Kesehatan

27 Mei 2021

Manfaat Tidur Tidak Memakai Celana Dalam bagi Pria dan Wanita, Penasaran?

Mungkin terdengar aneh bagi Moms dan Dads, cari tahu penjelasan lengkapnya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms penasaran tentang apa saja manfaat tidur tidak memakai celana dalam?

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas dapat kembali terisi energinya sehingga dapat melanjutkan aktivitas lain dengan baik keesokan harinya.

Namun, terkadang sulit rasanya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini karena seseorang bisa saja mengalami gangguan tidur yang mengakibatkan waktu istirahat mereka kurang maksimal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur yang baik dan cukup, yaitu tidur tanpa pakaian dalam. Memang rasanya terdengar cukup aneh ya, Moms?

Untuk itu, mari cari tahu manfaat tidur tidak memakai celana dalam bagi pria maupun wanita di bawah ini.

Baca Juga: Susah Tidur Saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini

Manfaat Tidur Tidak Memakai Celana Dalam Bagi Pria/Wanita

Tidur Telanjang-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, tidur dengan piyama atau tidak memakai celana dalam adalah pilihan masing-masing pribadi.

Keduanya tidak ada yang salah atau benar sepenuhnya, tetapi hal tersebut boleh dilakukan dan tidak berbahaya bagi tubuh.

“Sangat aman untuk tidur tanpa pakaian dalam dan dalam beberapa kasus, mungkin lebih baik,” kata Sherry A. Ross, MD, OB-GYN dan pakar kesehatan wanita di Santa Monica, California dan penulis She-ology: The Definitive Guide to Women's Intimate Health seperti yang dikutip dari The Healthy.

Beberapa orang yang terlibat dalam survei yang dilakukan oleh Mattress Advisor, sebuah perusahaan yang memberikan kiat dan nasehat ahli tidur untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas tidur, menunjukkan bahwa sebanyak 58 persen dari total 1.000 partisipan mengatakan mereka lebih suka tidur telanjang atau tanpa memakai pakaian dalam.

Faktor utama yang menjadi alasan mereka adalah kenyamanan.

Lalu, adakah manfaat tidur tidak memakai celana dalam? Simak selengkapnya.

Baca Juga: Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

1. Lebih Nyaman

Tidur Nyaman dan Nyenyak Tanpa Celana Dalam

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tidur tidak memakai celana dalam yang pertama adalah meciptakan kenyamanan.

Dalam survei yang telah dijelaskan sebelumnya, tiga alasan teratas yang diberikan oleh responden semuanya terkait dengan kenyamanan. Beberapa alasan yang diberikan, yaitu "kondisi ini lebih nyaman", "merasa santai", dan "saya tidur lebih nyenyak."

Alasan tersebut bukan tanpa sebab, hal ini karena tidur dengan mengenakan pakaian dalam bisa menjadi tidak nyaman bagi sebagian orang karena menyebabkan lecet, terasa seperti dicubit jika terlalu ketat, gatal, atau perasaan terkurung.

Banyak juga wanita yang mengetahui betul kelegaan yang datang dari menanggalkan bra mereka setelah hari yang melelahkan dan hal yang sama berlaku untuk pakaian dalam saat tidur di malam hari.

Baca Juga: Perbedaan Gangguan Tidur dan Kebiasaan Tidur yang Buruk, Tidak Sama Lho!

2. Mengurangi Risiko Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat Tidur Tidak Memakai Celana Dalam

Foto: Orami Photo Stock

Berkurangnya risiko terhadap infeksi bakteri dan jamur merupakan salah satu dari manfaat tidur tidak memakai celana dalam, Moms.

Hal ini karena beberapa bakteri dan ragi tumbuh subur di lingkungan yang lembap atau hangat, seperti yang diciptakan oleh jenis pakaian dalam tertentu.

"Tidur dengan pakaian dalam yang terlalu ketat, thong, atau yang terbuat dari kain sintetis seperti renda atau satin dapat memerangkap kelembapan di kulit Anda dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Ini dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi saluran kemih, vaginosis bakterial (untuk wanita), atau infeksi jamur (pria dan wanita), terutama jika Anda tidur dengan keadaan berkeringat" jelas Dr. Sherry A. Ross.

Baca Juga: Mengenal Gangguan Seksomnia, Tindakan Hubungan Seks Saat Tidur

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Tidur Telanjang-5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tidur tidak memakai celana dalam lain yang perlu Moms atau Dads ketahui, yaitu dapat menjaga kesehatan kulit.

"Jika Anda memiliki kondisi kulit, seperti gatal-gatal atau kulit kering di area itu, lebih baik Anda tidur tanpa memakai celana dalam agar kulit di area genital bisa bernapas," ujar Dr. Sherry A. Ross.

Namun, jika Moms sebagai wanita lebih suka memakai celana dalam saat tidur, pastikan untuk memilih pakaian dalam dengan bahan yang nyaman dan sehat untuk vagina.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara agar Cepat Tidur? Simak 13 Tips Berikut Ini!

4. Menjaga Kualitas Sperma pada Pria

Tidur Telanjang-4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa pria menyebut kesehatan sperma mereka sebagai alasan untuk tidak mengenakan pakaian dalam sebelum tidur.

Hal ini karena mereka telah mendengar bahwa pakaian dalam yang ketat dapat meningkatkan suhu testis sehingga menyebabkan penurunan kualitas dan kesuburan sperma.

Meskipun ada dukungan ilmiah untuk gagasan bahwa area selangkangan yang terlalu panas dapat merusak sperma, belum ada penelitian dengan bukti kuat yang menunjukkan bahwa tidur dengan pakaian dalam akan menyebabkan kepanasan semacam ini.

Namun, bagi Dads yang memang nyaman untuk tidur tanpa memakai celana dalam tetap boleh dilakukan karena tidak ada efek samping apapun yang ditimbulkan. Jadi, lakukan apapun yang memang terasa nyaman sehingga tidur dapat lebih nyenyak.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Tidur Tanpa Bantal untuk Kesehatan

5. Mencegah Infeksi Bakteri atau Jamur Vagina

Tidur Tidak Memakai Celana Dalam

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat tidur tidak memakai celana dalam lain yang dapat Moms peroleh sebagai wanita ialah mampu mencegah infeksi bakteri dan jamur vagina.

Pakaian dalam yang ketat atau berkeringat dapat meningkatkan risiko infeksi jamur vagina karena jamur suka tumbuh di tempat yang hangat dan lembap.

Terlepas dari apa yang Moms kenakan sepanjang hari, tidur telanjang adalah cara mudah untuk mengeluarkan udara dari vagina dan menjaganya tetap sehat.

Jadi, tidur tidak memakai celana dalam dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri dan jamur pada organ reproduksi Moms.

Baca Juga: Tidur Tanpa Bra, Bermanfaat dan Nyaman!

Itulah manfaat tidur tidak memakai celana dalam yang bisa Moms atau Dads dapatkan, tertarik mencobanya?

  • https://www.thehealthy.com/habits/should-you-wear-underwear-to-bed/
  • https://www.healthline.com/health/benefits-of-sleeping-naked
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait