawas serta air sesuai kebutuhan. Perbandingan bubuk tawas dengan air mawar kira-kira 1:2.

Cukur bulu yang tidak diinginkan atau lakukan waxing. Setelah itu, oleskan campuran tawas dan air mawar tersebut ke bagian tubuh bekas cukuran. Biarkan selama 20 menit. Bersihkan secara menyeluruh dan tepuk-tepuk hingga kering.

Gunakan pelembap untuk menjaga area tetap lembap. Minyak kelapa biasa bisa digunakan sebagai pelembap. Usahakan untuk tidak mengaplikasikan di sekitar mata dan sekitarnya.

11. Mengatasi Keriput

manfaat tawas

Foto: Orami Photo Stocks

Karena faktor internal atau bahkan eksternal, kulit akan kehilangan kelenturan yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Kondisi seperti ini tentu saja merusak penampilan dan menunjukkan tanda-tanda pra-penuaan. Tawas pun dapat digunakan untuk mengatasi atau memperlambat penuaan ini.

Baca Juga: Pakai 5 Bahan Alami Ini untuk Mencegah Keriput

12. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan hampir tidak mungkin dihindari.

Perawatan jerawat mengandalkan senyawa seperti asam salisilat untuk membantu mengurangi jerawat dengan pengelupasan, pembersihan, dan pengencangan kulit.

Pada jurnal Emerging Microbes & Infections, tawas juga bisa membantu membersihkan bakteri dan mengencangkan pori-pori yang bisa mengurangi lesi jerawat.

Caranya, campurkan bubuk tawas dengan air sedikit dan gunakan sebagai masker wajah.

Itulah manfaat tawas untuk kesehatan dan kecantikan. Apakah Moms tertarik menggunakan tawas sebagai alternatif deodoran hingga obat-obatan luar?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait