Home & Living

18 Agustus 2021

Tak Usah Bingung, Cek 7 Jenis Meja Dapur yang Bisa Moms Pilih!

Meja dapur memiliki beragam jenis bahan yang bisa Moms pilih sesuai kebutuhan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Meja dapur menjadi salah satu furnitur yang wajib dimiliki oleh setiap rumah. Meja dapur bisa menjadi tempat Moms untuk menata bahan makanan dan mempermudah proses memasak.

Dalam memilih meja dapur, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, yakni ukuran, bahan, bentuk, dan model meja. Setiap bahan meja dapur memiliki karakteristik yang berbeda, bahkan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selain itu, usahakan untuk membeli meja dapur yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Baca Juga: Minimalis! 12 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Luas

Jenis-jenis Meja Dapur

Moms mungkin bisa menyimak jenis-jenis meja dapur di bawah ini sebagai referensi dalam memilih meja untuk bagian dapur.

1. Meja Dapur Granit

meja dapur granit

Foto: Pexels/Curtis Adam

Granit adalah bahan meja dapur yang cantik karena merupakan bahan alami, serta desain untuk setiap lempengan granit juga tidak akan pernah sama persis sehingga sangat unik.

Bahan granit sangatlah kuat dan hampir tahan panas, keras, bahkan anti gores. Jadi, Moms akan dapat memasak dengan leluasa di atasnya.

Namun kekurangannya, yakni perlu perawatan yang sangat hati-hati. Apabila terdapat noda, minyak, atau tumpahan bahan makanan harus segera dibersihkan.

Meja ini juga dapat retak jika ditekan atau tidak dipasang dengan benar.

Selain itu, pisau dapur yang Moms gunakan juga bisa cepat tumpul jika memotong bahan makanan di atas granit tanpa alas.

Harga meja granit asli pun cukup mahal.

Baca Juga: 21+ Peralatan Dapur Paling Esensial dan Wajib Ada, Sudah Punya?

2. Meja Dapur Marmer

meja dapur marmer

Foto: Pexels/Max Vakhtbovych

Meja dapur berikutnya yang dapat Moms pilih adalah meja dengan bahan marmer.

Meja berbahan marmer sangatlah unik karena tidak ada lembaran marmer yang sama persis di pasaran.

Meja dapur marmer akan memberikan tampilan ruang memasak yang mewah dan elegan. Maka tak heran jika meja berbahan dasar batu alam yang satu ini terkenal dengan harganya yang cukup fantastis.

Selain dari segi tampilan, marmer memiliki kelebihan lain, yakni tahan air dan tahan panas.

Namun jika tergores atau keropos, perbaikannya sangatlah rumit. Apabila meja marmer juga tidak tersegel dengan baik, meja akan mudah ternoda dan membuat penampilannya kurang sedap dipandang.

Baca Juga: 10 Inspirasi Dapur Minimalis, Sederhana Tapi Tetap Kece

3. Meja Dapur Keramik

meja dapur keramik.jpg

Foto: thespruce

Pilihan meja dapur lainnya, yakni meja dapur keramik. Ada berbagai warna dan motif keramik yang bisa Moms pilih untuk membuat dapur lebih cantik.

Perawatannya juga tak sulit karena mudah dibersihkan, serta tahan panas. Selain itu, jika salah satu keramik terkelupas atau rusak, Moms dapat dengan mudah menggantinya tanpa perlu mengganti seluruh permukaan meja.

Moms yang memiliki budget terbatas bisa memilih meja jenis ini karena harganya cukup terjangkau.

Namun, Moms perlu berhati-hati dalam memilih warna, bentuk, atau motif keramik ini karena padu padan yang salah akan membuat dapur terlihat membosankan atau ketinggalan jaman.

Kekurangan lain dari meja keramik adalah mudah rapuh dan berisiko meninggalkan noda di bagian celah keramik.

Baca Juga: 10 Model Meja Makan Minimalis Agar Keluarga Betah Makan di Rumah

4. Meja Dapur Stainless Steel

meja dapur stainless steel

Foto: Pexels/Skylar Kang

Moms juga bisa memilih meja dapur berbahan stainless steel yang tahan karat. Meja jenis ini cocok bagi Moms yang ingin menghadirkan suasana dapur dengan tema industrial.

Warna stainless steel perak dan metalik dapat dengan mudah dipasangkan bersama warna lain di dapur. Meja ini juga tahan terhadap panas, goresan, air, dan pembersih kimia.

Itulah mengapa sebagian besar dapur komersial di hotel dan restoran hanya menggunakan meja stainless steel karena merupakan bahan yang paling higienis, mampu menghambat pertumbuhan bakteri, dan mudah dibersihkan.

Moms bisa memilih meja stainless steel karena akan sangat awet dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Namun, meja jenis ini memiliki kelemahan berupa bunyi dentang yang dihasilkannya saat bersentuhan dengan panci, wajan, atau baja lainnya. Noda seperti sidik jari juga mudah terlihat pada permukaan meja dibandingkan dengan meja berbahan dasar lain.

Baca Juga: Rekomendasi Keramik Lantai untuk Ruang Tamu dan Dapur, Catat!

5. Meja Dapur Kuarsit

meja dapur kuarsit

Foto: Pexels/Max Vakhtbovych

Meja dapur selanjutnya adalah berbahan dasar kuarsa atau kuarsit. Meja jenis ini merupakan produk batu rekayasa yang mengandung 93 persen partikel kuarsa dan mineral lainnya yang dibentuk menjadi lempengan, dan diikat dengan resin.

Bahan buatan ini hadir dalam berbagai pola, tekstur, dan warna. Jadi, Moms dapat menggunakan imajinasi saat mendesain dapur impian.

Meja dapur kuarsit juga sangat tahan lama dengan keunggulan tahan air dan anti gores, serta tahan terhadap larutan pembersih kimia.

Meski menjadi bahan yang paling banyak dicari untuk meja dapur, meja kuarsa atau kuarsit ini memiliki harga yang cukup mahal.

Moms juga perlu berhati-hati saat meletakkan panci yang sangat panas langsung di atas meja kuarsa karena meskipun tahan panas, meja ini tidak dapat menahan panas dengan kuat layaknya granit atau marmer.

Baca Juga: 5 Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas

6. Meja Dapur Kayu

meja dapur kayu.jpg

Foto: puustelliusa

Meja dapur kayu akan menghadirkan suasana dapur yang hangat dan sangat cocok dipadu padankan dengan furnitur bernuansa putih.

Kayu keras seperti maple dan ek adalah spesies yang paling sering digunakan sebagai bahan meja. Meja yang terbuat dari lempengan kayu ini pun tersedia dalam berbagai warna dan pola serat yang membuatnya unik dari meja lainnya.

Meja dapur kayu untuk jenis ini relatif mudah dibersihkan, sangat tahan lama bila dirawat dengan benar, serta dapat diampelas dan disegel kembali sesuai kebutuhan.

Namun, Moms harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Hindari untuk membiarkan permukaan meja bersentuhan dengan air dalam waktu lama.

Air yang tumpah harus segera dibersihkan dan tatakan gelas harus selalu digunakan saat meletakkan minuman di atas meja kayu. Hal ini penting untuk diperhatikan karena meja kayu bisa menyerap air yang pada akhirnya dapat mengurangi usia meja.

Baca Juga: Tips Menata Meja Makan untuk Ruangan Minimalis, Coba Yuk Moms!

7. Meja Dapur Beton

meja dapur beton.jpg

Foto: houzz.ie

Jika Moms ingin memiliki meja dapur dalam bentuk yang tidak biasa atau menginginkan dapur yang benar-benar unik, beton mungkin menjadi pilihan yang baik.

Meja jenis ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus jika Moms ingin memiliki dapur dengan desain industrial.

Bahan beton yang dimaksud bukanlah jenis pelat beton yang digunakan di trotoar, tetapi pelat yang sangat halus yang bahkan mungkin bertekstur dan diwarnai.

Selain memberi tampilan dapur yang unik, meja berbahan beton pun tahan panas dan goresan sehingga membuatnya ideal untuk memasak.

Kekurangannya adalah bisa retak seiringnya waktu. Biayanya juga cenderung mahal karena butuh pemasangan dan perawatan khusus.

Nah, itu dia beragam jenis meja untuk di dapur yang dapat Moms pilih. Di antara 7 jenis meja, mana kah meja dapur yang akan Moms pilih?

  • https://www.thespruce.com/top-kitchen-countertops-1977143
  • https://www.recommend.my/blog/6-kitchen-countertop-materials-must-know/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait