Kesehatan

24 Desember 2020

10 Manfaat Terong Hijau, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Cocok Sebagai Menu Diet!

Salah satu sayuran dengan banyak manfaat untuk Moms yang sedang program diet, nih!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Selain terong ungu, terong hijau merupakan salah satu sayuran yang digemari di Indonesia. Tak hanya karena harganya yang ekonomis, terong hijau juga mudah diolah.

Seringnya terong ini digunakan sebagai bahan pelengkap untuk sajian masakan berkuah, seperti sayur asem dan sayur lodeh. Selain itu, terong hijau dapat dimasak dalam sajian tumis dengan campuran bahan lainnya.

Berbicara tentang terong sendiri cukup sulit apabila harus menentukan apakah terong termasuk dalam kategori sayur atau buah.

Terong banyak disebut sebagai jenis sayuran karena sering digunakan sebagai bahan masakan, namun apabila meninjau kembali bagaimana terong tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji di dalamnya, ada pula yang berpendapat bahwa terong lebih layak masuk kategori buah-buahan.

Terlepas dari kontroversi pengkategorian terong termasuk buah atau sayur, terong tetaplah nikmat untuk dikonsumsi. Tak hanya nikmat, rupanya ada banyak pula manfaat terong hijau untuk kesehatan, lho!

Ada beberapa jenis terong yang berbeda dari segi bentuk dan warna. Seperti terong ungu, terong merah, terong hitam, serta terong hijau.

Mari simak lebih lengkap tentang nutrisi yang terkandung dalam terong hijau beserta manfaat terong hijau untuk kesehatan.

Baca Juga: 13+ Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Lho!

Daftar Nutrisi Pada Terong Hijau

southernexposure.com.jpg

Foto: southernexposure.com

Sebelum membahas tuntas seputar manfaat terong hijau, mari simak lebih dulu kandungan nutrisi dalam terong hijau.

Seperti yang dilansir dari Unit Penelitian Nutrisi oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam satu cup terong, atau dengan berat 82 gram, berikut kandungan dari terong hijau:

  • Kalori: 20,5 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Sodium: 1,6 gram
  • Karbohidrat: 4,8 gram
  • Serat: 2,4
  • Gula: 2,9
  • Protein: 0,8
  • Vitamin A, E, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K

10 Manfaat Terong Hijau

Selain nikmat untuk disantap, ternyata manfaat terong hijau juga tak kalah baik dengan beragam jenis sayuran lainnya.

Dengan jumlah kandungan nutrisi tersebut, terong hijau dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut 10 manfaat terong hijau untuk kesehatan.

1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat terong hijau yang pertama berkaitan dengan kesehatan tulang pada tubuh manusia. Seperti yang kita tahu, kesehatan tulang sangat berperan penting pada kemampuan dan keaktifan gerak.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan dan kekokohan tulang dapat rapuh apabila tidak dijaga kesehatannya.

Dilansir dari Verywell Fit yang berpacu pada data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, terong hijau diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan mineral dalam terong hijau membawa banyak fungsi untuk tubuh manusia. Mineral dapat menjaga kesehatan dan kekokohan tulang dan hal ini didukung pula dengan kandungan kalsium serta vitamin D yang turut berperan menjaga kesehatan tulang.

2. Mengontrol Asam Lambung

image.jpg

Foto: allrecipes.com

Asam lambung kerap menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian orang, terutama bagi yang sering makan terlambat. Kabar baiknya bagi Moms yang juga memiliki masalah dengan asam lambung, terong hijau rupanya aman dikonsumsi.

Bahkan manfaat terong hijau dipercaya dapat membantu untuk mengontrol asam lambung. Terong hijau memiki kandungan yang dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa nyeri.

3. Cocok sebagai Menu Diet

Kandungan yang aman untuk lambung juga membuat terong hijau cocok sebagai menu diet. Selain itu, kandungan serat dalam terong hijau dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi hasrat untuk makan dan ngemil.

Moms bisa memilih untuk mengonsumsi tumis terong hijau saat ingin menurunkan berat badan atau mengubah pola makan agar lebih teratur dan sehat.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi dalam jumlah wajar agar manfaat terong hijau dapat Moms rasakan. Mengonsumsi dalam jumlah berlebihan juga dapat memicu gangguan yang tak diinginkan lho, Moms.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan yang Perlu Moms Ketahui

4. Mengandung Senyawa Pencegah Kanker

Sudah bukan rahasia umum bahwa kanker menjadi salah satu momok tertinggi dalam dunia kesehatan. Kanker dapat menyerang siapapun dan di usia berapapun.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap dari kita untuk mencegah kanker sejak dini dengan cara mengatur pola makan dan gaya hidup yang aman dan sehat.

Rupanya, pencegahan kanker juga termasuk dalam manfaat terong hijau yang mungkin belum banyak diketahui.

Terong mengandung beberapa zat yang berpotensi melawan sel kanker. Misalnya, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs) yakni sejenis senyawa yang ditemukan di beberapa tanaman nightshade, termasuk terong.

Penelitian dalam jurnal Planta Medica pada hewan telah menunjukkan bahwa SRG dapat menyebabkan kematian sel kanker dan juga dapat membantu mengurangi kekambuhan jenis kanker tertentu.

Meskipun penelitian tentang ini masih terbatas, namun SRG telah terbukti sangat efektif melawan kanker kulit bila diterapkan langsung ke kulit.

Sebuah penelitian nutrisi yang dilakukan dalam jurnal Nutrition Reviews di Oxford menyebut terong hijau memiliki kandungan serat rendah lemak yang mampu mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker serta risiko diabetes.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran seperti terong, dapat melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana senyawa yang ditemukan dalam terong dapat secara khusus memengaruhi kanker pada manusia.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengenali-Gejala-Penyakit-Jantung-Bawaan-pada-Anak-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Pusat Informasi Biotek Amerika Serikat pada tahun 2019 menyebut bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan flavonoids tertentu, termasuk antosianin, akan membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan ini juga ditemukan pada terong hijau, dan dapat menjadi manfaat terong hijau selanjutnya.

Antosianin akan bekerja dengan mencegah pembuluh darah untuk membentuk tumor dan menghentikan enzim yang dapat berdampak pada penyebaran sel-sel kanker. Antosianin dan chlorogenic akan menjaga sel-sel tubuh tercemari oleh radikal bebas.

Sementara itu, penelitian lain pada tahun 2013 menyebut bahwa wanita paruh baya yang mengonsumsi makanan dengan kandungan antosianin tiga kali dalam satu minggu memiliki risiko 32 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung daripada yang tidak mengonsumsinya.

6. Membantu Mengontrol Kolesterol pada Darah

Kandungan serat sekali lagi berperan penting dalam banyaknya manfaat terong hijau untuk kesehatan.

Serat dalam terong hijau mampu membantu untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh agar tidak berlebihan dan menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Hal ini didukung pula dengan kandungan antioksidan yang ternyata ada pada kulit terong hijau. Antioksidan dapat membantu menetralkan tubuh dari racun dan zat-zat yang berbahaya.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7. Membantu Mengontrol Gula Darah

Tips-Camilan-untuk-Penderita-Diabetes.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Terong hijau juga merupakan salah satu sayuran yang cocok dikonsumsi secara rutin oleh penderita penyakit gula darah.

Kandungan polifenol dan antioksidan akan membantu untuk menguragi penyerapan glukosa dan jenis gula lainnya dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Tak hanya itu, manfaat terong hijau juga akan membantu meningkatkan insulin yang dapat menjaga agar kadar gula darah terkendali dalam jumlah yang baik dan sehat.

Tentunya, konsumsi terong hijau untuk mengontrol gula darah juga tetap harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan pengurangan makanan dengan kadar gula yang tinggi ya, Moms!

8. Meningkatkan Kemampuan Otak

Selain berperan penting untuk mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh, kandungan antosianin sebagai manfaat terong hijau juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan otak.

Perpaduan antosianin dengan nasunin dalam terong hijau akan menjaga lipid yang terdapat di dalam membran sel otak.

Antosianin berperan penting dalam melancarkan aliran darah ke otak, menjaga agar kinerja otak tetap lancar. Dengan perpaduan antosianin dan nasunin, otak dapat berfungsi dengan optimal dan lancar.

Itu artinya, rutin mengonsumsi terong hijau secara rutin dengan porsi yang wajar akan membantu kinerja otak lancar. Cara yang menyenangkan dan mengenyangkan ya pastinya.

9. Baik untuk Menjaga Sistem Pencernaan

Diare, Penyakit yang Paling Umum Menyerang Pencernaan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Serat dalam terong dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Serat adalah bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan nutrisi ini penting untuk membantu usus dengan mengatur konsumsi makanan, pencernaan, penyerapan, dan metabolisme.

Orang dewasa setidaknya harus mengonsumsi sekitar 25 hingga 38 gram serat setiap hari untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Satu cangkir terong mentah menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan serat harian.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

10. Baik untuk Kesehatan dan Kebersihan Kulit

Bukan hanya untuk kesehatan dalam tubuh saja, Moms. Manfaat terong hijau yang lainnya adalah betapa sayuran ini memiliki dampak yang baik untuk menjaga kebersihan dan keindahan kulit pada tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi dari terong hijau akan membantu untuk menjaga kulit bersih dan terawat. Untuk merasakan manfaat terong hijau yang ini, Moms bisa rutin mengonsumsi terong hijau atau rutin menggunakannya sebagai masker wajah dan kulit tubuh.

Dalam setiap penggunaannya, terong hijau akan mencerahkan warna kulit dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Dengan beragamnya manfaat terong hijau untuk kesehatan, tentu tak ada alasan lagi bagi kita semua untuk takut mengonsumsi sayuran lezat ini.

Namun bagi Moms yang terkadang masih merasa ragu untuk mengonsumsi terong hijau, Moms dapat menerapkan tips berikut ini agar tidak keliru dalam memilih atau memasak terong hijau:

  1. Pilihlah terong yang segar dan sehat dengan berat yang padat, warna segar, dan tekstur tidak terlalu lentur
  2. Ketahui bahwa tidak semua jenis terong dapat dimakan mentah. Seperti terong ungu, terong jenis ini tidak layak dikonsumsi mentah karena mengandung zat berbahaya yang tidak akan hilang apabila tidak dimasak
  3. Konsumsi terong hijau dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Apabila berlebihan akan menimbulkan masalah pada pencernaan
  4. Potonglah terong menggunakan pisau berbahan baja tahan karat, bukan baja karbon. Memotong menggunakan baja karbon dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi phytochemical yang dapat menempelkan warna hitam pada terong.

Itulah informasi selengkapnya seputar nutrisi dan manfaat terong hijau untuk kesehatan. Moms tetap bisa memilih terong hijau atau terong lalap sebagai pelengkap menu sehari-hari di rumah, atau dimasak untuk sayur berkuah dan tumis.

Yang penting, tetap perhatikan cara Moms dalam mengolahnya dalam bentuk masakan serta memastikan Moms dan keluarga tetap mengonsumsinya dalam jumlah wajar.

Seperti yang telah disebutkan pada keterangan di atas, meski ada begitu banyak manfaat terong hijau untuk kesehatan, tetap akan ada beberapa kerugian yang akan timbul pula apabila sayuran ini dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Di antaranya adalah risiko keracunan solanin, alergi, hingga terbentuknya batu ginjal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait