Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Persiapan Melahirkan | Jan 27, 2018

Masuk Trimester Tiga, Kenali 7 Tanda Waktu Persalinan Sudah Makin Dekat

Bagikan


Masuk Trimester Tiga, Kenali 7 Tanda Waktu Persalinan Sudah Makin Dekat

Kehamilan dan segala proses yang terjadi selama 9 bulan mengandung tentu menjadi momen indah yang tak terlupakan bagi setiap ibu.

Mulai dari merasakan perubahan fisik dan emosi, memberikan janin nutrisi terbaik lewat asupan Moms sehari-hari hingga menyiapkan segala perlengkapan menyambut kelahiran si jabang bayi.

Tapi, sayangnya tak ada tanda pasti yang mampu menunjukkan kapan tepatnya Moms akan melahirkan. Bisa sesuai prakiraan, bisa juga lebih cepat atau lebih lama dari tanggal yang diberitahukan dokter.

Baca Juga : Pilih Melahirkan Normal Atau Cesar, Ya?

Namun, sebenarnya tubuh setiap ibu hamil di trimester ketiga sudah mempersiapkan persalinan, tepatnya sebulan sebelumnya.

Nah, jika Moms melihat perubahan dan tanda-tanda berikut, itu tandanya kelahiran Si Kecil sudah dekat. Sembari menunggu kapan ‘kejutan’ itu tiba, yuk, pelajari ciri-cirinya:

  1. Punggung Nyeri dan Sering Kram

Umumnya saat kehamilan pertama kali, ibu hamil di trimester tiga jarang mengalaminya. Lain halnya jika Moms sedang hamil kedua atau ketiga kalinya. Rasa nyeri di punggung dan kram adalah penanda waktu melahirkan kian dekat. Mengapa terasa pegal? Itu adalah otot dan sendi yang meregang sebagai cara menyiapkan tubuh untuk kelahiran Si Kecil.

  1. Sendi Mengendur

Maksudnya, sendi-sendi ini akan membantu pelvis Moms terbuka untuk jalan lahir si jabang bayi. Perubahan ini disebabkan oleh hormone relaksin yang menyebabkan otot ligament lebih lentur.

Baca Juga : Cara Menghindari Operasi Caesar

  1. Leher Rahim Membesar

Jika sendi dan otot meregang, begitu pula jalan lahir Si Kecil. Tepatnya di bagian leher rahim yang mulai mampu membuka dan mengecil selama 4 minggu sebelum persalinan.

  1. Kepala Bayi di Bawah

Istilah bayi ‘turun’ sering kita dengar saat kehamilan di trimester tiga. Maksudnya, jabang bayi sudah berada dalam posisi siap lahir. Ia akan turun ke panggul sehingga terlihat ‘turun’ di tubuh Moms.

Sebagai dampak kepala bayi yang berada di bawah ini, ia akan menekan kandung kemih sehingga Moms makin sering pipis. Mirip seperti di trimester pertama, ya?

Baca Juga : Bagaimana Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil?

  1. Gangguan Tidur

Semakin lama, Moms semakin sering pipis. Dan dengan kondisi perut yang semakin membesar, Moms juga merasa kelelahan. Terutama di malam hari yang malah membuat Moms sulit tidur nyenyak. Jika ini terjadi, coba lebih sering tidur di siang hari agar tetap berenergi meski Moms sering terjaga di malam hari. Tapi, ada juga ibu hamil yang justru bergerak aktif meski hari persalinan semakin dekat. Selama Moms tidak terlalu letih, boleh saja melakukan sejumlah kegiatan.

  1. Bobot Tubuh Berkurang

Persalinan semakin dekat, kok, berat badan malah menurun? Tenang, Moms, hal ini termasuk normal, kok.

Kondisi maupun berat badan bayi ketika lahir juga tidak akan terpengaruh. Sebab penurunan ini karena jumlah air ketuban yang mulai berkurang. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan aktivitas dan sebagai tanda bahwa tubuh Moms semakin siap untuk melahirkan.

Baca Juga : Tahapan Kehamilan (Minggu 1 - 40)

  1. Sering BAB

Bukan hanya otot di sekitar rahim yang akan mengendur, ketika waktu persalinan semakin dekat Moms juga akan merasa mulas seperti ingin BAB. Sebabnya adalah otot di bagian tubuh lain ikut mengendu yang ternyata juga mempengaruhi usus.

Tapi, tak perlu khawatir, ya. Moms harus berpikir positif bahwa itu tanda persalinan kian dekat. Yang penting, tetaplah terhidrasi dengan banyak meminum air putih.

Gimana, Moms, mana yang pernah dialami dari 7 tanda di atas? Yang manapun itu, semoga Moms dapat melewati persalinan dengan lancar dan selalu sehat bersama Si Kecil, ya...

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.