Parenting

27 Juli 2021

7 Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Tingkatkan Imunitas

Wajib dimasukkan menjadi menu makanan sehari-hari!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Ubi jalar atau dikenal juga dengan ketela rambat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat ubi jalar itu datang dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, Moms perlu memasukkannya sebagai salah satu makanan yang perlu dikonsumsi sehari-hari.

Ubi jalar memiliki warna yang beragam seperti putih, ungu, merah, kuning atau oranye. Ubi jalar berwarna orange dan ungu inilah yang kaya akan beta-karoten yang merupakan provitamin A dan vitamin C. Sementara ubi jalar berwarna putih biasanya diolah menjadi tepung.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Selain vitamin A dan C, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lho. Apa saja ya, Moms?

ubi-jalar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Momjunction, berikut kandungan gizi dalam ubi jalar.

  • Vitamin A dan Beta-karoten

Ubi jalar kaya akan vitamin A dan senyawa beta-karoten yang disintesis menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata atau penglihatan.

  • Pati dan Serat

Ubi jalar merupakan sumber pati dan serat yang baik. Tubuh memecah pati menjadi gula dan menggunakannya sebagai energi. Sementara serat membantu kerja sistem pencernaan.

  • Multivitamin

Tidak hanya vitamin A, ubi jalar juga mengandung multivitamin lainnya seperti vitamin C, E, K dan vitamin B1 hingga B6 dan B9. Ragam vitamin ini dibutuhkan terutama oleh anak-anak untuk mendukung tumbuh-kembang mereka.

  • Zat Mineral

Mineral memainkan peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Ubi jalar mengandung hampir semua mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, natrium dan zinc.

Baca Juga: Supaya Makin Pintar, Ini Nutrisi dan Vitamin Otak untuk Anak 7 Tahun

Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

manfaat ubi jalar

Foto: Blog.feelaliveuk.com

Tahu nggak Moms, menurut American Heart Association (AHA) ubi jalar merupakan makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, dengan banyaknya publisitas positif terkait manfaat ubi jalar yang baik, sehingga banyak orang yang mencarinya. Beruntung kita yang tinggal di Indonesia mudah mendapatkan ubi jalar untuk diolah menjadi sajian sehat.

Nah, berikut ragam manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Yuk, disimak!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Vijaya Surampudi, MD, seorang asisten profesor bidang kedokteran Divisi Nutrisi Universitas California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat dilansir dari Insider, ubi jalar kaya akan anti-oksidan yang berperan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dan polusi lingkungan dapat merusak DNA sel sehat, termasuk sel sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Zat anti-oksidan dari ubi jalar dapat mencegah kerusakan ini dan menjaga imunitas tetap kuat.

Selain itu, vitamin A yang ada dalam ubi jalar juga membantu tubuh mendapatkan kekebalan yang sempurna. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyatakan bahwa vitamin A berperan penting mendukung sel-T, sejenis sel darah putih yang penting untuk fungsi daya tahan tubuh.

Baca Juga: 9+ Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Imun Tubuh lho!

2. Menjaga Kesehatan Mata

vitamin mata

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ubi jalar lainnya adalah melindungi kesehatan penglihatan atau mata. Ubi jalar kaya akan beta-karoten, zat yang bertanggung jawab atas warna orange pada ubi jalar. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang dibutuhkan mata untuk beradaptasi terhadap terang dan gelap.

Selain itu, beta-karoten bersama nutrisi lain seperti vitamin C, E dan mineral zinc dapat membantu mengurangi penyakit mata terkait usia.

3. Mengendalikan Gula Darah

diabetes tipe 1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Diabetes Association, ubi jalar merupakan sumber makanan yang sehat untuk para penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah.

Indeks glikemik (IG) adalah salah satu acuan dalam pola makan untuk mengendalikan kadar gula darah atau glukosa uang tinggi.

Semakin tinggi nilai IG suatu makanan, semakin cepat pula karbohidrat dalam makanan tersebut diproses menjadi glukosa. Ini berarti, semakin cepat pula gula darah melonjak.

Untuk itu, para penderita diabetes disarankan mengonsumsi makanan dengan nilai IG yang rendah, termasuk ubi jalar. Selain itu, dengan mengonsumsi ubi jalar akan menambah asupan nutrisi makanan seperti potasium, vitamin A, vitamin C, dan serat.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Diabetes Tipe 2

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak-hanya-membantu-cepat-hamil,-folic-acid-juga-menghasilkan-anak-lebih-pintar-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian Purple Sweet Potato Color Suppresses Lipopolysaccharide-induced Acute Inflammatory Response in Mouse Brain mengungkap kalau mengonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan fungsi kinerja otak, lho Moms! Ubi jalar khususnya yang berwarna ungu mengandung antosianin, zat yang memiliki efek anti-oksidan yang dapat menghambat peradangan pada otak akibat radikal bebas, sekaligus meningkatkan memori.

Manfaat ubi jalar ini telah terbukti pada hewan tikus, namun belum diuji secara langsung pada otak manusia. Namun hasil dari temuan terkait manfaat ubi jalar ini disebut cukup menjanjikan bagi kehidupan manusia.

5. Memiliki Sifat Anti-Kanker

manfaat ubi jalar

Foto: Thewoksoflife.com

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa ubi jalar berwarna ungu mengandung antosianin yang merupakan zat anti-oksidan. Melalui penelitian tabung reaksi (test-tube studies) terhadap hewan tikus, jenis antioksidan ini telah terbukti dapat melindungi tubuh dari serangan kanker jenis tertentu, termasuk kanker perut, kandung kemih, usus besar dan payudara.

Ubi jalar berwarna orange disebut memiliki khasiat anti-kanker. Tidak hanya bagian daging umbinya, namun juga bagian kulitnya.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Awas,-X-Hal-Ini-Bisa-Mengganggu-Kesehatan-Pencernaan-Anak-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan serat dalam ubi jalar yang relatif tinggi memiliki banyak manfaat lho, Moms! Beberapa di antaranya yaitu melancarkan proses pencernaan dengan mencegah terjadinya konstipasi atau susah BAB.

Selain itu, serat larut seperti pektin dalam ubi jalar bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet menurunkan berat badan dan memperlambat pencernaan gula dan pati.

Asupan tinggi serat tidak larut juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: 9 Jenis Enzim Pencernaan dan Sumber Makanannya

7. Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan

cara-memutihkan-kulit-tangan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar seperti anti-oksidan dan beta-karoten juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Tidak heran banyak produk-produk kecantikan seperti body lotion dan masker wajah yang salah satu bahannya adalah ubi jalar, khususnya ubi jalar berwarna ungu. Mengutip Jivome, inilah manfaat ubi jalar untuk kecantikan, Moms!

  • Meremajakan Kulit dan Anti-Aging

Seperti diketahui kalau ubi jalar tinggi akan kandungan beta-karoten yang dikonversikan menjadi vitamin A, yang merupakan sumber retinol. Dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A akan membantu meregenerasi sel dan memproduksi sel yang sehat. Selain itu, kandungan anti-oksidan dalam ubi jalar dapat melawan radikal bebas yang merupakan musuh besar kulit kita.

  • Memproduksi Kolagen

Ubi jalar mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai anti-oksidan dan membantu produksi kolagen. Kolagen merupakan komponen penting pada kulit untuk mencegah keriput dan menjaga kelembapan kulit.

  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat ubi jalar yang lain yaitu berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Ubi jalar mengandung vitamin B, C, potasium dan zinc, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Baca Juga: 12+ Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kehamilan, Moms Perlu Tahu

Sering dianggap sepele, ternyata manfaat ubi jalar sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Mulai sekarang, Moms wajib menghidangkan makanan ini kepada keluarga dan anak untuk mendukung tumbuh-kembangnya.

Ubi jalar yang memiliki rasa manis alami juga cocok dijadikan sebagai bahan MPASI untuk bayi mulai usia 6 bulan, lho!

  • https://www.insider.com/sweet-potato-benefits
  • http://eprints.polsri.ac.id/1937/3/BAB%20II.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17425943/
  • http://www.mssweetpotato.org/nutrition.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait