Kesehatan

2 Oktober 2021

7 Manfaat Yogurt Greek untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bisa jadi salah satu camilan sehat keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jika Moms dan Dads sedang melaksanakan pola hidup sehat, makan makanan utama dan snack yang sehat tentu menjadi menu wajib. Berbicara tentang snack sehat atau camilan sehat, para ahli gizi seringkali menyarankan mengonsumsi berbagai jenis yogurt, terutama yogurt greek.

Dilansir dari Journal of Dairy Science, yogurt mengandung berbagai vitamin seperti kalsium, asam folat, berbagai bakteri baik, hingga vitamin B12.

Tidak hanya membantu mengenyangkan sensasi lapar sehingga cocok untuk diet, fermentasi yogurt pun juga bermanfaat untuk kecantikan sekaligus menjaga sistem pencernaan.

Baca juga: Ternyata, Ini 17 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Berbagai Jenis Yogurt di Pasaran

Cleanser yogurt.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Apakah Moms masih suka bingung dengan berbagai jenis yogurt yang dijual di pasaran? Tenang, simak penjelasan seputar yogurt berikut ini:

1. Plain Yoghurt

Seperti namanya yaitu Plain Yoghurt, jenis yogurt ini memiliki rasa tawar, tanpa penambahan rasa atau gula.

“Jika Moms ingin menjaga kesehatan sekaligus menekan gula darah, sertakan plain yogurt sebagai makanan selingan. Anda bisa mencampurkan plain yoghurt dengan buah-buahan segar,” jelas dr. Arti Indira, MGz,SpGK,FINEM dari Beyoutiful saat ditemui Orami di ruang prakteknya.

Karena tidak memiliki penambahan rasa dan gula, jenis yogurt ini cenderung memiliki kalori rendah. Kandungan plain yoghurt pun dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Baca juga: 5 Resep dan Manfaat Yogurt untuk Anak

2. Non-Dairy Yoghurt

Yogurt tidak hanya difermentasi dari susu. Yogurt pun bisa difermentasi dari kacang kedelai dan kelapa. Itulah sebabnya, yogurt jenis ini disebut dengan non-dairy yoghurt.

Karena berasal dari pangan nabati, kandungan lemak dalam non-dairy yoghurt pun jauh lebih rendah dibanding dairy yoghurt. Jenis yogurt ini pun tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk pemilik masalah intoleransi laktosa.

Meski demikian , kalsium yang dikandung oleh non-dairy yoghurt sangat rendah. Sebelum mengonsumsi, pastikan Moms memastikan kandungan kalsium dan vitamin D tambahan pada non-dairy yoghurt tersebut.

3. Yogurt Dadiah

Jenis yogurt ini terbuat dari susu kerbau yang difermentasikan dalam batang bambu. Di Indonesia, yogurt jenis ini dikenal di Sumatera Barat.

Sama seperti jenis yogurt lainnya, yogurt dadiah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

Baca juga: Ketahui Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Ampuh Atasi Jerawat!

4. Frozen Yoghurt

Sama seperti namanya, penyajian frozen yoghurt ini mirip seperti es krim. Yogurt jenis ini pun memiliki kandungan probiotik yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Yogurt Greek

Sama seperti yogurt biasa, yogurt greek berasal dari susu sapi yang difermentasikan. Namun, proses penyaringan yogurt greek cenderung lebih kompleks dibandingkan dengan yogurt pada umumnya. Tak heran jika yogurt greek cenderung memiliki tekstur lebih kental.

Jika dikonsumsi dalam volume yang sama, yogurt greek mengandung protein dua kali lebih besar dibanding yogurt biasa.

Meski demikian, yogurt greek memiliki kadar laktosa yang rendah. Sehingga sama seperti non-dairy yoghurt, yogurt greek juga aman dikonsumsi bagi orang yang tidak dapat mencerna laktosa.

Yang menarik, menurut Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition, jika seseorang sedang menjalankan diet pola makan seimbang, maka seseorang tersebut perlu memilih camilan yang mengandung kalori kurang dari delapan gram karbohidrat.

Yogurt greek dapat dapat menjadi salah satu pilihan camilan. Anda bisa tetap kenyang tanpa perlu mendapatkan lonjakan gula darah yang tinggi,” jelas Shapiro.

Setidaknya ada 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yoghurt. Jumlah ini setara dengan 3 ons daging tanpa lemak sehingga tak heran jika greek yoghurt dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: 20 Manfaat Buah Pisang untuk Kehamilan dan Kesehatan, Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Manfaat Yogurt Greek bagi Kesehatan dan Kecantikan

Yogurt greek

Photo: Orami Photo Stock

Sepertinya yogurt greek ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu snack andalan keluarga ya Moms. Yes, Moms bisa menyajikannya sebagai camilan sehat Dads dan Si Kecil.

Seperti yang ditulis di laman WebMD.com, yogurt tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan kulit. Apa saja?

1. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

“Nutrisi yang kaya akan kalsium dan vitamin D memegang peranan penting untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis,”jelas Jeri Nieves,PhD,MS, selaku Director of Bone Density Testing dari New York’s Helen Hayes Hospital.

Banyak produk yang mengandung susu, seperti yogurt, memiliki protein dan kalsium. Moms dan Dads dapat “menabung” kalsium dengan mengonsumsi yogurt.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak ahli kesehatan percaya bahwa yogurt merupakan salah satu camilan sehat yang tidak membuat gemuk. Ini disebabkan karena kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium pada yogurt yang bermanfaat untuk menekan produksi hormon anti lapar, seperti GLP-1 dan peptide YY.

Selain itu, teratur mengonsumsi yogurt, terutama yogurt greek yang memiliki tekstur lebih kental, juga membantu Moms lebih kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

Jadi, Moms tidak akan tergoda untuk mengambil camilan lain.

Baca juga: 8 Aplikasi Diet untuk Membantu Menurunkan Berat Badan, Yuk Dicoba!

3. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Ada bakteri baik probiotik yang ada dalam yogurt greek. Bakteri baik ini tentu membantu menyehatkan saluran pencernaan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Moms, Dads, dan Si Kecil pun jadi tidak mudah terkena masalah sembelit hingga diare.

Dilansir dari healthline.com, probiotik yang berperan penting untuk pencernaan pun dapat menekan kondisi hormon kortisol sebagai pencetus stres. Dengan demikian, seseorang yang teratur mengonsumsi yogurt cenderung lebih mudah bahagia.

4. Yogurt Greek Menjaga Kesehatan Jantung

Thanks to kandungan vitamin B12 yang terdapat pada yogurt greek. Satu porsi yogurt greek bahkan bisa membantu memenuhi hingga 21% kebutuhan vitamin B12 seseorang.

Di dunia kesehatan, vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan sebagainya.

5. Membantu Menjaga Gula Darah

Kandungan gula dalam yogurt greek berkisar 5-8gram. Sedangkan yogurt biasa bisa mencapai 12 gram atau lebih. Karena yogurt greek mengandung gula lebih rendah dibanding dengan jenis yogurt lainnya, total karbohidrat yang terkandung dalam yogurt greek pun lebih sedikit.

Itulah sebabnya, yogurt greek cocok menjadi pilihan camilan sehat seseorang yang sedan menjalani diet rendah karbohidrat sekaligus mencegah gula darah tinggi

Baca juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

6. Membantu Mencegah Radang Kulit

Dikatakan oleh Dr. Whiteney Bowe, selaku Dermatologis asal New York, bakteri baik yang teratur dikonsumsi tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Bakteri baik pun dapat membantu menjaga kecantikan kulit.

Tak bisa dipungkiri, kita seringkali tergoda untuk mengonsumsi makanan tanpa serat atau karbohidrat olahan yang membuat pencernaan menjadi terhambat. Hal ini membuat perubahan perilaku bakteri jahat yang seharusnya dibuang oleh usus.

Bakteri atau molekul jahat yang bisa “bocor” ke aliran darah tersebut menimbulkan peradangan sehingga timbullah vlek, kulit kusam, hingga jerawat membandel.

Yogurt greek mengandung asam laktat hingga AHA yang membantu memperbaiki tekstur kulit kering, mencegah penuaan dini, hingga mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit.

Untuk perawatan kecantiikan kulit, tak ada salahnya Moms menggunakan yogurt greek sebagai masker. Oleskan yogurt greek ke seluruh wajah sambil dipijat lembut dengan gerakan memutar. Lakukan pijatan kea rah atas, melawan gravitasi.

Diamkan masker selama kurang lebih 20 menit. Angkat dengan handuk hangat dan basuh kembali dengan air dingin. Lakukan perawatan masker menggunakan yogurt greek setidaknya seminggu sekali.

7. Rambut Lebih Lembut dan Sehat dengan Yoghurt

Tak hanya merawat kulit wajah. Batang rambut Moms dan Si Kecil juga bisa dirawat dengan bantuan yogurt greek. Kuncinya adalah ulaskan dalam metode masker rambut secara teratur.

Untuk menjaga setiap batang rambut tetap lembap, campurkan yogurt greek tanpa rasa, minyak kelapa, dan gel lidah buaya pada sebuah wadah bersih. Oleskan campuran bahan alami tersebut pada batang rambut dan diamkan selama kurang lebih 60 menit.

Bilas dan cuci bersih rambut dengan bantuan sampo. Tidak perlu menggunakan kondisioner lagi.

Hal yang sama juga dapat Moms lakukan untuk menimalkan kehadiran ketombe yang mengganggu. Bedanya, Moms perlu mengulaskan masker yogurt greek pada kulit kepala. Pijat perlahan dan tutup dengan shower cap selama kurang lebih 15 menit.

Baca juga: 3 Resep Smoothie Berenergi untuk Sarapan, Enak dan Bergizi

Bersihkan masker dengan sampo. Pastikan seluruh masker yogurt greek luruh bersih dan tidak meninggalkan residu apapun di kulit kepala.

Cukup banyak kan, Moms manfaat yogurt greek? Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bagi kecantikan. Yuk, mulai mengandalkan superfood yogurt greek ini!

  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/greek-yogurt-benefits#probiotics
  • https://www.webmd.com/food-recipes/features/benefits-yogurt
  • https://www.journalofdairyscience.org/article/S0022-0302(17)31052-4/fulltext
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait