Kesehatan

23 April 2021

Simak Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh, Bukan Hanya Menghilangkan Lelah!

Jika Moms merasa energi menurun di saat sore hari, saatnya cari waktu untuk tidur siang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Mencari manfaat tidur siang barang sejenak adalah hal yang mungkin harus dilakukan setiap orang dewasa. Hal ini penting, terutama jika seseorang ingin cepat meningkatkan kinerja bahkan suasana hatinya.

Pada umumnya atau untuk orang dewasa, kunci untuk tidur siang adalah tidur sebentar atau sekitar 10 - 20 menit. Dengan tidur siang meskipun hanya sebentar, maka seseorang tidak akan terlalu jauh dalam siklus tidur yang sebenarnya justru membuat merasa pusing dan lebih lelah daripada sebelumnya.

Lain usia, lain pula manfaat tidur siang bagi anak-anak terutama yang masih bayi bahkan hingga anak-anak menjelang remaja. Bagi anak-anak terutama yang masih kecil, waktu tidur yang penting bukan hanya malam hari, tetapi juga waktu untuk tidur siang.

Tidak jauh berbeda dengan manfaat tidur siang bagi orang dewasa, manfaat tidur siang bagi anak-anak adalah untuk memastikan mereka mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan setiap hari.

Dikutip dari WebMD bahwa saat anak-anak tumbuh dan berkembang, manfaat tidur siang ini dapat langsung dirasakan oleh tubuh dan pikiran mereka.

Namun, menurut jurnal Behavioral Concerns and Mental Health, waktu tidur anak semasa bayi adalah minimum total 12 jam, anak usia 3-4 tahun total 11 jam, dan anak usia 5-7 tahun total 10 jam.

Jika kurang daripada itu, mereka dianggap tidak cukup tidur. Sehingga, waktu tidur yang tidak terpenuhi pada malam hari harus dilengkapi pada siang hari.

Jadi, apa saja manfaat tidur siang lainnya bagi orang dewasa dan anak-anak? Bagaimana pola tidur siang yang tepat agar orang dewasa dan anak-anak bisa memperoleh manfaat tidur siang tersebut?

Baca Juga: Inilah Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Pola Tidur Siang dan Manfaat Tidur Siang Bagi Orang Dewasa

manfaat tidur siang

Foto: 30seconds.com

Saat seseorang tidur siang selama 10 - 20 menit, maka dia akan memasuki tahap pertama dan terkadang tidur tahap kedua. Itu saja cukup untuk menyegarkan atau memberi banyak manfaat tidur siang lainnya.

Sebaliknya, ketika tidur siang dengan nyenyak, maka tubuh seseorang akan menyelesaikan kelima tahap siklus tidur yang biasanya dilakukan dalam beberapa kali.

Bagi sebagian besar orang dewasa yang sehat, Informed Health menyebutkan bahwa hal tersebut seharusnya berulang setiap 90 - 110 menit.

1. Pola Tidur Siang Sehat Orang Dewasa

manfaat tidur siang

Foto: jotform.com

Saat orang dewasa tidur lebih nyenyak, otaknya akan menjadi kurang responsif terhadap rangsangan eksternal. Ini justru membuatnya lebih sulit untuk bangun dan meningkatkan kemungkinan grogi dan kelelahan.

Alih-alih memperoleh manfaat tidur siang, tidur siang pada orang dewasa yang lebih dari 20 menit atau terutama lebih dari 30 menit sangat tidak disarankan. Hal ini cenderung membuat seseorang merasa lesu, pening, dan lebih lelah daripada sebelumnya.

Pengecualian untuk ini adalah jika seseorang kurang tidur dan memiliki kemewahan untuk bisa tidur siang cukup lama agar dapat menyelesaikan siklus tidur penuh, yaitu setidaknya 90 menit. Lalu, apa saja manfaat tidur siang yang sehat bagi orang dewasa?

Baca Juga: Tidur Siang Saat Hamil Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Janin, Benarkah?

2. Manfaat Tidur Siang Bagi Orang Dewasa

manfaat tidur siang

Foto: momcollective.com

Manfaat tidur siang bagi kesehatan telah dibuktikan secara ilmiah. Berikut ini sekilas manfaat tidur siang singkat untuk orang dewasa:

  • Peningkatan Kinerja

Berbagai penelitian menemukan bahwa manfaat tidur siang mulai dari 10 - 30 menit adalah meningkatkan kinerja dan membuat seseorang lebih produktif dalam bekerja. Tidur siang terbukti memperbaiki kecepatan psikomotor, waktu reaksi dan kewaspadaan.

  • Meningkatkan Keterampilan Belajar

Berdasarkan berbagai penelitian, manfaat tidur siang lainnya yaitu meningkatkan keterampilan belajar.

Tidur siang tidak hanya meningkatkan fokus dan ingatan yang dapat membantu mempelajari dan menyimpan informasi, tetapi European Journal of Neuroscience juga menemukan bahwa kemampuan untuk mempelajari informasi baru justru dapat meningkat setelah tidur siang.

  • Menurunkan Darah Rendah

Penelitian baru menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Hasil dari penelitian pada jurnal Personality and Individual Differences yang dipresentasikan pada American College of Cardiology’s Annual Scientific Session 2019 menunjukkan bahwa manfaat tidur siang tampaknya sama efektifnya dalam menurunkan tingkat tekanan darah seperti perubahan gaya hidup lainnya, seperti mengurangi konsumsi garam dan alkohol.

Studi tersebut menemukan bahwa rata-rata, tidur siang menurunkan tekanan darah sebesar 5 mm Hg. Nilai ini juga sebanding dengan minum obat tekanan darah dosis rendah, yang biasanya menurunkan tekanan darah 5 sampai 7 mm Hg.

Perlu Moms ingat bahwa penurunan tekanan darah 2 mm Hg dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 10%.

  • Suasana Hati yang Lebih Baik

Manfaat tidur siang secara psikologis yaitu mampu meningkatkan mood seseorang. Tidur siang yang singkat meningkatkan energi dan membantu mengatasi lesu di sore hari.

Tidur siang juga dikaitkan dengan peningkatan hal positif dan toleransi yang lebih baik akan frustrasi. Tidur siang singkat dapat membantu mengurangi rasa lelah dan mudah tersinggung jika seseorang tidak mendapatkan tidur malam yang nyenyak pada malam sebelumnya.

Baca Juga: Aturan Tidur Siang Selama Bulan Puasa

Pola Tidur Siang dan Manfaat Tidur Siang Bagi Anak-anak

manfaat tidur siang

Foto: parentscanada.com

Berbicara tentang manfaat tidur siang bagi anak-anak, maka ini akan berhubungan dengan waktu tidurnya. Anak-anak dan orang dewasa memiliki kebutuhan tidur yang berbeda dan ini terus berubah sepanjang hidup.

Mencari tahu berapa lama anak-anak harus tidur siang, maka hal itu akan bergantung pada seberapa banyak dia perlu tidur per malam dan seberapa banyak waktu tidur sebenarnya.

1. Pola Tidur Siang Anak-anak

Pola tidur siang anak .jpeg

Foto: moshisleep.com

Mengetahui dasar-dasar tidur siang anak adalah hal yang sangat penting agar anak-anak Moms di rumah mendapatkan manfaat tidur siang, cukup istirahat dan siap untuk memulai hari.

  • Bayi baru lahir

Sampai mereka berusia sekitar 3 bulan, bayi bagaikan mesin tidur siang di mana mereka bisa tidur hingga 18 jam sehari. Biasanya, mereka hanya menghabiskan satu atau dua jam untuk terjaga dalam satu waktu.

  • Bayi

Setelah tahap baru lahir, tetapi sebelum mencapai ulang tahun pertama, membutuhkan dua hingga empat kali tidur siang sehari. Mereka dapat beristirahat selama 30 menit hingga 2 jam secara berurutan.

  • Batita

Anak-anak usia ini harus tidur 12 hingga 14 jam sehari, termasuk tidur siang. Di antara ulang tahun pertama dan kedua, sebagian besar balita berhenti atau mengurangi tidur siangnya dari dua kali menjadi satu kali, yang biasanya dilakukan di sore hari.

Jika itu terjadi, satu kali tidur siang yang tersisa bisa dilakukan cukup lama atau hingga 3 jam.

  • Anak-anak prasekolah atau Balita

Setelah usia 2 tahun, tidak setiap anak membutuhkan tidur siang. Meskipun beberapa anak berusia 3 atau 4 tahun masih akan mendapatkan manfaat tidur siang tersebut.

Anak-anak balita membutuhkan 11 hingga 13 jam tidur sehari. Akan tetapi, yang lebih penting bagi mereka adalah mendapatkan istirahat malam yang nyenyak daripada tidur siang.

Jadi, jika anak Moms tidak dapat tidur di malam hari pada hari-hari mereka tidur siang, mungkin ini saatnya untuk mempersingkat waktu tidur siangnya. Namun, pastikan untuk mengimbanginya dengan mendorong waktu tidur lebih awal.

  • Anak usia sekolah dan lebih tua

Setelah usia 5 tahun, kebanyakan anak tidak lagi membutuhkan tidur siang. Akan tetapi, istirahat tengah hari dapat memberikan keajaiban bagi anak-anak dan remaja yang sibuk.

Cobalah untuk membuatnya tidur siang secara singkat atau sekitar 30 menit dan pastikan mereka bangun pada sore hari. Dengan begitu, tidur siang tidak akan mengganggu waktu tidur malam mereka.

Baca Juga: Berapa Lama Anak Harusnya Tidur?

2. Manfaat Tidur Siang Bagi Anak-anak

Manfaat tidur siang bagi anak.jpeg

Foto: parentmap.com

Ketik mengisi ulang energi anak-anak selama perubahan atau masa pertumbuhannya, penting untuk memastikan mereka agar tidak terlalu lelah.

Selain tidak mendapatkan manfaat tidur, perlu Moms ketahui bahwa anak yang kelelahan di siang hari terkadang akan lebih sulit untuk mudah tertidur di malam hari.

Jadi, itulah manfaat tidur siang bagi anak-anak secara umum. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Tidur siang membantu anak-anak belajar

Dikutip dari WebMD, pada Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics tentang anak-anak balita ditemukan bahwa manfaat tidur siang adalah membantu mereka bermain atau belajar lebih baik dalam permainan memori.

Tentu saja yang mendapatkan manfaat tidur siang ini adalah mereka yang membiasakan tidur siang setiap hari.

  • Tidur siang membantu anak-anak tetap fit

Jurnal Current Opinion in Endocrinology, Diabetes, and Obesity juga menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur atau yang tidur tidak teratur, cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. Sebagian alasannya mungkin terkait dengan cara mereka makan saat lelah.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak terlalu sehat.

Selain itu, ketika anak-anak lelah, mereka tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif dan berolahraga yang cukup. Bagian penting dari bahaya ini adalah memiliki akhirnya tidak memiliki berat badan yang sehat.

  • Lebih banyak tidur, mood lebih baik

Bukan berita baru bagi orang tua bahwa hari-hari tanpa tidur siang bisa penuh dengan amukan dan air mata.

Sains mendukung hal itu dimana sebuah Journal of Appetite menemukan bahwa anak usia 2 tahun yang melewatkan tidur siang akan menunjukan bahwa dirinya kurang gembira, lebih cemas, dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuat frustrasi.

Baca Juga:Perhatikan Ini Saat Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak

  • Manfaat Tidur Siang Sama Dengan Manfaat Tidur Malam Hari

Bagi anak usia lanjut atau 10-12 tahun, disebutkan bahwa semakin banyak mereka tidur siang maka akan semakin banyak pula manfaat tidur siang yang diperoleh. Sara Mednick, seorang profesor di School of Social Sciences, University of California.

“Banyak penelitian laboratorium di semua usia telah menunjukkan, bahwa manfaat tidur siang dapat menunjukkan peningkatan yang sama besarnya dengan manfaat tidur malam penuh,” katanya seperti dikutip dari We Forum .

  • Berhubungan Dengan Kondisi Kesehatan Kronis

National Heart, Lung, and Blood Institute menunjukan bahwa kebiasaan tidur yang baik pada usia dini, sangat penting untuk kesehatan jangka panjang.

Kekurangan tidur dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, dan depresi.

  • Sehat Secara Mental dan Fisik

Para peneliti mengumpulkan data tentang frekuensi dan durasi tidur siang dari hampir 3.000 siswa kelas empat, lima, dan enam di China dan menilai informasi tentang manfaat tidur siang secara psikologis.

Misalnya, menjadi lebih shabar, bahagia, serta berpartisipasi dalam ukuran fisik seperti indeks massa tubuh.

  • IQ Verbal Lebih Tinggi

Para peneliti juga mengumpulkan informasi perilaku dan akademik setiap siswa.

Setelah menyesuaikan jenis kelamin, kelas, lokasi sekolah, pendidikan orang tua, dan waktu tidur malam, mereka menunjukkan hubungan yang kuat antara manfaat tidur siang selama 30 - 60 menit setidaknya tiga hari seminggu yang mana hasilnya sangat positif.

Manfaat tidur siang dikaitkan IQ verbal yang lebih baik dan temuan paling kuat mengaitkannya dengan prestasi akademis.

Itulah beberapa manfaat tidur siang bagi orang dewasa dan anak-anak. Meskipun susah dilakukan karena kesibukan dan aktifitas, menyempatkan tidur siang akan membawa manfaat yany cukup besar baik secara fisik dan mental.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait