Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Sep 5, 2018

Bagaimana Melatih Agar Bayi Bisa Makan Sendiri?

Bagikan


Mengajari Si Kecil untuk terbiasa makan sendiri lebih dari sekadar mengajarinya bagaimana memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Sebagai orang tua, Moms biasanya terpaku pada apa yang harus dimakan oleh Si Kecil dibandingkan bagaimana makanan itu masuk ke dalam perutnya.

Makan sebenarnya merupakan pengalaman emosional dan psikologis bagi seorang anak. Bahkan anak-anak terbiasa menjalin ikatan dengan orang tua dan pengasuhnya selama waktu makan.

Jadi, ketika Si Kecil sudah mulai bertransisi dari ASI eksklusif ke makanan padat, Moms harus melatih bayi agar bisa makan sendiri dengan beberapa cara di bawah ini.

Mulai dengan Mengajari Si Kecil Makan Finger Food

foto: momtastic.com

Untuk membiasakan bayi makan sendiri, Moms bisa memulainya dengan mengenalkan finger food. Berikut ini merupakan 3 cara untuk menawarkan finger food pada Si Kecil:

1. Jumput makanan dan biarkan ia memasukkan jari ke dalam mulutnya.

2. Pegang potongan makanan dan biarkan ia memegang jari-jari Moms. Ini bisa memancing refleks menjumput makanan sebelum ia bisa menggunakan keterampilan motorik halusnya untuk mengambil makanan dari permukaan datar.

3. Letakkan satu atau dua gigitan finger food di piring yang ada di hadapan Si Kecil untuk memancingnya mengambil dan memakannya tanpa bantuan Moms.

Perhatikan, selama beberapa minggu hingga bulan, ia akan mulai bisa mengambil makanan menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya. Seiring perkembangan kemampuannya ini, Si Kecil perlahan akan mulai terbiasa untuk makan sendiri.

Baca Juga: 7 Kombinasi Buah-buahan yang Bagus untuk MPASI

Menunggu Si Kecil Memberikan Kode Lapar

foto: hayessp.com.au

Berikan Si kecil makanan untuk coba ia makan sendiri saat ia sudah benar-benar lapar. Hanya karena Moms ingin mengajarinya terbiasa makan sendiri, bukan berarti ia harus terus berlatih sepanjang hari. Sebaiknya hindari pula menyajikan makanan yang mengandung gula dan garam pada Si Kecil.

Biarkan Si Kecil Belajar dengan Makanan Secukupnya

foto: beinghappymom.com

Moms perlu ingat bahwa jumlah makanan padat yang dikonsumsi Si Kecil harus berbeda di setiap waktu makan.

Meskipun mungkin ia terlihat lapar berlebihan selama beberapa hari, pada hari-hari lainnya ia mungkin tidak terlalu selera makan. Jadi, biarkan bayi makan sendiri sesuai dengan jumlah yang ingin ia konsumsi.

Baca Juga: Bolehkah Ibu yang Lagi Sakit dan Minum Obat Tetap Menyusui?

Gunakan Metode Baby Led Weaning

foto: earthmama.vn

Baby led weaning (BLW) belakangan semakin menjadi pilihan banyak orang tua untuk mulai mengenalkan buah hati mereka pada makanan padat.

Singkatnya, Si Kecil akan belajar makan sendiri tanpa campur tangan dari orang dewasa. Metode ini dinilai sebagai cara yang bagus bagi bayi untuk belajar cara makan sendiri.

Dengan metode ini, bayi bisa memutuskan kapan ia akan mulai dan berhenti makan. Peran Moms adalah memberinya makanan dengan gizi seimbang.

Namun, makanan yang diberikan dalam BLW ini bukanlah puree atau buah dan sayuran yang dihaluskan, lebih pada makanan sejenis finger food.

Nah, itulah beberapa teknik untuk melatih bayi makan sendiri. Terlepas dari apapun teknik yang Moms gunakan, kunci membuat bayi mau makan sendiri adalah membiarkannya bereksperimen.

Pada awalnya mungkin semua akan terlihat sangat berantakan. Tetapi itu juga berarti bahwa ia akan mempelajari keterampilan itu. Dalam waktu dekat, Moms akan bisa melihatnya terbiasa makan sendiri.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.