Kesehatan

KESEHATAN
2 April 2021

Tak Hanya sebagai Taburan, Ini 18 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Manfaat biji wijen ternyata sangat banyak dan cocok untuk melengkapi sajian kesukaan Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Biji wijen adalah biji kecil kaya minyak yang tumbuh di polong tanaman Sesamum indicum. Biji yang belum dikupas memiliki kulit luar yang dapat dimakan utuh. Manfaat wijen ternyata sangat banyak.

Moms mungkin sering memasukkan biji wijen untuk pelengkap hidangan khas Korea, atau mungkin sebagai bahan utama dalam Kue Keciput atau Kue Wijen.

Karena manfaat wijen yang sangat banyak ini kemudian menjadikan ia sebagai salah satu elemen dalam metode pengobatan tradisional selama ribuan tahun.

Mengutip Journal of Traditional & Complementary Medicine, beberapa manfaat wijen antara lain mampu melindungi dari penyakit jantung, diabetes, dan radang sendi.

Namun, Moms mungkin perlu makan dalam jumlah yang banyak, seperti misalnya segenggam kecil per hari untuk bisa mendapatkan manfaat wijen untuk kesehatan kita.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Minyak biji wijen juga merupakan sumber makanan yang kaya fitonutrien seperti asam lemak omega-6, antioksidan fenolik flavonoid, vitamin dan serat makanan.

Dengan demikian, tak perlu diragukan lagi bahwa manfaat wijen sangat luar biasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat wijen untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Sumber Protein Tinggi

Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Foto: israel21c.org

Meskipun ukuran bijinya kecil, tetapi manfaat wijen sangat besar untuk tubuh berkat sumber protein yang cukup tinggi.

Biji wijen mengandung asam amino berkualitas tinggi yang membentuk 20 persen dari bijinya.

Jadi, mereka sempurna untuk menjadi bagian dari diet vegetarian protein tinggi. Moms juga bisa dengan mudah menaburkannya di atas salad, sayuran, atau mi.

2. Mencegah Diabetes

Biji wijen juga mengandung magnesium dan nutrisi lain yang telah terbukti dapat melawan diabetes.

Mengutip penelitian dari Journal of Traditional & Complementary Medicine, manfaat wijen terutama pada penggunaan minyak biji wijen sebagai satu-satunya minyak nabati terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah dan glukosa plasma pada penderita diabetes hipersensitif.

3. Menyembuhkan Anemia

manfaat wijen untuk anemia

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wijen, terutama yang berwarna hitam, nyatanya memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mereka sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita anemia seperti ibu hamil atau remaja putri.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Minyak biji wijen nyatanya juga mampu mencegah lesi aterosklerotik dan karenanya, bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Biji ini mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang disebut sesamol yang juga menunjukkan sifat anti-aterogenik, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Mengutip International Journal of Food and Science Nutrition, manfaat wijen juga datang dari kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Alhasil, ia bisa mencegah risiko penyakit arteri koroner dan stroke.

5. Melawan Kanker

wijen melawan kanker

Foto: Orami Photo Stock

Biji wijen mengandung magnesium yang memiliki sifat anti kanker. Mereka juga mengandung senyawa anti kanker yang disebut fitat.

Mengutip Nutrition and Cancer, manfaat wijen terbukti efektif dalam mengurangi risiko tumor kolorektal, sehingga mencegah kanker kolorektal.

Baca Juga: 21 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan di dalam biji wijen akan bekerja dengan mendukung sistem pencernaan dan usus besar yang sehat karena ia kaya akan serat.

Kandungan serat yang tinggi ini membuat manfaat wijen bisa membantu kelancaran fungsi usus, sehingga memfasilitasi pembuangan limbah dan menghilangkan sembelit.

7. Meredakan Arthritis Rheumatoid

wijen untuk rheumatoid arthritis-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Biji wijen mengandung tembaga, mineral yang penting untuk sistem enzim antioksidan, sehingga mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan arthritis.

Selain itu, manfaat wijen dari mineral ini memberikan kekuatan pada pembuluh darah, tulang, dan persendian.

8. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Magnesium yang terkandung dalam biji wijen nyatanya terbukti membuat manfaat wijen efektif dalam mencegah asma dan gangguan pernapasan lainnya dengan cara mencegah kejang saluran napas.

9. Melindungi dari Kerusakan Akibat Radiasi

melindungi dari radiasi

Foto: Orami Photo Stock

Sesamol, ditemukan dalam biji wijen dan minyak wijen, telah terbukti dapat mencegah kerusakan DNA akibat radiasi. Senyawa ini juga ternyata efektif untuk mencegah kerusakan pada usus dan limpa.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji wijen mengandung seng yang meningkatkan kepadatan mineral tulang dan kesehatan tulang. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan osteoporosis di daerah pinggul dan tulang belakang.

Biji wijen adalah sumber kalsium yang bagus,yaitu mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: Tulang Rusuk Belakang Sakit, Jangan Dianggap Sepele!

11. Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga Kesehatan Mulut

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wijen dan minyak biji wijen membantu meningkatkan kesehatan mulut dengan menghilangkan plak gigi dan memutihkan gigi.

Mengutip buku A Collection of My Favorite Health Recipes karangan Kyla Latrice, dengan oil pulling, yakni mengoleskan minyak biji wijen ke dalam mulut, dapat mengurangi jumlah mutan Streptococcus di gigi dan air liur mulut dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

12. Mengobati Kecemasan

Mengutip artikel dari Natural News, manfaat wijen selanjutnya datang berkat kandungan beberapa nutrisi yang memiliki khasiat penghilang stres.

Mineral seperti magnesium dan kalsium bertindak sebagai antispasmodik dengan mengatur fungsi otot yaitu kontraksi dan relaksasi.

Sementara itu, thiamin (vitamin B1) memiliki sifat menenangkan yang membantu fungsi saraf yang tepat. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kejang otot, kemurungan, dan depresi.

Triptofan juga merupakan asam amino esensial yang terlibat dalam produksi serotonin, neurotransmitter yang mengurangi rasa sakit dan mengatur pola tidur dan suasana hati.

Ketidakcukupan produksi dan transmisi serotonin di otak diduga bisa dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Baca Juga: 7+ Manfaat Madu untuk Kulit Wajah yang Menakjubkan!

13. Menurunkan Kolesterol

wijen menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Untuk manfaat wijen hitam, ia terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Mereka mengandung dua zat yang disebut sesamin dan sesamolin, yang termasuk dalam kelompok serat yang disebut lignan.

Mengutip Web MD, lignan ini memiliki efek penurun kolesterol karena kaya akan serat makanan.

Biji wijen hitam juga mengandung senyawa tumbuhan yang disebut fitosterol yang memiliki struktur mirip dengan kolesterol. Konsumsi mereka tidak hanya menurunkan kadar kolesterol darah, tetapi juga mengurangi risiko pengembangan jenis kanker tertentu.

Biji wijen juga dikenal memiliki kandungan fitosterol tertinggi dari semua biji dan kacang-kacangan.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, terdapat hubungan yang kuat antara organ dalam dan luar seperti mata dan hati. Ini karena hati menyimpan darah dan karena cabang tertentu dari saluran hati menuju ke mata, hati juga dapat mengalirkan darah ke mata untuk mendukung fungsinya.

Manfaat wijen ini bagus untuk hati karena meningkatkan darah hati, sehingga menyehatkan mata. Efek terapeutiknya membantu dalam mengobati penglihatan kabur dan mata yang lelah dan kering.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Kesehatan Mata Anak di Kala Pandemi, Yuk Terapkan!

15. Mengurangi Tekanan Darah

Mengurangi Tekanan Darah

Foto: Orami Photo Stock

Saat ini hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada wanita dan pria dari berbagai kelompok umur.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan minyak wijen dapat membantu menurunkan hipertensi. Magnesium dalam minyak ini membantu menurunkan tekanan darah.

Berbagai macam mineral dan vitamin dalam minyak ini membantu meningkatkan kekebalan. Antioksidan dan nutrisi ini membantu tubuh melawan elemen penyebab kanker dengan cara yang lebih baik. Fitat yang ada dalam biji wijen juga dikenal karena sifat pencegah kankernya.

16. Menyembuhkan Luka

Manfaat wijen selanjutnya adalah sebagai agen anti-inflamasi alami dan memiliki khasiat penyembuhan yang sangat baik.

Mengutip buku Oilseeds: Properties, Processing, Products and Procedures karangan G. Nagaraj, sifat antibakterinya membantu menyingkirkan patogen kulit seperti Staphylococcus dan Streptococcus serta jamur kulit umum seperti jamur kaki atlet.

Minyak biji wijen yang dicampur dengan air hangat dapat mengendalikan infeksi jamur vagina.

17. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

wijen mengobati sunburn

Foto: Orami Photo Stock

Saat digunakan setelah terpapar angin atau sinar matahari, minyak biji wijen dapat mengobati kulit yang terbakar matahari (sunburns).

Ia akan mencegah sinar ultraviolet matahari yang berbahaya merusak kulit, sehingga mencegah munculnya keriput dan pigmentasi.

Penggunaan rutin minyak ini secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit dan mencegah kulit dari efek klorin dalam air kolam renang.

18. Detoksifikasi Kulit

Antioksidan yang terkandung dalam minyak biji wijen membantu mendetoksifikasi kulit Anda. Saat dioleskan pada kulit, molekul minyak ini menarik racun yang larut dalam minyak yang dapat dibersihkan dengan air panas dan sabun.

Moms bisa mencampurkan setengah cangkir minyak biji wijen dengan setengah cangkir cuka sari apel dan seperempat cangkir air. Ia harus diterapkan setiap malam setelah membilas wajah dengan air.

Karena alasan ini, Moms harus memasukkan minyak biji wijen ke dalam perawatan kecantikan sesegera mungkin.

Itulah beberapa manfaat wijen yang mungkin selama ini Moms belum ketahui.

Jadi, yuk mulai sekarang perbanyak konsumsi biji wijen atau minyak wijen untuk memastikan kesehatan Moms dan keluarga selalu dalam kondisi optimal.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait