Kesehatan

16 November 2020

8 Manfaat Totok Wajah, Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan

Coba rasakan manfaat totok wajah yang bisa membantu meredakan stres, hingga mengencangkan wajah kendur.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dewi
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Dalam daftar treatment di klinik atau salon kecantikan, pada umumnya salah satunya ada menu totok wajah. Treatment ini biasanya dijadikan satu paket dengan massage, lulur, spa, dan perawatan kecantikan rutin lainnya. Yakin deh, sebagian besar Moms di sini pasti sudah pernah mencobanya dan merasakan sendiri manfaat totok wajah.

Dilansir dari Longdom.org, dalam sejarahnya, totok wajah atau dalam bahasa Inggris disebut facial acupressure ini diadaptasi oleh Prof. Dr. Bùi Quôc Châu dari akupunktur aurikuler yang kemudian menjadi akupunktur wajah, dan akhirnya berupa totok wajah.

Dituliskan oleh Energy Reflexology, bahwa Profesor Chau merupakan ahli akupuntur dari Vietnam yang memiliki banyak pengetahunan tentang pengobatan tradisional Tiongkok dan juga Barat. Beliau bekerja di klinik pengobatan untuk kecanduan pada akhir era 70-an, dan telah merawat ribuan pasien.

Beliau mencatat fungsi totok wajah dan menemukan bahwa titik-titik di wajah yang digunakan dokter Tiongkok dalam akupuntur wajah, dapat dirangsang dan menghasilkan manfaat yang besar tanpa menggunakan jarum akupuntur. Profesor Chau menyebut metodenya ini Dien Chan.

Titik-titik pusat totok wajah sudah dipelajari dapat membantu banyak hal. Fungsi totok wajah jadi banyak, termasuk di antaranya untuk membantu melegakan hidung tersumbat dan sakit kepala, hingga demam dan kedinginan.

8 Manfaat Totok Wajah

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat totok wajah:

1. Mengurangi Gejala Bell's Palsy

8 manfaat totok wajah 1.jpg

Photo by cottonbro from Pexels

Dalam sebuah penelitian di tahun 2015, ditemukan bahwa pijat akupresur atau totok wajah juga efektif untuk mengurangi gejala bell's palsy. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan sementara pada otot-otot di wajah.

Bell's palsy bida terjadi ketika saraf yang mengontrol otot wajah meradang, bengkak, atau terkena tekanan. Nah, salah satu manfaat totok wajah termasuk dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat menyebabkan kondisi tersebut.

2. Mengurangi Rasa Sakit dan Kelelahan

Sedangkan pada penelitian kecil di tahun 2019 yang dilakukan pada orang-orang dengan nyeri punggung kronis, ditemukan bahwa fungsi totok wajah yang dilakukan sendiri ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit dan kelelahan. Moms and Dads perlu mempelajari titik-titik totok wajah, agar bisa melakukannya sendiri di rumah.

3. Membantu Proses Perawatan Gigi

8 manfaat totok wajah 2.jpg

Photo by Shiny Diamond from Pexels

Pijat akupresur atau totok wajah juga sering digunakan dalam perawatan gigi. Manfaat totok wajah dalam hal ini adalah sebagai pendekatan non-invasif untuk mengurangi rasa sakit. Ada titik tertentu di wajah, yang bisa meredakan rasa sakit saat perawatan gigi bila ditekan.

4. Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah

Sedangkan manfaat totok wajah untuk kecantikan, salah satunya adalah memperbaiki tekstur kulit wajah. Dilansir dari Dermascope, titik 'mata ketiga' merupakan salah satu titik dalam totok wajah yang paling umum. Letaknya di antara alis, di mana pangkal hidung bertemu dengan dahi.

Tekanan ringan dengan telunjuk pada titik ini bisa dilakukan selama 60 detik. Area ini dan juga sekitar mata berhubungan langsung dengan kelenjar endokrin atau hipofisis, dan dapat mengurangi peradangan serta akan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan saat ditekan.

5. Mengurangi Mata Panda

8 manfaat totok wajah 3.jpg

Photo by Shiny Diamond from Pexels

Masih tentang manfaat totok wajah untuk kecantikan, dari titik 'mata ketiga' tadi, lanjutkan tekanan mengikuti garis tepat di bagian atas alis. Pijat selama 60 detik, dan lanjutkan ke bagian kanan kiri mata. Secara reflek, biasanya Moms and Dads menekan daerah ini saat sakit kepala, dan ini baik untuk dilakukan.

Dari situ, turun lagi ke sekitar rongga mata, tekan tepat di tengah, sekitar satu inci tepat di bawah pupil. Kemudian dengan ibu jari, ikuti tulang soket di bagian atas hidung, mulai dari ujung alis bagian dalam. Tekan lembut ke arah bawah mata di bagian tersebut, untuk mengurangi pembengkakan mata atau mata panda.

6. Mengurangi Flek dan Jerawat

Dari mata, turun lagi dan temukan titik-titik di pangkal tulang pipi di kedua sisi wajah. Letakkan jari telunjuk di dua titik tersebut dan berikan pijatan hingga 60 detik. Manfaat totok wajah untuk kecantikan dengan menakan titik ini berguna untuk mengurangi noda dan jerawat, serta memperbaiki tone kulit.

Dari situ, lanjutkan ke dua sisi hidung, tepat pada lipatan kulit, lalu turun ke area bibir, dengan fokus pada salah satu sudut. Jika Moms membantu Dads melakukannya, atau sebaliknya, pastikan untuk memberi tekanan yang tidak terlalu keras, supaya terhindar dari rasa tidak nyaman.

7. Mengencangkan Pipi yang Kendur

8 manfaat totok wajah 4.jpg

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ada lagi manfaat totok wajah untuk kecantikan yang bisa dilakukan dengan memberi tekanan pada garis rahang. Ini dapat membantu memperbaiki pipi yang kendur. Lakukan juga gerakan melingkar dari daun telinga turun ke bawah, tepat di bawah tulang rahang, untuk meningkatkan kilau kulit dan bentuk otot.

Sebagai bonus, pijat juga titik-titik tertentu di sepanjang telinga dan daun telinga untuk mendapatkan rasa tenang. Ini adalah cara efektif untuk meredakan stres kulit wajah, serta memiliki efek keseimbangan positif pada sistem endokrin.

8. Mengurangi Stres

Meskipun penelitian tentang manfaat totok wajah masih terbatas, beberapa studi menunjukkan bahwa totok wajah dapat membantu mengurangi rasa sakit, baik itu fisik maupun mental. Totok wajah bermanfaat untuk mengurangi stres dan gejala depresi juga.

Beberapa titik terbaik untuk menghilangkan stres bisa ditemukan di bagian belakang leher, tepat di bawah kepala, di bagian dasar tengkorak tempat tulang belakang terpasang. Berikan tekanan ringan dengan jadri telunjuk selama dua hingga tiga menit untuk meredakan stres pada keseluruhan tubuh dan mata yang tegang.

Poin ini bisa dilakukan di urutan terakhir dari proses totok wajah, sebagai penutup me time Moms and Dads, sebelum kembali ke kesibukan harian.

8 manfaat totok wajah 5.jpg

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Well, dari sekian banyak fungsi totok wajah yang bermanfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, sebenarnya bahayakah totok wajah itu? Tentu saja setiap proses yang menghasilkan selalu punya kemungkinan efek samping.

Efek samping mungkin saja terjadi jika prosesnya berupa akupuntur wajah, yang mana membutuhkan bantuan jarum untuk prosesnya. Bahaya totok wajah tidak seperti akupuntur wajah. Menurut Healthline, efek samping paling umum dari akupuntur wajah adalah terjadinya memar. Namun ini hanya terjadi pada sebagian kecil kasus saja.

Memar pada wajah akibat proses akupuntur wajah biasanya sembuh sebelum seminggu berlalu. Untuk menghindari memar dan mencapai hasil terbaik dari proses ini, Moms and Dads harus dalam keadaan tubuh yang sehat agar kesembuhannya bisa maksimal.

Bahaya totok wajah sendiri tentunya lebih kecil daripada akupuntur wajah. Dengan tekanan yang tidak terlalu keras dan dilakukan di titik-titik yang benar, manfaat totok wajah tentu bisa maksimal, tanpa ada pertanyaan bahayakah totok wajah itu.

Jadi, kapan Moms and Dads mau coba totok wajah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait