Kesehatan

KESEHATAN
23 November 2020

10 Manfaat Timun untuk Wajah, Menghambat Penuaan Dini!

Banyak sekali manfaat timun untuk wajah yang bisa Moms rasakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Timun dikenal sebagai salah satu sayur buah yang renyah dan segar saat dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, timun juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, ekstrak timun juga sering digunakan beberapa produk skincare karena mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, khususnya wajah. Manfaat timun untuk wajah sudah banyak dibuktikan hampir di seluruh dunia. Karena itulah, timun juga sering disebut sebagai makanan super untuk kesehatan kulit wajah.

Timun Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Selama beberapa dekade banyak orang sudah merasakan manfaat timun untuk wajah. Timun mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah.

Melansir Healthline timun juga memiliki sifat anti inflamasi dan juga kaya akan antioksidan, serta mengandung vitamin C dan asam folat. Kandungan tersebut merupakan bahan dasar untuk produk perawatan kulit. Moms, berikut sederet manfaat timun untuk wajah.

1. Mengurangi Pembengkakan di Wajah

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Jurnal fitoterapia menyebutkan bahwa timun memiliki kemampuan untuk mengurangi bengkak dan kemerahan pada wajah karena kurang tidur di malam hari. Selain itu, timun juga dapat mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata Moms.

Untuk mendapatkan manfaat timun juga sangat mudah. Moms hanya perlu meletakan irisan timun dingin ke wajah. Selain itu, Moms juga dapat mengolah timun menjadi jus untuk mendapatkan mafaat timun untuk wajah Moms.

Baca Juga: Benarkah Makan Timun Bisa Bikin Vagina Becek?

2. Membantu Mengobati Jerawat di Wajah

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang dialami oleh hampir semua orang. Jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori karena sel kulit mati karena kulit berminyak.

Timun memiliki sifat astringen ringan yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Hal ini dapat membantu mengurangi dan mengobat jerawat yang ada di wajah Moms.

3. Membantu Menghambat Penuaan Dini

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Berdasarkan penelitian 2011 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology Research komponen antioksidan yang ada di dalam timun merupakan bahan anti kerut yang dapat membantu menghambat proses penuaan dini.

Selain itu, timun mengandung vitamin C dan asam folat. Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel baru, sedangkan asam folat membantu melawan racun lingkungan yang dapat membuat kulit Moms terlihat lelah atau menua sebelum waktunya. Jika digabungkan, komponen-komponen ini dapat membantu kulit Moms terlihat lebih kencang dan sehat.

4. Menyembuhkan Wajah yang Terbakar Karena Matahari

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Saat cuaca sangat panas, kulit wajah akan mudah terbakar. Terkadang penggunaan tabir surya tidak cukup untuk menahan panasnya sinar matahari di kulit wajah dan terbakar.

Jika mengalami masalah ini, jangan langsung pergi ke dokter ya Moms. Coba kompres wajah menggunakan toner alami yang dibuat dari timun. Kandungan air dalam timun yang mengeluarkan sensasi dingin dapat memberikan efek sejuk dan mengurangi rasa perih karena paparan sinar matahari di wajah.

Baca Juga: Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

5. Membantu Hidrasi Kulit

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Salah satu manfaat timun untuk wajah adalah dapat menghidrasi kulit secara alami. Moms hanya perlu mencampur jus timun dengan madu atau lidah buaya. Campuran ini dipercaya dapat melembapkan dan memberikan efek tenang pada kulit Moms. Ingat, 96 persen kandungan timun adalah air.

6. Mengobati Iritasi Kulit Karena Jerawat

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Manfaat timun untuk wajah yang mengalami masalah iritasi karena jerawat. Selain itu, timun juga dapat membantu mengatasi pembengkakakn pada wajah.

Untuk kulit yang rentan berjerawat, jus timun dapat membantu mengencerkan minyak esensial yang kuat seperti tea tree oil. Dengan cara ini Moms bisa melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau menyengat. Timun juga bisa dioleskan langsung ke kulit, di atas flek jerawat, atau bahkan diletakkan di balik sheet mask sambil menunggu.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun? Temukan Jawabannya di Sini!

7. Membantu Menyembuhkan Mata Bengkak

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Kurang tidur di malam hari dapat menyebabkan wajah menjadi merah dan mata membengkak. Moms yang memiliki masalah ini dapat mengatasinya dengan timun.

Jus timun tidak hanya dapat mengurangi pembengkakan di area mata, tetapi juga dapat menenangkan kulit yang rusak dan membuat mata Moms terlihat dan terasa segar. Ini karena kandungan vitamin C dan asam folat yang ada di dalam timun.

Tapi jangan lupakan untuk mengaplikasikan krim mata setelahnya. Hal ini peting, karena timun tidak memiliki kekuatan untuk melembabkan area mata berdasarkan kandungan airnya saja. Untuk mengunci hidrasi, Moms harus menambahkan perawatan mata dengan krim mata pilihan Moms.

8. Mencegah Kulit Kering

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Salah satu manfaat timun untuk wajah adalah melembapkan. Manfaat ini sangat cocok bagi Moms yang memiliki kulit kering. Moms hanya perlu mengolah timun menjadi masker kemudian aplikasikan ke wajah.

Waktu terbaik untuk menggunakan masker organik ini adalah saat malam hari sebelum tidur. Moms juga bisa mencampurkan masker timun dengan kaolin putih agar kotoran yang ada di wajah juga dapat terangkay sekaligus.

9. Mencerahkan Kulit Wajah

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Timun juga dapat membantu mencerahkan wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms bisa mencampur timun yang sudah dihancurkan dengan kaolin dan lidah buaya.

Kemudian aduk hingga menjadi bentuk pasta. Kemudian aplikasikan ke wajah seperti menggunakan masker. Lakukan dua kali dalam seminggu agar kulit wajah menjadi cerah dan juga sehat.

10. Menyegarkan Kulit Wajah

xx manfaat timun untuk wajah

foto : freepik.com

Cuci muka dengan campuran timun, teh hijau atau sabn castile setiap pagi dapat membantu menyegarkan kulit wajah. Moms juga dapat menggunakan sari mentimun sebagai face mist setiap waktu agar wajah selalu terjaga kesegarannya.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Timun, Banyak yang Belum Tahu Nih!

Resep Masker Timun untuk Wajah

Memutihkan kulit: Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu mencerahkan atau memutihkan kulit. Bintik-bintik gelap yang mencerahkan terjadi dengan pergantian sel mati (pengelupasan kulit), dan produksi sel kulit baru.

Berikut adalah 3 cara paling mudah untuk membuat masker wajah dari timun. Bisa dicoba nih Moms!

1. Masker Timun Wajah Dasar

Resep ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Moms mencari cara cepat dan mudah untuk menyegarkan atau meremajakan kulit wajah.

Berikut caranya,

  1. Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  2. Pisahkan jus dari potongan padat dengan cara menyaring menggunakan kain atau saringan dengan lubang kecil.
  3. Oleskan jus mentimun ke wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan masker meresap di kulit Moms selama 15 menit.
  4. Cuci masker dengan air dingin atau hangat. Kemudian keringkan dengan cara di tepuk-tepuk menggunakan handuk kecil.

2. Masker Timun dan Lidah Buaya

Moms yang memiliki kulit kering dapat mencoba resep masker yang satu ini. Masker ini mungkin sangat bermanfaat jika Moms memiliki kulit kering, karena lidah buaya dapat meningkatkan hidrasi.

Simak cara membuatnya,

  1. Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  2. Pisahkan jus dari potongan padat dengan cara menyaring menggunakan kain atau saringan dengan lubang kecil.
  3. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam campuran. Blender hingga halus.
  4. Oleskan masker ke wajah Moms dan pijat dengan lembut. Biarkan masker menempel di kulit Moms selama 15 menit.
  5. Cuci masker dengan air dingin atau hangat. Setelah itu, tepuk-tepuk wajah menggunakan handung hingga kering.

3. Masker Timun, Oatmeal dan Madu

Resep yang satu ini sangat bagus untuk Moms yang memiliki kulit yang rentan berjerawat. Bersama dengan khasiat astringen timun, oatmeal dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan madu dapat bekerja untuk menyeimbangkan bakteri pada kulit Moms.

Berikut resep masker timun, oatmeal dan madu yang dipercaya dapat menyembuhkan masalah jerawat di wajah Moms.

  1. Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  2. Pisahkan jus dari potongan padat dengan cara menyaring menggunakan kain atau saringan dengan lubang kecil.
  3. Tambahkan 1 sendok makan oatmeal ke dalam campuran. Aduk oatmeal dan jus mentimun hingga lembut.
  4. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran dan aduk hingga tercampur rata.
  5. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher Anda, dan pijat dengan lembut menggunakan ujung jari Anda. Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 15 menit.
  6. Bilas masker dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan kain lembut.

Baca Juga: Tak Hanya Segar, Ini 9 Manfaat Infused Water Timun untuk Kesehatan

Cara Membuat Toner dari Timun

Selain dimanfaatkan sebagai masker, timun juga dapat diolah menjadi toner untuk wajah. Ramuan ini dipercaya dapat membantu mengobati kulit yang terbakar karena sinar matahari. Berikut cara membuatnya.

  1. Cuci, kupas, dan iris mentimun dan masukan ke dalam panci. Kemudian isi air dengan air secukupnya hingga semua potongan timun terendam sempurna.
  2. Panaskan di atas api kecil sekitar 5-7 menit sebelum memasukkan isinya ke dalam blender atau food processor dan blender hingga halus.
  3. Saring menggunakan jaring halus atau peras dengan kain katun tipis untuk mengambil airnya.
  4. Pindahkan sisa cairan ke botol semprot atau wadah steril lainnya.
  5. Jangan ragu untuk menambahkan satu sendok teh air mawar atau witch hazel untuk melembabkan dan menyembuhkan.

* Jangan simpan campuran lebih 4 hari. Karena dapat rusak dan membusuk jika tidak disimpan dengan bahan pengawet.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Masker Sesuai dengan Jenis Kulit

Ini Cara Efektif Mengaplikasikan Masker Timun ke Wajah

Moms, jika ingin mendapatkan manfaat timun untuk wajah secara efektif, sebaiknya perhatikan 4 hal berikut ini ya Moms!

1. Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Masker

Untuk hasil terbaik, Moms harus selalu bersihkan wajah dengan sempurna sebelum mengaplikasikan masker. Moms juga harus memastikan bahwa semua riasan yang ada di wajah sudah terhapus dengan sempurna.

2. Lakukan Pijatan Lembut Agar Masker Lebih Cepat Menyerap

Saat mengoleskan masker timun ke wajah, pijat perlahan masker ke kulit Moms dengan gerakan melingkar kecil. Cara ini membantu kandungan yang ada di dalam timun menembus pori-pori Moms. Selain itu, cara ini juga dapat membantu merangsang aliran darah di permukaan kulit Moms.

3. Jangan Gunakan Air Panas Saat Membilas

Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat atau dingin. Jangan gunakan air panas. Karena hal tersebut bisa mengiritasi dan membuat kulit menjadi semakin kering.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

Tidak Boleh Digunakan Lebih dari Tiga Kali dalam Seminggu

Jangan menggunakan masker timun lebih dari dua atau tiga kali seminggu. Penggunaan berlebihan dapat mengiritasi kulit Moms karena dapat mengganggu keseimbangan alami minyak di wajah.

Sudah tahu kan Moms, apa saja manfaat timun untuk wajah. Jangan lupa untuk dicoba ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait