Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Jalan-jalan | Aug 22, 2018

5 Masjid Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Bagikan


Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Karena digunakan sebagai tempat ibadah untuk banyak orang, masjid biasanya dibuat besar dan megah.

Kemegahannya terlihat dari arsitektur dan detail interior masjid. Ada cukup banyak masjid indah yang tersebar di dunia, salah satunya ada di Indonesia, lho. Yuk kita simak!

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Tidak ada yang meragukan Masjidil Haram sebagai masjid terbesar dan tersohor di dunia. Masjid ini merupakan tempat paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia.

Hampir setiap hari, Masjid yang berada di kota Mekah itu dipenuhi oleh jemaah dari seluruh dunia, baik yang menjalankan ibadah umrah, haji, maupun masyarakat sekitar.

Memiliki luas lebih dari 40 ribu hektare, masjid yang mengelilingi Kaabah itu mampu menampung hingga 4 juta jemaah dalam satu waktu.

Selain luas, tampilan masjid ini juga begitu megah. Masjidil Haram memiliki ratusan pintu masuk dan menara yang menjulang tinggi.

Di dalam Masjidil Haram terdapat banyak bangunan bersejarah, seperti Kabah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, sumur zam-zam, dan yang lainnya.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi berada di urutan kedua masjid terbesar dan tersohor di dunia. Masjid yang berlokasi di kota Madinah itu merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW.

Masjid ini sebelumnya merupakan rumah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalinya setelah hijrah dari Mekah ke Madinah.

Bangunan masjid sebetulnya dibangun tanpa atap. Namun, demi kenyamanan para jemaah, ratusan payung hidrolik besar berbentuk cantik ditempatkan di area pelataran Masjid Nabawi.

Payung-payung tersebut akan dibuka saat cuaca sedang panas. Saat musim dingin, payung-payung buatan Jerman tersebut ditutup.

Bukan hanya membuat para jemaah tambah nyaman, payung ini juga mempercantik tampilan Masjid Nabawi dan menjadi spot foto favorit para pengunjungnya.

Baca Juga: 10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan 

3. Masjid Imam Reza, Iran

Masjid terbesar ketiga di dunia adalah Masjid Imam Reza di Iran. Jika berkunjung ke Iran, jangan lupa memasukkan masjid ini ke dalam daftar kunjungan wajib.

Masjid seluas 598 ribu meter persegi itu mampu menampung hingga 700 ribu jemaah dalam sekali waktu. Tidak heran ya Moms kalau masjid ini jadi kebanggaan masyarakat Iran. Kubahnya yang berwarna toska dan emas juga jadi daya tarik tersendiri.

Bukan hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, masjid yang dibangun oleh Imam Reza pada abad ke-8 itu juga jadi tempat untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

Di dalam kompleks masjid terdapat perpustakaan, museum, taman, tempat seminar, makam, dan Universitas Islam Razavi Ilmu.

4. Masjid Istiqlal, Indonesia

Kalau yang ini merupakan masjid kebanggaan orang Indonesia, Masjid Istiqlal namanya.

Meskipun terlihat biasa, masjid yang berlokasi di pusat ibu kota Jakarta itu mampu menampung hingga 200 ribu jemaah lho Moms. Tidak heran masjid ini masuk dalam daftar masjid terbesar di dunia.

Kendati merupakan tempat ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal ini dirancang oleh Frederich Silaban yang beragama Kristen. Ini menunjukan bahwa Masjid Istiqlal adalah simbol keberagaman umat beragama.

Masjid ini juga dibangun berhadap-hadapan dengan Gereja Katedral untuk makin mengukuhkan bahwa Islam di Indonesia adalah agama yang damai dan memiliki toleransi kuat pada pemeluk agama lainnya.

Masjid Istiqlal ini juga jadi salah satu tujuan wisata favorit para turis asing yang berkunjung ke Jakarta lho, Moms.

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Si Kecil ke Museum

5. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II yang berlokasi di kota Casablanca, Maroko, ini sangat istimewa. Masjid yang mampu menampung 100 ribu jemaah ini juga mendapat julukan Singgasana Tuhan di Atas Air atau Masjid Terapung Terbesar di Dunia karena berada di atas air.

Masjid yang dibangun atas keinginan Raja Hassan II itu berdiri kokoh di atas tanah reklamasi yang dulunya merupakan kawasan kumuh dekat laut.

Setengah luas bangunan masjid berada di atas Samudera Atlantik dan sisanya dibangun di atas tanjung reklamasi. Kawasan kumuh itu disulap jadi kawasan indah dan berkelas.

Michael Pinseau, seorang arsitek asal Prancis, ditunjuk untuk membuat rancangan masjid tersebut.

Dengan desain mewah dan megah, masjid tersebut konon memakan biaya hingga USD 800 juta atau lebih dari Rp 11 triliun. Masjid ini sempat menyandang predikat masjid termahal di dunia.

Itulah lima masjid terbesar di dunia yang bisa jadi salah satu tujuan wisata Moms dan keluarga saat berlibur.

Bukan hanya mendapatkan pemandangan mempesona, Moms juga bisa sekalian beribadah dan belajar sejarah. Menarik bukan?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.