Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
2 November 2020

Masker Susu: Manfaat, Cara Membuat, dan Menggunakannya

Masker susu dapat membantu menyelesaikan masalah di kulit wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Susu memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa. Karena mengandung Vitamin A, Vitamin D dan juga asam laktat yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Tak heran kalau Moms sering mengolahnya menjadi masker susu.

Asam laktat merupakan bahan utama alpha hydroxy acid (AHA) yang sering dijadikan bahan utama produk perawatan kulit moden. Asam laktat sangat sering dijadikan bahan untuk produk anti penuaan. Journal of Alternatif and Complementary Medicine (New York) menunjukan bahwa asam laktat dapat menghilangkan sel mati di dalam kulit dan menumbuhkan sel baru. Namun, belum ada bukti klinis yang membuktikan bahwa susu dapat membersihkan wajah lebih baik dari sabun atau air.

Baca Juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

Penelitian juga menjelaskan bahwa asam laktat yang pekat dapat membantu pergantian sel sekaligus membersihkan sel kulit mati. Sayangnya, masih belum ada uji klinis lebih lanjut yang membuktikan bahwa masker susu baik untuk pengelupasan kulit.

Mengompres wajah dengan handuk yang direndam dalam susu dingin juga dapat membantu mengeluarkan panas dari lapisan kulit Moms setelah terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat.

Moms bisa menggunakan susu yang sudah didinginkan di dalam lemari es untuk mengopres wajah. Cara ini dianggap hampir sama khasiatnya dengan menggunakan krim tabir surya untuk melindungi infeksi kulit karena sinar matahari.

Namun, masih belum ada studi klinis yang membuktikan bahwa menggunakan susu sebagai pengobatan karena peradangan atau sengatan matahari. Untuk Moms yang tidak sensitive terhadap produk susu, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Masker Sesuai dengan Jenis Kulit

Manfaat Masker Susu

xx masker susu

foto: freepik.com

Karena mengandung asam dan tekstur yang lembut membuat beberapa orang percaya bahwa masker susu sangat baik untuk wajah. Melansir healthline.com susu memang baik untuk wajah, tetapi akan lebih baik kalau Moms menggunakan produk olahan susu, seperti yogurt atau krim susu sebagai bahan baku masker susu buatan sendiri.

Salah satu penelitian menyarankan bahwa menggunakan susu fermentasi untuk wajah akan lebih bermanfaat, tetapi masih perlu ada penelitian lebih lanjut terkait dengan hal tersebut. Selain itu, masih belum ada penelitian yang kuat untuk menunjukan bahwa susu merupakan bahan yang sangat efektif untuk masker wajah.

Masker susu juga sering digunakan untuk mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan susu mengandung banyak vitamin D yang bermanfaat untuk mengobati jerawat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, susu hanya perlu dioleskan ke jerawat yang sudah mulai tumbuh. Walaupun belum ada pembuktian medis, tetapi cara tersebut cukup ampuh mengobati jerawat yang membengkak.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Masker Sesuai dengan Jenis Kulit

8 Cara Membuat dan Menggunakan Masker Susu Murni

Susu murni merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan. Melansir stylecraze.com berikut 8 cara membuat masker susu alami dan manfaatnya.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Skin Toner

xx masker susu

Susu murni merupakan kaya akan kandungan yang dapat melembapkan wajah. Bahkan susu murni disebut pelembap alami yang baik untuk kulit. Moms sebaiknya gunakan susu murni yang belum melalui proses pemanasan, karena hal ini akan memberikan efek samping terhadap Moms yang memiliki kulit berminya.

Susu murni yang belum melalui proses pemanasan dapat menjadi toner terbaik untuk semua jenis kulit. Kandungan yang ada di dalamnya dapat mengencangkan kulit serta memberikan efek elastis terhadap kulit yang sudah mulai menurun.

Cara membuat masker susu murni untuk toner wajah:

  1. Masukan beberapa tetes sari jeruk lemon ke dalam susu, aduk rata.
  2. Untuk Moms yang memiliki jenis kulit kering, bisa menambahkan air mawar.

Cara menggunakan masker susu:

  1. Oleskan ke bagian wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit.
  2. Bilas wajah dengan air hangat jika Moms memiliki kulit berminyak. Sementara untuk Moms yang memiliki kulit kering dapat membilasnya dengan air biasa.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Pelembap

xx masker susu

foto : freepik.com

Salah satu manfaat susu murni yang belum dipanaskan adalah pelembap alami. Susu murni alami juga dapat memelihara lapisan kulit lebih dalam dan mengeluarkan kelembapan alami kulit. Selain itu, kandungan yang ada di dalam susu murni juga efektif mengatasi masalah kulit yang kering karena cuaca ekstrim. Yuk Moms, bikin sendiri masker susu untuk melembapkan wajar.

Cara membuat masker susu untuk pelembap:

  1. Campurkan 2/3 sendok teh dengan susu.
  2. Tambahkan beberapa tetes madu dan air mawar kemudian aduk hingga semua tercampur rata.

Cara menggunakan masker susu murni:

  1. Oleskan ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 10 menit.
  2. Bilas dengan air hangat.

Masker susu ini dapat mengencangkan kulit serta membuat wajah semakin halus dan berkilau.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Membersihkan Wajah

xx masker susu

foto: freepik.com

Selain sebagai pelembap wajah, susu murni juga dapat dijadikan pembersih kulit karena dianggap mampi membersihkan pori-pori dari sisa minyak berlebih, sebum, debu bahkan komedo.

Cara membuat masker susu murni untuk membersihkan wajah:

  1. Giling kacang hijau hingga halus kemudian campurkan dengan susu murni.
  2. Aduk hingga menjadi pasta.

Cara menggunakan masker susu untuk membersikan wajah:

  1. Oleskan campuran ke wajah dan diamkan selam 10 menit
  2. Gosok selama 10 menirt sebelum dibersihkan dengan air. Masker ini salah satu cara terbaik untuk membersihkan wajah dengan metode eksfoliasi.

Masker susu untuk membersihkan wajah juga dapat dibuat dengan cara berikut.

  1. Campirnya 100 ml susu dengan ¼ bagian lemon di dalam gelas.
  2. Oleskan ke wajah dan tangan menggunakan kapas.

Cara menggunakan masker susu murni untuk membersihkan wajah:

  1. Diamkan selama 10 menit hingga menyerap, kemudian bilang dengan air biasa.

Moms kalau ingin memiliki wajah bersinar, resep masker susu berikut ini dapat dicoba.

  1. Campurkan 2 sendok makan susu murni, beberapa tetes perasan jeruk lemon dan 2 sendok the sari timun.
  2. Lakukan hal yang sama seperti di atas.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Cara Membuat Masker Susu untuk Menghilangkan Jerawat

xx masker susu

foto: freepik.com

Susu merupakan salah satu bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah. Tidak hanya mengurangi minyak di wajah, kandungan yang ada di dalam susu juga dapat menjaga kelembapan kulit.

Cara membut masker susu untuk menghilangkan jerawat:

  1. Masukan 2/3 sendok penuh Multani mitti atau masker lumpur dengan susu murni, aduk hingga menjadi bentuk pasta
  2. Tambahkan air mawar untuk Moms yang memiliki kulit kering.
  3. Resep ini dianggap mampu mengobati jerawat yang ada di wajah.

Selain diobati dengan masker susu, mengatur pola makan juga sangat disarankan untuk menjaga kulit wajah dari jerawat. Karena beberapa penelitian menjelaskan bahwa pola makan yang tidak baik dapat memperbutuk pertumbuhan jerawat di wajah.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Mengurangi Tanda Penuaan Kulit

xx masker susu

foto: freepik.com

Susu murni yang dicampur dengan pisang tumbuk dan dijadikan masker dianggap efektif untuk mengurangi tanda penuaan kulit. Masker susu ini juga dapat mengurangi munculnya bintik hitam, garis halus, pengelupasan kulit dan kerutan.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Mencerahkan Wajah

xx masker susu

foto: freepik.com

Susu murni yang dicampur dengan gula pasir adalah resep yang sangat ampuh untuk mengembalikan tanda-tanda kekeringan pada kulit. Sehingga kulit akan lebih bersinar jika digunakan secara rutin.

Cara Membuat Masker Susu Murni sebagai Sunscreen Alami

xx masker susu

foto: freepik.com

Susu murni juga dapat dijadikan sunscreen alami. Campur susu dengan yogurt (dibuat dari susu kerbau) kemudian oleskan pada wajah sebelum keluar rumah pada siang hari. Ramuan ini dipercaya dapat bertahan selama 4 jam di bawah sinar matahari.

Cara Membuat Masker Susu Murni untuk Kulit Kering

xx masker susu

foto: freepik.com

Campur 2 sendok makan dengan 1 sendok makan gula. Oleskan campuran ini ke wajah dengan kapas dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bersihkan dengan air biasa agar kulit bersih dan lembab. Sementara untuk kulit yang sangat kering hingga retak, dapat mencampur pisang yang sudah dihaluskan dengan susu murni sebagai masker.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

Cara Menggunakan Masker Susu

xx masker susu

foto: freepik.com

Cara menggunakan masker susu hampir sama dengan kebanyakan jenis masker buatan rumah lainnya, yaitu mencampur susu dengan bahan-bahan lain sesuai dengan kebutuhan dan keluhan yang ada pada kulit Moms.

Susu memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Apalagi kalau ditambahkan dengan bahan lain, madu misalnya. Susu yang dicampur dengan madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit asal digunakan secara benar. Berikut cara menggunakan masker susu dan madu.

Cara Menggunakan Masker Susu dan Madu untuk Wajah

xx masker susu

foto: freepik.com

Campuran antara susu dan madu dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Kedua bahan alami ini memiliki sifat melembabkan saat dicampur dan dijadikan masker untuk wajah, khususnya untuk Moms yang memiliki kulit kering. Namun, semua jenis kulit juga cocok untuk menggunakan masker susu dan madu sehari-hari.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker susu:

1 sdm madu murni

1 sdm susu

1 buah mangkok tahan panas

Cara membuat masker susu dan madu untuk wajah:

  1. Campurkan madu dan susu dalam mangkok tahan panas kemudian aduk hingga kental.
  2. Masukan campuran ke dalam microwave selama 30 detik kemudian keluarkan dan diamkan hingga tidak terlalu panas.

Cara menggunakan masker susu dan masu untuk wajah:

  1. Gunakan kuas atau tangan untuk mengoleskan masker ke wajah dan leher hingga rata ke semua bagian.
  2. Biarkan masker kering di wajah kemudian diamkan hingga 15 menit.
  3. Bersihkan wajah dengan air dingin. Kemudian bersihkan kembali dengan sabun muka.
  4. Jika ingin hasil yang semakin maksimal, Moms juga bisa menggunakan pelembap dan toner setelah membersihkan wajah.

Efek Samping dari Susu

Masker susu memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk menghilangkan jerawat. Namun, hal yang berbeda akan terjadi saat susu terlalu sering dikonsumsi. Karena, Journal American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa wanita yang konsumsi dua gelas susu sapi 44% berpotensi mengalami ganguan jerawat di wajah. Sehingga banyak dokter kulit yang meminta pasien dengan gangguan jerawat untuk menghindari susu sapi.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Moms sudah tahukan manfaat, cara membuat dan menggunakan masker susu. Jangan lupa untuk dicoba ya Moms agar kulit semakin sehat, cerah dan jauh dari jerawat.

Artikel Terkait