Tren

TREN
18 April 2019

Masih Banyak Digandrungi, Ini Bedanya Teh Tarik dan Thai Tea

Apakah Moms sudah tahu bedanya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu sudah tidak asing dengan dua minuman yang paling banyak menjamur di Indonesia, rasanya yang nikmat memang paling pas dijadikan pelepas dahaga. Harganya pun juga cenderung ekonomis. Kedua minuman ini adalah Thai Tea dan Teh Tarik.

Namun, masih banyak orang yang sebenarnya belum mengetahui perbedaan dari kedua minuman ini. Karena pada dasarnya, baik Thai tea dan teh tarik terbuat dari teh dan susu.

Lalu, apa yang membedakan Thai Tea dengan Teh Tarik?

Baca Juga: Variasi Resep Sandwich yang Sehat dan Mudah Dibuat untuk Si Kecil

Thai Tea

thaitea 1

Foto: thespruceeats.com

Thai tea dibuat dengan sejumlah besar susu, seringkali dalam bentuk susu kental manis dan susu evaporasi. Minuman manis ini sering dibuat dengan memasukkan rempah-rempah seperti kayu manis, vanilla, asam, star anise (bunga lawang), dan kapulaga.

Chef Yuda Bustara mengatakan, "Beda tehnya. Thai Tea campuran teh hitam dikasih rempah star anise (bunga lawang), sama vanila, biasanya pakai pewarna oranye. Teh ini ada rasa rempah-rempahnya," dikutip dari viva.co.id.

Namun, rasa campuran rempah-rempah ini tidak terlalu terasa karena sudah dicampur dengan susu, "Rasanya enggak jauh sama teh tarik, cuma ada rasa vanila dan manis," tambahnya.

Mengenai warna, Chef Yuda mengatakan bahwa pemerintah Thailand sudah melarang pemakaian pewarna dalam makanan sehingga Moms akan menemukan Thai Tea dengan warna hampir atau bahkan sama dengan teh susu atau teh tarik biasa.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Menu Makanan Untuk Playdate Anak

Teh Tarik

teh tarik

Foto: tripsavvy.com

Sementara teh tarik, terbuat dari bahan yang lebih sederhana, yaitu teh dan susu. Namun, apa yang membuatnya menarik adalah proses pembuatan dari teh tarik itu sendiri.

Teh yang lembut ini dibuat dengan menuangkan secara terampil dari satu kendi ke kendi lain untuk menciptakan buih di atasnya. Untuk membuatnya, Moms membutuhkan teh hitam, air, dan susu kental manis

Usai semua bahan ini dicampur, teh tersebut kemudian dituangkan dari ketinggian sekitar satu meter ke cangkir lain. Proses "menarik" teh ini diulang beberapa kali hingga terbentuk lapisan buih di atas minuman sebelum disajikan.

Nah, itu dia perbedaan antara Thai Tea dan Teh Tarik. Bagaimana Moms? Sudah tidak penasaran lagi, ya.

(AP/IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait