Trimester 1

TRIMESTER 1
2 Mei 2020

5 Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kram!

Banyak jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, ini manfaat wortel untuk ibu hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Mendengar kata wortel, pasti Moms ingat bahwa sayuran satu ini baik untuk kesehatan mata?

Wortel yang biasa diolah menjadi pelengkap dalam sop atau dibuat jus memang menjadi favorit banyak orang.

Bagi ibu hamil, ternyata sangat dianjurkan untuk makan wortel.

Sayuran memang menyediakan sumber vitamin dan mineral terbaik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Lantas, apakah manfaat wortel jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Nah, ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Adapun beberapa manfaat wortel yang bisa Moms dapatkan selama masa kehamilan, yaitu:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Umumnya, sistem kekebalan tubuh ibu hamil menjadi mudah lemah untuk mendukung pertumbuhan janin.

Nah, wortel dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh Moms.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Ibu Hamil

2. Meningkatkan Kualitas ASI

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: health.clevelandclinic.org

Studi dari American Academy of Pediatrics mengungkapkan, vitamin A dalam jus wortel dapat membantu melawan infeksi.

Selain itu, vitamin A juga menambah kualitas ASI. Jadi, hal ini akan berguna ketika Moms sudah menyusui nantinya sebagai asupan gizi untuk Si Kecil.

3. Mencegah Kram saat Hamil

manfaat wortel untuk ibu hamil-7.jpg

Foto: babylist.com

Beberapa ibu hamil dapat mengalami kram dan kekakuan otot selama masa kehamilan.

Meskipun tidak berbahaya, tapi hal ini bisa membuat Moms merasa tidak nyaman.

Wortel mengandung fosfor, yang membantu meningkatkan fungsi otot dan mencegah segala jenis kram.

4. Mengurangi Risiko Alami Diabetes Gestasional

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-5.jpg

Foto: shutterstock.com

Kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil dapat mengganggu kesehatan bayi.

Nah, wortel membantu menjaga kadar gula darah Moms tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: 3 Makanan untuk Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

5. Memperkuat Tulang dan Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-5.jpg

Foto: motherandbaby.co.uk

Wortel mengandung kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi.

Tingginya kadar mineral dalam wortel juga berpengaruh pada kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Hindari Makan Wortel yang Mentah

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: momjunction.com

Wortel memang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, pastikan mengonsumsinya dalam keadaan matang, ya, Moms.

Hindari makan wortel mentah, yang kerap sering orang-orang jadikan sebagai salad.

Faktanya, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan mentah dan juga nutrisi wortel akan lebih terasa ketika sudah memasaknya terlebih dulu.

“Wortel yang sudah dimasak dapat melepaskan lebih banyak betakaroten, yang merupakan antioksidan yang akan dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh. Manfaatnya bisa untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh,” ujar Anar Allidina, ahli nutrisi dari Ontario.

Lalu, bagaimana jika Moms ingin membuat jus wortel? Nah, sebaiknya kukus terlebih dulu wortelnya sebelum dijadikan segelas jus.

Di dalam membuat jus, hindari menambahkan gula atau pemanis tambahan yang dapat menghilangkan nutrisi dari wortel itu sendiri.

Jika Moms ingin membuat jus wortel terasa lebih manis, coba tambahkan buah atau sayuran lainnya, misalkan tomat.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Manggis, Amankah?

Bahaya Kelebihan Makan Wortel

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil-6.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Meskipun bermanfaat untuk kesehatan, Moms perlu memerhatikan jumlah wortel yang dimakan saat hamil.

Wortel kaya akan vitamin A, sedangkan jurnal Nutrients mengungkapkan bahwa mengonsumsi vitamin A yang terlalu banyak dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Disebutkan juga, minum jus wortel dalam jumlah yang berlebihan tidak baik untuk masa kehamilan.

Jus wortel dalam jumlah yang lebih dari yang dibutuhkan dapat menyebabkan sakit kepala dan kelesuan.

Jadi, ada baiknya mengimbangi nutrisi lainnya selain mengonsumsi wortel.

Tujuannya agar kebutuhan gizi untuk Moms dan Si Kecil dalam kandungan dapat terpenuhi dengan baik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait