Kesehatan

30 April 2021

Ini 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Tempe bisa membantu mengurangi kadar kolesterol lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Manfaat tempe memang tak bisa lagi ditampik. Makanan khas Tanah Air ini pun sedap untuk disantap dan diolah dengan berbagai macam cara.

Bagi orang Indonesia, tempe adalah makanan sehari-hari yang umum dikonsumsi. Jika dibandingkan dengan daging, harga tempe jauh lebih murah. Jadi, Moms tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Untuk Moms yang ingin mengadopsi gaya hidup plant based pun kini tidak perlu takut mahal. Karena tempe bisa menjadi sumber protein nabati yang harganya terjangkau.

Tapi, untuk urusan nutrisi, tempe bisa bersaing dengan daging. Malahan, banyak yang mengatakan tempe jauh lebih sehat dari daging.

Tempe ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Setidaknya, satu tempe seberat 3 ons, mengandung 162 kalori, 15 gr protein, dan 9 gr karbohidrat.

Kira-kira, apa saja ya manfaat tempe untuk kesehatan? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

Baca Juga: 6 Resep Tempe Orek Kering dan Basah Ala Rumahan

Manfaat Tempe yang Baik untuk Tubuh

Siapa sangka tempe memiliki banyak manfaat? Meski harganya jauh jika dibandingkan dengan makanan yang memiliki protein tinggi lainnya, namun tempe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dari mulai memenuhi nutrisi harian hingga memberikan antibodi agar virus dan bakteri tak masuk dengan mudah, hal itu adalah sedikit manfaat tempe yang wajib Moms tahu.

Yuk ketahui manfaat tempe lebih dalam lagi di sini!

1. Tempe Mengandung Banyak Nutrisi

manfaat tempe

Foto: Orami Photo Stock

Tempe merupakan sumber protein, zat besi, mangan, fosfor, magnesium, dan kalsium yang baik. Di sisi lain, kandungan karbohidrat dan natrium pada tempe juga rendah.

Makanya tempe adalah makanan yang cocok bagi Moms yang sedang berusaha mengontrol berat badan. Mnafaat tempe pun sangat beragam. Manfaat tempe yang pertama adalah bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

2. Tempe Mengandung Probiotik

manfaat Tempe Mengandung Probiotik

Foto: Orami Photo Stock

Fermentasi adalah proses yang melibatkan pemecahan gula oleh bakteri dan ragi.

Melalui fermentasi, asam fitat yang ditemukan dalam kedelai dipecah. Proses ini membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Selain itu, makanan fermentasi adalah sumber probiotik yang baik.

Probiotik sendiri merupakan bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam usus yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Dibandingkan dengan varietas tempe lainnya, tempe berbahan dasar kedelai jadi yang paling kaya akan probiotik.

Studi telah menemukan bahwa probiotik dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus, mencegah diare, mengurangi kembung, dan mendukung keteraturan buang air besar.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa probiotik dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian BMJ di Norwegia menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama kehamilan dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk kelahiran prematur dan preeklamsia.

Probiotik juga telah dikaitkan dengan peningkatan imunitas, kesehatan mental dan bahkan kadar kolesterol darah. Wow, manfaat tempe untuk tubuh ternyata banyak sekali ya, Moms!

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Sayuran Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

3. Tempe Mengandung Protein Tinggi

Manfaat Tempe Mengandung Protein Tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Tempe punya kandungan protein yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya protein dapat menstimulasi termogenesis.

Zat tersebut mengarah pada peningkatan metabolisme dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori setelah setiap kali makan.

Diet tinggi protein juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Sebuah studi menemukan bahwa makanan ringan kedelai protein tinggi meningkatkan nafsu makan, rasa kenyang, dan kualitas diet dibandingkan dengan makanan ringan tinggi lemak.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai bisa sama efektifnya dengan protein berbasis daging dalam hal pengendalian nafsu makan.

Baca Juga: 7+ Resep Sambal Tempe yang Pedas Menggoda, Coba Yuk Moms!

Tempe yang mengandung protein tinggi pun bisa membantu tubuh dalam membentuk antibodi. Jadi, tubuh bisa jadi lebih sehat jika Moms dan keluarga mengonsumsi tempe dengan rajin.

Dengan mengonsumsi protein yang cukup, setiap orang dapat terlindungi dari bakteri dan virus.

Dilansir dari The Journal of Allergy and Clinical Immunology untuk mencegah infeksi, setiap orang membutuhkan protein dalam pembentukan antibodi dan imunoglobin.

Ketika tubuh membentuk antibodi alami untuk melawan bakteri atau virus tertentu, sel tubuh bisa merespons dengan cepat jika sewaktu-waktu bakteri atau virus yang sama datang kembali.

4. Tempe Menurunkan Kadar Kolesterol

Tempe Menurunkan Kadar Kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Tempe secara tradisional dibuat dari kedelai, yang mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon.

Isoflavon pada kedelai berkaitan langsung dengan penurunan kadar kolesterol.

Sebuah studi menemukan bahwa isoflavon kedelai mampu secara signifikan menurunkan kolesterol total dan LDL.

Studi lain melihat efek protein kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida.

Sebanyak 42 peserta diberi diet yang mengandung protein kedelai atau protein hewani selama periode enam minggu.

Dibandingkan dengan protein hewani, protein kedelai menurunkan kolesterol LDL 5,7 persen dan kolesterol total 4,4 persen. Ini juga menurunkan trigliserida sebesar 13,3 persen.

Sebuah studi pada hewan tahun 2013 meneliti efek tempe kedelai yang diperkaya nutrisi pada tikus dengan kerusakan hati.

Ditemukan bahwa tempe memiliki efek perlindungan pada hati dan mampu membalikkan kerusakan sel-sel hati.

Baca Juga: 9 Makanan Berbumbu Kacang Khas Indonesia, Manis dan Gurih!

5. Tempe Bisa Menurunkan Tingkat Stres Oksidatif

Tempe Bisa Menurunkan Tingkat Stres Oksidatif

Foto: Orami Photo Stock

Studi menunjukkan bahwa isoflavon kedelai juga memiliki sifat antioksidan dan dapat mengurangi stres oksidatif.

Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas.

Akumulasi radikal bebas berbahaya telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon dapat mengurangi gejala stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Studi lain telah menemukan bahwa suplemen dengan isoflavon kedelai mungkin memiliki efek yang menguntungkan pada beberapa penyakit yang terkait dengan stres oksidatif.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat tempe Meningkatkan Kesehatan Tulang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tempe lainnya adalah dapat menguatkan tulang, karena kalsium juga ada di dalam tempe lho Moms.

Kalsium, bersama dengan mineral penting lainnya seperti vitamin K dan vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah tulang patah dan rapuh.

Ini membantu membentuk bagian dari hidroksiapatit, kompleks mineral yang membuat tulang dan gigi kita keras, mempertahankan kepadatan tulang dan membantu tulang pulih.

Orang dengan kekurangan kalsium lebih rentan memiliki tulang yang lemah dan lentur sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Tembaga, mineral lain yang ada di tempe, juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Trace Elements Research, konsumsi tembaga dapat meningkatkan laju penyembuhan tulang dan juga dapat memainkan peran kunci dalam pemeliharaan dan perbaikan jaringan.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Kista Makan Tempe? Jawabannya Akan Membuat Moms Tersenyum!

Itulah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan. Tidak ragu lagi mengonsumsi tempe kan Moms? Yuk penuhi nutrisi dan gizi harian dengan tempe! Kata siapa makanan sehat harus mahal?

  • https://bmjopen.bmj.com/content/8/1/e018021
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3670108/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait