Kesehatan

KESEHATAN
9 Desember 2020

13+ Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Lho!

Manfaat terong belanda yang bisa dirasakan oleh ibu hamil adalah mencegah anemia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Siapa yang tak kenal si lonjong serta memiliki kulit halus nan berkulit yaitu terong belanda? Umumnya buah ini berwarna merah tapi sebenarnya hadir juga dalam berbagai warna, tergantung jenis kultivar.

Terong belanda adalah penduduk asli Amerika Selatan. Salah satu penghasil terong belanda terbesar adalah Selandia Baru. Terong belanda bersifat antioksidan, antivirus, anti-inflamasi, antijamur, antibakteri dan hipoglikemik .

Namun, The American Phytopathological Society mengungkap manfaat terong belanda si buah yang manis ini tidak hanya terbatas yang disebutkan di atas. Di satu sisi, sangat mengejutkan untuk melihat bahwa buah dalam ukuran yang sangat kecil dapat mewujudkan manfaat kesehatan yang berlimpah.

Manfaat Terong Belanda

Manfaat Terong Belanda

Foto: Orami Photo Stock

100 gram terong belanda memiliki 31 kalori energi. Mereka juga mengandung jejak lemak total sebesar 0,36 gram, lalu apa saja manfaat terong belanda?

1. Turunkan Berat Badan

Karena terong belanda memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan serat yang tinggi. Manfaat terong belanda ini cocok untuk Moms yang ingin menurunkan berat badan.

Kebutuhan tubuh dalam mengonsumsi zat manis dapat dipenuhi oleh buah karena rasanya. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada buah ini dapat membuat Moms merasa kenyang sehingga mengurangi kebutuhan untuk mengemil secara konstan.

2. Obati Diabetes

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah mengobati diabetes. Menurut Journal of Obesity, manfaat buah terong selanjutnya adalah menjaga tingkat gula dalam aliran darah. Indek glikemik yang rendah pada buah tidak meningkatkan kadar gula dalam darah dan bermanfaat untuk diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam buah membantu dengan mengurangi stres oksidatif di hati dan pankreas. Selanjutnya, asam klorogenat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membatasi timbulnya risiko diabetes.

3. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Serat larut, pati, protein, antosianin, dan karotenoid dalam buah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, yang diimbangi oleh kalium yang ada dalam buah.

Demikian juga, magnesium dalam terong belanda mengatur berfungsinya sistem kardiovaskular. Kandungan serat dalam buah ini efektif dalam mengobati kolesterol jahat dalam tubuh karena nutrisinya menahan penyerapan kolesterol LDL.

Baca Juga: 12 Manfaat Terung untuk Kesehatan Orang Dewasa dan Anak-anak

4. Atur Tekanan Darah

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah mengatur tekanan darah. Kandungan mineral dan potasium dalam terong belanda membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Selain itu, karotenoid dalam buah ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, yang terkait dengan tekanan darah tinggi.

Memasukkan terong belanda ke dalam makanan harian secara terkontrol dapat membantu menghilangkan tekanan darah sistolik.

5. Antisipasi Anemia

Ada juga manfaat terong belanda untuk ibu hamil yaitu mencegah anemia. Efek samping anemia adalah tubuh lesu, gangguan pencernaan, sesak di tubuh dan pastinya berbahaya bagi ibu hamil.

Terong belanda mengandung senyawa seperti vitamin A, C, E, hingga vitamin B6 yang dapat memulihkan gejala Anemia.

Anemia disebabkan karena darah kekurangan sel darah merah dan menyebabkan tubuh lemas, sehingga manfaat terong belanda untuk ibu hamil adalah mengantisipasi hal tersebut.

Lantaran, menurut Hematology.org, bahaya anemia pada ibu hamil yaitu tingkatkan risiko melahirkan premature atau bayi dengan berat badan lahir rendah.

6. Cegah Penuaan Dini

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menilai peran yang dimainkan oleh vitamin C dalam membantu umur yang lebih panjang. Hal ini terbukti meningkatkan masa hidup, yang ditunjukkan dalam penelitian yang berfokus pada sindrom Werner atau sindrom yang menyebabkan penuaan dini.

Penerapan vitamin C yang dikandung oleh terong belanda membatasi timbulnya kondisi tersebut. Karena buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, telah ditunjukkan bahwa buah ini memiliki kemungkinan berdampak dalam meningkatkan umur panjang .

7. Efektif dalam Kanker

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah efeketif mencegah pertumbuhan kanker. Ditemukan bahwa terong belanda efektif dalam dua jenis kanker, kanker payudara dan kanker hati. Terong belanda adalah Antioksidan serta Jumlah kalium di terong belanda memulihkan fungsi hati.

Sifat antioksidan Terong belanda bekerja untuk mengurangi oksidasi organ di hati, yang meningkatkan kesehatan hati dan memulihkan kerusakan hati. Senyawa terong belanda seperti vitamin C dan mineral bekerja untuk sifat antioksidan dan antikanker.

Dalam kasus kanker payudara, Terong belanda mencegah pertumbuhan tumor yang tidak biasa dan membantu memerangi kanker payudara.

Baca Juga: 9 Makanan Sehat Untuk Mencegah Kanker Serviks

8. Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Tidak diragukan lagi, terong belanda adalah buah yang sehat, karena khasiatnya yang beragam. Seorang wanita hamil perlu menambahkan vitamin, mineral, serat, antioksidan, antitoksin ke dalam makanannya untuk menjaga kesehatan yang lebih baik.

Dalam kasus tersebut Terong belanda bisa menjadi pilihan Manfaat terong belanda untuk ibu hamil yaitu mengandung sebagian besar senyawa esensial yang dibutuhkan tiap trimester. Apalagi rasanya yang enak, tidak akan membuat ibu hamil merasa mual, dan mudah dicerna.

9. Meningkatkan Metabolisme

Nah, apakah Moms merasakan bahwa Dads seperti kurang sehat atau tidak seperti biasanya? Maka cobalah berikan terong belanda ini. Manfaat terong belanda untuk pria berguna meningkatkan fungsi tubuh.

Tubuh sehat yang berfungsi dengan baik merupakan hasil dari aktivitas metabolisme yang baik di dalam tubuh. Vitamin B6 yang ada dalam buah membantu produksi energi .

Ini membantu mengubah kalori menjadi energi yang bermanfaat, sehingga membatasi penambahan berat badan yang berlebihan juga. Vitamin juga berkontribusi untuk meningkatkan metabolisme hemoglobin yang ada di tubuh Dads, memudahkan pengangkutan darah.

10. Bantu Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit pada ibu hamil merupakan keluhan umum. Manfaat terong belanda bila dikonsumsi rutin yaitu membantu sistem pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

Terong belanda juga membantu penyerapan nutrisi yang tepat, dan meredakan sembelit. Ini membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik , dengan demikian mendorong pencernaan dan pergerakan usus yang lebih baik.

Namun, ini tak hanya terbatas pada ibu hamil karena bisa diambil juga sebagai manfaat terong belanda untuk pria.

11. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah meningkstkan fungsi kognitif. Kehadiran antikolinesterase di terong belanda memainkan peran utama dalam meningkatkan fungsi otak. Ini membantu dalam regulasi (penguraian) asetilkolin, bahan kimia yang bertindak sebagai pembawa pesan ke otak.

Dikemas dengan banyak fitokimia, terong belanda bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak, sehingga meningkatkan fungsi saraf yang sehat.

Sifat buah ini dapat digunakan dalam pengobatan gangguan kognitif atau neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.Sifat antioksidan pada buah ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan otak.

12. Meningkatkan Kualitas Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah terong belanda mengandung vitamin A, C dan E yang sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kulit Moms. Selain itu, antosianin, fenol, dan flavonoid yang ada dalam buah bertindak sebagai perisai pelindung terhadap polutan eksternal.

Ini juga melindungi kulit Anda dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan keriput, noda, jerawat dan jerawat. Manfaat terong belanda adalah melawan penuaan dini pada kulit juga mampu membantu dalam mendetoksifikasi kulit, serta meremajakan sel-sel di tubuh Moms.

Baca Juga: Konstipasi Pada Anak: Ini yang Perlu Moms Tahu!

13. Bagus untuk Kesehatan Rambut

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan rambut. Terong belanda, secara keseluruhan, memiliki peran penting dalam kancah kesehatan kosmetik. Artinya, sangat bermanfaat tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan kulit tetapi juga rambut dan kuku.

Asam linoleat tak jenuh ganda dalam buah ini efektif dalam mengobati ketombe, rambut rontok, eksim, dan psoriasis. Asam lemak esensial memperkuat rambut Anda dari akarnya dengan meremajakan kulit kepala dan memperkuat kuku, untuk menghindari tumbuhnya kuku rapuh .

14. Mengobati Tonsilitis Tenggorokan

Manfaat terong belanda yang selanjutnya adalah mengobati tonsilitis. Ini adalah jenis kelainan pada kelenjar getah bening. Ini adalah peradangan pada dua amandel di bagian belakang tenggorokan. Itu adalah bantalan jaringan berbentuk oval. Ini termasuk gejala seperti amandel bengkak, sakit tenggorokan, dan nyeri saat makan.

Bisa juga pada anak-anak. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus dan itulah sebabnya penyakit ini menular. Ini bisa ditularkan melalui batuk, bersin, dan lain-lain.

Terong belanda mengandung sifat-sifat seperti antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, yang memperbaiki amandel dan tenggorokan bengkak.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Walapun ada manfaat terong belanda untuk ibu hamil tapi konsumsi buah ini juga dapat menimbulkan reaksi karena jenis obat-obatan serta kondisi kesehatan. Sehingga, ikuti nasihat dokter kandungan jika mereka menyarankan untuk menghindari buah-buahan yang bersifat asam maka terong belanda tidak akan cocok.

Terakhir, segudang manfaat terong belanda untuk pria pun bisa menjadi alternative penganan ringan di kala-kala bekerja atau dijadikan jus yang bisa dibawa ke mana saja.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait